Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Resep Krengsengan Daging Supaya Empuk dan Enak

Kumpulan Resep Makanan - Selain menggunakan daging sapi, bumbu resep dibawah ini juga bisa digunakan untuk membuat krengsengan ayam ataupun resep krengsengan kambing. Untuk yang mau mencoba dengan daging kambing, jangan lupa daging kambing yang akan digunakan direndam dulu sebentar menggunakan parutan nanas muda supaya lebih empuk. Selain itu daging kambingnya jangan dicuci dengan air dingin supaya bau prengusnya tidak keluar saat kita mau menyantap krengsengan kambingnya. Untuk lebih jelasnya silahkan melihat bahan dan bumbu apa saja yang dibutuhkan untuk membuat resep krengseng daging dibawah ini.

 

Bahan bahan Resep Krengsengan Daging Sapi Spesial

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi yang masih segar kurang lebih sebanyak 0.5 kg. Potong potong daging bentuk dadu dengan ukuran sesuai selera. Daging sapi yang digunakan tidak perlu dicuci terlebih dahulu karena akan mengakibatkan kontaminasi dan bakteri dari air masuk.
  2. Petis udang kualitas bagus kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja. Jangan terlalu banyak karena rasanya nanti akan eneg.
  3. Buah tomat segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 buah. Cuci bersih tomat lalu potong potong menjadi beberapa bagian (potong vertikal sebanyak 8-10 bagian).
  4. Buah cabai merah sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs. Cuci bersih cabainya lalu iris iris kecil menyerong.
  5. Buah cabai rawit hijau sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Cuci bersih cabai rawitnya lalu iris serong sesuai selera.
  6. Kecap manis kental  kualitas bagus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 5 sendok makan saja.
  7. Air bersih secukupnya untuk merebus daging dan campuran resep masakan daging krengsengnya.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  9. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  10. Emping goreng dan bawang goreng secukupnya sebagai bahan pelengkap.
  11. Minyak sayur secukupnya atau margarin untuk menumis bumbu krengseng daging sapinya.

 

Bumbu Krengsengan Daging Spesial

  1. Buah cabai rawit sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-5 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  2. Lada halus atau bubuk sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  3. Buah cabai merah segar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3-4 pcs.
  4. Bawang merah ukuran sedang kecil kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulit luarnya lalu potong menjadi beberapa bagian supaya mudah saat akan dihaluskan.
  5. Bawang putih lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2-3 siung. Kupas kulit liuar bawang lalu potong menjadi beberapa bagian.

 

Cara Membuat Krengseng Daging Sapi Yang Mudah dan Cepat

  1. Langkah pertama siapkan panci dan beri air secukupnya (sampai semua bagian daging terendam air). Masak sampai air mendidih.
  2. Setelah air mendidih masukkan daging sapi yang akan digunakan. Buang kotoran dan busa yang keluar. Setelah agak empuk matikan dan buang airnya.
  3. Sambil menunggu daging sapi yang digunakan matang, haluskan dengan cara diuleg bawang putih, bawang merah, cabai rawit, cabai merah dan lada bubuknya.
  4. Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak atau margarin secukupnya.
  5. Masukkan bumbu krengseng yang sudah dihalusknan diatas dan aduk aduk bumbunya sampai tercium bau harum khas tumisannya.
  6. Masukkan daging sapi yang sudah direbus sebelumnya lalu aduk aduk kembali dan masak sampai bumbu meresap dan daging sapinya berubah warnanya.
  7. Masukkan kecap manis, garam beryodium sesuai selera, gula putih dan petis udangnya. Aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  8. Masukkan lada putih sesuai sleera dan air bersih secukupnya (kurang lebih sebanyak 100 ml) lalu aduk aduk kembali.
  9. Masukkan tomat dan cabai yang sudah dopotong potong sebelumnya lalu aduk aduk kembali.
  10. Masak dan rebus sampai dagingnya benar benar empuk.
  11. Tambahkan garam, lada dan gula pasir apabila diperlukan sebelum api dimatikan dan hidangan diangkat.

Post a comment for "Cara Membuat Resep Krengsengan Daging Supaya Empuk dan Enak"

Loading...
loading...