Thursday, 19 April 2018

Resep Cara Memasak kueh Cheese Cake Kukus Simple

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tidak seperti cheese cake panggang, resep cheese cake kukus ini cara membuatnya cukup mudah dan simpel lho. Bahan bahan yang digunakannya pun lebih sederhana dan proses pemasakkannya pun lebih cepat. Mungkin versi kukus memang tidak sepopuler yang panggang, tetapi kalau masalah rasa, kedua macam variasi cake keju tersebut sama sama lembut di mulut dan citarasa kejunya benar benar kuat di lidah kita. Selain cocok untuk cemilan teman nonton TV atau minum teh di sore hari, kue satu ini juga cocok sekali disajikan di saat ada acara acara pneting di rumah, seperti arisan, pertemuan ibu-ibu pengajian atau malah teman teman bisa menggunakannya untuk kue dasar buat kue ulang tahun. Tinggal ditambah cream dan hiasan lain di atas maka tidak kalah dengan kue tart brownies, lapis surabaya dan jenis kue yang lain. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep cheese cake di bawah ini.

Bahan bahan Resep Cheese Cake Kukus Keju Simple

  1. Seperti resep versi panggang, kali ini kita juga membutuhkan tepung terigu yang mempunyai kadar protein rendah kurang lebih sebanyak 12 sendok makan saja. Ayak tepung terigu terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Tepung Maizena atau dikenal juga dengan tepung jagung kurang lebih sebanyak 4 sendok besar atau sendok makan. Lebih bagus di ayak terlebih dahulu sebelum digunakan supaya benar benar halus dan tidak ada kotorannya.
  3. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 6 butir saja.
  4. Gula pasir kurang lebih sebanyak 4 sampai 8 sendok makan.
  5. Susu Kental Manis atau biasa disebut juga SKM kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6 sendok makan saja.
  6. Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 sendok makan supaya rasanya lebih legit. Panaskan margarin sampai cair supaya mudah dicampur dengan bahan lain.
  7. Custard powder atau tepung custard kurang lebih sebanyak 2 sendok makan. Buat yang belum tahu, custard adalah perpaduan dari susu, gula, tepung maizena dan telur yang dijadikan satu dalam bentuk powder atau tepung. Bisa dibeli di toko bahan kue dekat rumah. Kalau tidak ada bisa dihilangkan.
  8. Susu bubuk kurang lebih sebanyak 10 sendok makan saja.
  9. Susu UHT segar kurang lebih sebanyak 500 ml. Gunakan merek yang bagus supaya hasilnya lebih enak.
  10. Keju cheddar kualitas bagus sebanyak kurang lebih 500 gram. Parut keju sebelum digunakan dan bagi dua, setengah bagian untuk bahan cake nya dan sisanya untuk taburan setelah cheese cakenya jadi.

Cara Membuat Cheese Cake Kukus Mudah

  1. Langkah pertama dalam pembuatan Cheese cake kukus ini adalah merebus susu UHT yang sudah dipersiapkan sebelumnya.
  2. Masak susu tersebut sambil dimasukkan susu kental manis dan keju yang sudah diparut. Aduk aduk semua bahan supaya tercampur rata.
  3. Masukkan custard powdernya sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk supaya tidak mengumpal. Aduk aduk sampai mendidih dan larutannya agak kental.
  4. Setelah mendidih matikan api di kompornya lalu tuang margarin yang sudah dicairkan terlebih dahulu. Aduk aduk lagi sebentar sampai semua bagian tercampur rata lalu dinginkan.
  5. Ambil satu wadah dan masukkan tepung terigu protein sedang, susu bubuk yang sudah dipersiapkan dan tepung maizenanya.
  6. Aduk aduk sampai ketiga bahan tersebut tercampur rata.
  7. Ambil satu wadah lagi dan masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan ke dalamnya sampai habis.
  8. Masukkan gula pasir ke dalam tempat telur diatas dan kocok sampai benar benar kaku adonannya.
  9. Masukkan campuran tepung di atas ke dalamnya dan aduk aduk sampai campuran tepung benar benar tercampur rata dengan kocokan telur diatas.
  10. Masukkan campuran susu di langkah pertama dan aduk aduk lagi sampai semua bagian tercampur rata.
  11. Siapkan tempat kukusan yang akan digunakan.
  12. Tuang adonan cake nya dan kukus sampai matang atau kurang lebih selama 25-35 menit.

Artikel Terkait