Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Sederhana Empuk

Kumpulan Resep Makanan - Saat membuat adonan, gunakan mixer dengan kecepatan tinggi supaya adonannya nanti bisa mengembang sempurna dan hasil cake bolu panggangnya tidak bantet atau keras. Yang pasti, komposisi bahan yang digunakan harus tepat jumlahnya dan tepung terigu yang digunakan mempunyai kadar protein sedang. Jangan menggunakan tepung protein tinggi yang biasanya digunakan untuk membuat roti atau mie karena nanti teksturnya akan sedikit keras dan tidak lembut didalamnya. Satu lagi cake emulsifer jangan sampai keliru atau diganti dengan pengembang kue ya.
Selain itu, loyang yang digunakan juga harus dialasi dengan mentega atau margarin dan kertas roti supaya mudah saat akan mengelurkan dan membalikkannya. Kalau tidak, lapisan luar kue bolu panggangnya nanti kulitnya akan terkelupas sehingga hasil jadinya nanti akan cacat dan tampilannya jadi amburadul. Hal ini juga berlaku saat mengeluarkan resep kue bolu panggang dari oven ya. Alasi tempatnya dahulu dengan kertas roti baru dikeluarkan dari loyang. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan dan detail cara membuat resep bolu gulung panggang sederhana supaya hasilnya empuk dan lembut dibawah ini.

Bahan bahan Resep Bolu Gulung Panggang

  1. Seperti bolu kukus, resep kali ini menggunakan tepung terigu protein sedang (tepung segitiga biru) kurang lebih sebanyak 70 gram saja. Jangan lupa tepung terigu diayak dahulu sampai halus.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 6 butir saja.
  3. Susu bubuk kualitas bagus kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  4. Cake emulsifer atau pelembut kue kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Biasanya yang digunakan merek sp atau merek favorit anda yang lain.
  5. Gula halus atau juga bisa menggunakan gula pasir putih kurang lebih sebanyak 90 gram saja.
  6. Mentega kualitas bagus atau bisa juga menggunakan margarin kurang lebih sebanyak 125 gram. Panaskan sampai meleleh lalu dinginkan sebelum dicampur dengan bahan lain.
  7. Tepung maizena kurang lebih sebanyak 10 gram saja.
  8. Perisai vanila atau vanila essence kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja. Bisa diganti dengan pasta pandan kalau ingin membuat bolu gulung pandan.
  9. Selai nanas, strawbery, butter cream, parutan keju atau bahan lain yang akan digunakan sebagai toppingnya.
  10. Beberapa lembar kertas roti dan sedikit mentega untuk olesan loyang.

Cara Membuat Resep Cake Bolu Gulung Panggang Sederhana

  1. Langkah pertama kita panaskan oven dahulu sampai suhu 200 derajat dan diamkan selama kurang lebih sekitar 10 menit.
  2. Sambil menunggu oven panas, kita buat adonan kue bolu gulungnya.
  3. Ambil satu wadah ukuran sedang lalu masukkan bahan bahan diatas, seperti telur ayam, susu bubuk, cake emulsifer, gula halus, maizena, perisai vanila dan tepung terigunya.
  4. Kocok dan mixer semua bahan tersebut dengan kecepatan tinggi sampai kelihatan kental dan adonannya mengembang sempurna.
  5. Tuang mentega yang sudah dicairkan dan didinginkan sebelumnya ke dalam wadah adonan diatas. Aduk aduk menggunakan spatula atau alat lain hingga semua bagian benar benar tercampur rata.
  6. Siapkan loyang yang akan digunakan dan olesi bagian dasarnya dengan mentega atau margarin kemudian atasnya dialasi lagi dengan kertas roti. Diatas kertas roti olesi sedikit juga dengan mentega lagi.
  7. Tuang adonan ke atas loyangnya lalu hentakan beberapa kali supaya adonan rata dan gelembung udaranya hilang.
  8. Masukkan loyang ke dalam oven yang sudah dipanaskan sebelumnya. Masak dan panggang sampai kulit luarnya berwarna kecoklatan atau kurang lebih selama 15 menit dengan suhu kurang lebih sebesar 200 derajat.
  9. Setelah dirasa matang, ambil kertas roti dan letakkan di meja. Keluarkan loyang dari oven dan tuang atau balikkan di atas kertas rotinya supaya tidak rusak permukaan luarnya.
  10. Olesi dengan selai nanas, selai strawbery atau topping lain yang diinginkan kemudian gulung dengan sedikit agak dipadatkan. Kue Roti Gulung siap dihidangkan.

Post a comment for "Resep Cara Membuat Bolu Gulung Panggang Sederhana Empuk"

Loading...
loading...