Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Jamur Tiram Crispy Enak Renyah

Kumpulan Resep Makanan - Sebelum kita memberikan cara membuat Jamur Tiram Crispy dan bumbu bumbu yang diperlukan, sebaiknya teman teman mengenal terlebih dahulu bagaimana ciri jamur tiram ini supaya tidak keliru saat membelinya. Tidak seperti jamur kancing yang bentuknya kecil atau jamur merang yang bentuknya seperti bulat telur, jamur tiram bentuknya seperti tiram laut yang mempunyai tudung setengah lingkaran dan bisanya berwarna putih sampai warna krem. Tentu saja, selain kualitas jamur yang dipakai, bumbu bumbu yang dipilih juga merupakan salah satu tips untuk membuat Resep Jamur Tiram Crispy yang enak. Buat beberapa orang yang pernah membuatnya, biasanya mereka cuma menggunakan tepung pelapis untuk membuat resep masakan jamur ini. Kali ini kita akan menambah bumbu pencelup supaya hasil akhirnya nanti benar benar renyah, gurih dan enak.

Bahan bahan Resep Jamur Tiram Crispy

  1. Seperti namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah 400 gram jamur tiram kualitas bagus. Cuci bersih jamurnya kemudian diperas supaya kadar airnya berkurang lalu potong acak menggunakan tangan (suwir suwir) besar sesuai ukuran yang diinginkan.
  2. Tepung terigu kualitas bagus kurang lebih sebanyak 600 gram. 500 gram nanti digunakan untuk membuat pelapis nya dan 100 gram untuk membuat bahan celupan.
  3. Baking powder kurang lebih sebanyak 1/2 sendok teh untuk bahan pelapisnya dan 1 sendok teh untuk membuat bahan celupannya.
  4. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 siung. Kupas kulitnya lalu haluskan untuk bahan celupannya.
  5. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil/teh untuk bahan pelapisnya dan sedikit saja untuk campuran bahan celupannya. Bisa dihilangkan, ditambah atau dikurangi sesua selera.
  6. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 50 gram untuk bahan pelapisnya.
  7. Kaldu ayam instan yang berbentuk bubuk untuk bahan pelapisnya kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil supaya rasa jamur tiram kriuknya lebih gurih.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya.
  9. Air bersih secukupnya untuk bahan pencelupnya.

Cara Membuat jamur Tiram Crispy Renyah Gurih

  1. Langkah pertama adalah membuat bahan pencelupnya. Ambil satu wadah dan masukkan 100 gram tepung, baking powder, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam dapur dan merica bubuknya.
  2. Campur semua bahan sampai benar benar tercampur sempurna.
  3. Beri air secukupnya atau kurang lebih sebanyak 250 ml. Campur dan aduk aduk semua bahan sampai rata dan tidak ada gumpalan. Cicipi dulu dan tambahkan bahan lain apabila diperlukan.
  4. Sekarang membuat bahan pelapis resep jamurnya. Ambil satu wadah dan masukkan 500 gram tepung terigu, tepung maizena, merica bubuk, kaldu ayam, garam dan baking powdernya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  5. Sekarang proses pembuatannya. Masukkan jamur tiram yang sudah dicuci ke dalam adonan celupannya.
  6. Masukkan jamur tiram yang sudah dicelup ke dalam bahan pelapisnya. Gulirkan jamur tiram ke dalamnya smapi semua bahagian tertutup rata.
  7. Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak agak banyak sampia benar benar panas.
  8. Masukkan jamur tiram crispy yang sudah diberi bahan pelapis dan goreng sampai matang atau berwarna kuning agak kecoklatan. Tiriskan sebentar sebelum dihidangkan.

Post a Comment