Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep cara Memasak Lontong Sayur Enak

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep ketupat sayur, resep lontong sayur juga menggunakan bahan bahan dan bumbu yang sangat sederhana sekali, seperti labu siam, kacang panjang, buncis dan beberapa bumbu kuah lontong lainnya yang dengan mudah kita dapat. Cara membuatnya pun sangat sederhana sekali, bahkan buat teman teman yang tidak terbiasa masak pun pasti dengan mudah membuat lontong sayur enak. Mungkin teman teman beranggapan bahwa lebih praktis dan murah untuk membelinya daripada membuatnya sendiri. Tetapi kalau kita bisa membuatnya sendiri, kita bisa bermain dengan bumbu bumbu yang digunakan supaya hasilnya lebih enak dan lezat. Selain itu, menurut saya juga lebih praktis membuat sendiri apabila kebetulan kita ada acara spesial dan ingin menjadikan resep masakan ini sebagai salah satu hidangannya. Oke, untuk lebih jelasnya silahkan melihat detail resep dan bumbu yang digunakan di bawah ya.

Bahan dan Bumbu Resep Lontong Sayur Enak Spesial

  1. Seperti namanya, yang harus dipersiapkan pertama kali adalah lontong sebanyak 13-15 pcs (tergantung ukuran). Teman teman bisa membelinya atau membuat sendiri di rumah.
  2. Sayuran buncis segar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 300 gram. Cuci bersih, potong kedua ujungnya dan potong potong batangnya sesuai selera.
  3. Labu siam ukuran sedang kurang lebih sebanyak 500-600 gram. Kupas kulitnya dan potong potong kecil memanjang sesuai selera.
  4. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 9 pcs.
  5. Santan asli dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 1.5-1.8 liter. Biasanya membutuhkan parutan kelapa dari 1.5 butir buah kelapa.
  6. Lengkuas ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 6 cm saja. Cuci bersih dan memarkan supaya aroma dan rasanya keluar.
  7. Daun salam kurang lebih 6 lembar saja. Cuci bersih sebelum digunakan.
  8. Buah petai kurang lebih sebanyak 15 mata petai. Tiap bagian dibelah dua supaya tidak terlalu besar.
  9. Garam dapur beryodium kurang lebih sebanyak 7 sendok kecil atau sesuai selera.
  10. Gula pasir kualitas bagus secukupnya atau kurang lebih sebanyak setengah sendok makan.
  11. Buah cabai merah besar kualitas bagus kurang lebih sebanyak 6-7 buah. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  12. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 6-7 siung.
  13. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 14-16 siung. Lebih baik gunakan bawang merah lokal supaya aroma dan rasanya lebih mantap.
  14. Kemiri kurang lebih sebanyak 8-9 pcs. Sangrai dulu sebelum di haluskan.
  15. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

Cara Membuat Lontong Sayur Enak Mudah

  1. Cara membuat resep lontong sayur sangat mudah. Langkah pertama adalah haluskan bawang merah, bawang putih, buah cabai merah besar dan kemiri yang sudah disangrai sampai benar benar halus.
  2. Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu bumbu di atas dan aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan tercium bau harus dari bumbunya.
  3. Masukkan daun salam yang sudah dipersiapkan, lengkuas yang sudah dimemarkan dan batang serai yang sudah dimemarkan juga. Aduk aduk semua bahan sampai tercium bau harum dan tercampur rata.
  4. Masukkan labu siam yang sudah dipotong potong memanjang, petai yang sudah dibagi menjadi dua dan buncis yang sudah dipotong kecil kecil. Aduk aduk lagi sampai semua bahan benar benar tercampur rata dan agak layu.
  5. Masukkan santan dari perasan buah kelapanya dan aduk aduk lagi sampai mendidih.
  6. Masukkan garam beryodium dan gula pasir secukupnya. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  7. Coba dulu dan tambahkan garam dan gula kalau diperlukan. Sesekali tetap diaduk aduk sampai bumbu bumbu meresap sempurna dan matang. Angkat dan siap disajikan.

Post a Comment