Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Membuat Ayam Goreng Kremes Renyah

Kumpulan Resep Makanan - Pada umumnya, rumah makan ayam goreng kremes terkenal seperti Suharti, Kalasan dan lainnya menggunakan ayam kampung. Ya, dengan menggunakan ayam kampung, resep ayam kremes yang akan kita buat memang lebih enak dan gurih rasanya. Tetapi kalau memang kebetulan yang ada ayam potong juga masih bisa kok dibuat menjadi hidangan yang spesial buat keluarga. Cara menggoreng nya harus juga diperhatikan supaya semua bagian ayamnya terendam minyak semua (deep frying). Selain itu, tips yang lain yang tidak kalah penting adalah bumbu ayam goreng kremes ala Suharti ini harus diuleg menggunakan tangan sampai halus. Jangan diblender karena nanti rasanya pasti kurang sedap dan aromanya kurang harum saat ditumis. Yang sudah tidak sabar, silahkan melihat resep ayam goreng kremes beserta cara membuatnya dibawah.

Bahan bahan dan Bumbu Resep Ayam Goreng Kremes Spesial Kampung Ala Rumah Makan

  1. Seperti namanya, bahan utama yang digunakan adalah ayam kampung segar yang baru dipotong sebanyak 1 ekor saja. Bisa juga menggunakan ayam potong biasa, cuma nanti rasanya kurang gurih dan lezat.
  2. Tepung beras kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  3. Air kelapa kurang lebih sebanyak 2000 ml saja.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 siung saja. Kupas kulit luarnya lalu iris iris supaya mudah saat akan dihaluskan (bumbu halus).
  5. Kemiri kurang lebih sebanyak 10 pcs saja (bumbu halus).
  6. Ketumbar yang sudah disangrai kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja (bumbu halus).
  7. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 8 pcs saja. Kupas kulit bawang merahnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg (bumbu halus).
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera (bumbu halus).
  9. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 1 ruas jari orang dewasa saja atau sekitar 6-7 cm. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (bumbu halus).
  10. Merica bubuk secukupnya sesuai selera atau bisa juga dihilangkan kalau anak anak tidak suka pedas sama sekali (bumbu halus).
  11. Minyak goreng yang masih baru secukupnya untuk menggoreng.

Cara Membuat Ayam Goreng Kremes Ala Restaurant

– Langkah pertama potong daging ayamnya lalu cuci ayam kampung yang akan digunakan dengan air mengalir, kemudian tiriskan sampai benar benar tiris.
loading...
– Langkah kedua haluskan bawang putih, bawang merah, jahe, ketumbar, kemiri dan beri garam dapur dan merica secukupnya. Uleg semua bahan tadi sampai benar benar halus.
– Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya kemudian masukkan bumbu ayam goreng yang diatas dan aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum khas tumisannya.
– Masukkan daging ayam yang sudah dipotong dan ditiriskan ke dalam penggorengan diatas dan kemudian aduk aduk lagi sampai daging ayamnya tercampur rata dengan tumisan bumbunya.
– Tuang 2 liter air kelapanya kemudian aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan masak sampai airnya menyusut sampai hampir kering. Jangan lupa tutup penggorengan selama proses pemasakannya dan sesekali diaduk aduk supaya rata sempurna.
– Campurkan tepung beras yang sudah dipersiapkan dengan sisa rebusan bumbu ayam diatas kemudian aduk aduk sampai rata.
Siapkan penggorengan baru dan beri minyak agak banyak sampai semua bagian ayam terendam minyak goreng.
– Masukkan ayam bersama dengan sisa bumbu yang sudah dicampur dengan tepung beras diatas dan masak sampai kuning kecoklatan.
– Angkat ayam kremesnya dan tiriskan.

Cara Membuat Kremesan Beserta Bahan Yang Dibutuhkan

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah kaldu ayam kurang lebih sebanyak 650 ml saja.
  2. Baking powder secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 1/2 sendok kecil saja.
  3. Tepung sagu halus kurang lebih sebanyak 50 gram saja.
  4. Cara membuatnya : Pertama ambil wadah dan tuang tepung sagunya bersama dengan sedikit air kaldunya lalu aduk aduk sampai rata dan tidak ada gumpalan.
  5. Kedua ambil panci dan masak air kaldunya sampai mendidih.
  6. Masukkan larutan sagu di langkah pertama dan aduk aduk lagi dan masak sampai berkurang kadar airnya dan mengental kemudian matikan api dan dinginkan.
  7. Setelah dingin, goreng adonan kremes diatas dengan cara diteteskan dari atas sampai matang. Bisa menggunakan kuah supaya hasilnya tidak mengumpal.

Cara Membuat Sambal Ayam Goreng Kremes Beserta Bahannya

  1. Bahan utamanya berupa buah cabai merah keriting yang masih segar kurang lebih sebanyak 1/4 kg.
  2. Tomat segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Potong potong menjadi beberapa bagian.
  3. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 9 pcs saja. Kupas kulitnya lalu iris iris tipis.
  4. Ebi kurang lebih sebanyak 12 pcs saja. Rendam sebentar di air panas kemudian haluskan.
  5. Gula merah secukupnya.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbunya.
  8. Cara Membuatnya : Siapkan penggorengan bersama sedikit minyak dan tumis irisan bawang putihnya sampai tercium bau harum.
  9. Masukkan cabai merah, tomat dan ebinya kemudian aduk aduk sampai benar benar matang.
  10. Siapkan cobek dan masukkan bahan diatas bersama gula merah dan garam secukupnya kemudian uleg sampai halus.

Post a Comment