Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Cumi Saus Tiram Enak Pedas

Kumpulan Resep Makanan - Seperti cara membuat hidangan seafood yang lain, pemilihan bahan baku cumi yang akan kita gunakan menjadi perhatian utama. Gunakan cumi yang masih segar dan cuci bersih dan hilangkan semua kotoran yang menempel seperti kulit ari atau tintanya. Sebaiknya daging cumi setelah dicuci bersih diberi sedikit perasan air jeruk diatasnya dan diamkan sebentar supaya tidak tercium bau amis. Supaya kuah Resep Cumi saus tiram nya kelihatan agak kental, kita akan menggunakan sedikit tepung maizena untuk campurannya. Untuk memberikan rasa pedas dan warna kuah yang bagus kita gunakan saja saus tomat dan saus sambal botolan supaya lebih cepat. Bisa ditambahkan juga beberapa potong cabai merah besar untuk variasi. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat cumi saus tiram dan bahan bahan yang dibutuhkan untuk masak cumi nya dibawah ini.

Bahan bahan Resep Cumi Saus Tiram Pedas Enak

  1. Seperti namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging cumi yang sudah bersih dari kotoran kurang lebih sebanyak setengah kilogram saja.
  2. Buah jeruk nipis ukuran sedang besar untuk menghilangkan bau amis dari daging cuminya sebanyak 1 buah saja. Potong potong supaya mudah untuk diambil air jeruknya.
  3. Jahe ukuran sedang sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1-2 cm. Iris tipis tipis atau bisa juga digeprek saja.
  4. Tepung maizena kurang lebih sebanyak satu sendok makan saja. Campurkan dulu dengan sedikit air bersih lalu aduk aduk sampai tercampur rata sebelum dimasukkan dan dicampur dengan bahan resep saus tiram yang lain.
  5. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulit bawangnya lalu potong iris tipis tipis untuk bumbu tumisan.
  6. Daun bawang yang masih segar dan bagus kurang lebih sebanyak 1-2 batang saja. Cuci daun bawang sampai bersih dari kotoran  lalu iris tipis tipis.
  7. Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 pcs. Kupas kulit luarnya lalu potong bombay tipis tipis.
  8. Saus tiram kualitas bagus kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  9. Saus tomat kualitas bagus kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  10. Saus sambal pedas kualitas bagus sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok makan saja.
  11. Buah cabai merah kurang lebih sebanyak 2-3 pcs untuk tambahan saja (bisa dipakai atau tidak). Cuci bersih lalu iris tipis tipis.
  12. Merica halus atau bubuk secukupnya sesuai selera untuk menambah citarasa pedasnya.
  13. Margarin untuk menumis bumbunya supaya lebih gurih rasanya kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan saja.
  14. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya.
  15. Air bersih secukupnya untuk merendam cumi dan mencampur tepung maizenanya.

Cara Membuat Resep Masakan Cumi Saos Tiram

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghilangkan bau amis yang menempel di daging cuminya. Ambil air bersih secukupnya lalu beri perasan air jeruk nipisnya.
  2. Rendam 500 gr daging cumi diatas kurang lebih selama 15-20 menit supaya air jeruk meresap dan bau amis yang mungkin timbul hilang.
  3. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri margarin yang sudah disiapkan sebelumnya.
  4. Masukkan bawang putih, jahe dan bawang bombay yang sudah diiris kecil kecil lalu masak dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  5. Masukkan cabai merah apabila menggunakan lalu aduk aduk sebentar.
  6. Tuang saus tomat, saus sambal dan saus tiramnya lalu aduk aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  7. Tuang air kurang lebih sebanyak 100 ml-125 ml lalu aduk aduk sebentar supaya tercampur dengan semua bumbunya.
  8. Masukkan daging cumi yang sudah direndam sebelumnya lalu masak dan aduk aduk sampai air sedikit berkurang dan bumbu sudah meresap.
  9. Masukkan garam dapur beryodium, merica halus dan daun bawangnya lalu aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Masukkan tepung maizena yang sebelumnya sudah dicampur dengan sedikit air lalu aduk aduk lagi sampai mengental dan daging cuminya matang.
  11. Setelah daging cumi cukup empuk dan matang, angkat dan tuang cumi saus tiramnya di atas piring sajian.

Post a Comment