Tuesday, 24 April 2018

Resep cara membuat Fruit Pie Enak ala Hotel

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tampilannya yang berwarna warni dari kombinasi buah yang digunakan memang membuat salah satu jenis pie ini sangat menarik sekali. Selain buat cemilan sehari hari, resep fruit pie juga cocok untuk hidangan di saat ada acara acara penting, seperti arisan keluarga, ada kunjungan tamu dari jauh, acara ulang tahun dan yang lainnya. Teman teman mungkin beranggapan bahwa cara membuat Resep Fruit Pie Enak ini susah. Tetapi sebenarnya cukup mudah lho. Cara membuatnya hampir sama denga resep pie susu atau resep pie yang lainnya. Yang jadi perbedaan hanya di pengunaan bahan bahan potongan buah buahan yang digunakannya. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan dan cara membuat Pie Fruit di bawah ya.

Bahan bahan Resep Fruit Pie Enak

  1. Seperti resep kue yang lain, fruit pie juga menggunakan tepung terigu. Siapkan tepung terigu serbaguna sebanyak kurang lebih 500 gram untuk pembuatan 30-32 pcs ukuran kecil.
  2. Mentega kualitas bagus sebanyak 250 gram untuk bahan pembuat kulit pie dan kurang lebih dua sendok makan lagi untuk campuran bahan vlanya.
  3. Garam dapur beryodium sebanyak kurang lebih satu sendok makan saja.
  4. Air bersih dingin dari kulkas sebanyak kurang lebih 10-11 sendok makan.
  5. Susu cair manis encer sebanyak 1 liter untuk bahan vla. Bisa menggunakan susu kental manis atau sus bubuk manis yang sudah diencerkan.
  6. Tepung maizena atau biasa disebut juga tepung jagung yang benar benar halus sebanyak kurang lebih 60 gram untuk bahan vla.
  7. Vanila essence atau extrak sebanyak kurang lebih 2 sendok teh saja untuk bahan membuat vlanya.
  8. Gula kastor atau gula kaster (gula yang benar benar lembut dan halus) untuk menambah rasa manis dalam vla sebanyak 160-200 gram. Kalau enggak ada bisa menggunakan gula halus saja. Bisa dikurangi apabila tidak terlalu suka rasa terlalu manis.
  9. Telur ayam ukuran sedang sebanyak 8-9 pcs. Pecahkan dan ambil bagian kuningnya saja.
  10. Bubuk agar agar atau agar agar powder berwarna putih kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau dua sendok teh untuk membuat siraman di atas potongan buahnya.
  11. Gula pasir putih kurang lebih 2 sendok teh untuk bahan siraman.
  12. Buah buahan segar sesuai selera atau bisa juga menggunakan koktail buah kaleng. Biasanya memakai buah kiwi, anggur, nanas, semangka, melon, jeruk dan yang lainnya. Potong potong sesuai selera.
  13. Air bersih matang kurang lebih 200 cc untuk bahan siraman.

Cara Membuat Resep Kue Fruit Pie Enak

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat kulit pienya. Ambil satu wadah ukuran sedang. Masukkan tepung terigu yang sudah dipersiapkan, garam dan mentega nya. Aduk aduk semua bagian sampai benar benar rata.
  2. Masukkan air dinging yang sudah dipersiapkan di atas dan campur dengan ketiga bahan tadi. Aduk aduk menggunakan tangan atau biasa disebut juga diuleni supaya semua bahan benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan. Ulangi sampai semua adonan liat.
  3. Masukkan adonan kulit pie ke dalam lemari pendingin kurang lebih selama 15-25 menit sebelum di giling atau ditipiskan.
  4. Ambil adonan dan gilas tipis seperti membuat kulit molen. Kalau tidak ada alatnya bisa menggunakan botol yang bagian luarnya dipalisi minyak sedikit supaya tidak lengket.
  5. Masukkan adoanan kulit pie fruit yang sudah tipis ke dalam cetakan pienya yang sudah diolesi sedikit mentega. Cetakan bisa menggunakan beberapa cetakan kecil atau satu cetakan besar. Tusuk bagian bagian bawah cetakan supaya saat dipanggang, kue pienya tidak mengembang dan tetap tipis sesuai cetakan.
  6. Siapkan oven dan hidupkan dengan api sedang kecil. Kalau bisa atur suhu di angak 180-210 derajat celcius. Masukkan cetakan pie dan panggang sampai matang (kurang lebih 18-21 menit).
  7. Sambil menunggu pienya matang, kita bisa membuat vla isiannya.
  8. Ambil satu wadah lagi dan masukkan tepung maizena dan sebagian susu cair yang sudah dipersiapkan diatas (tidak perlu semuanya, secukupnya saja sampai tepung bisa benar benar tercampur dengan susu). Aduk aduk sampai tercampur sempurna dan tidak ada gumpalan gumpalan tepung.
  9. Masukkan kuning telur yang sudah dipersiapkan diatas. Aduk aduk lagi supaya tercampur sempurna dengan cairan susu dan tepung maizenanya.
  10. Ambil satu wadah rebusan lagi. Masukkan sisa susu cair yang sudah dipersiapkan dan gula kosternya. Nyalakan dengan api sedang kecil dan aduk aduk supaya kedua bahan tersebut benar benar tercampur sempurna. Sesekali diaduk aduk sampai mendidih.
  11. Masukkan adonan tepung maizena kedalanya. Aduk aduk lagi sampai tercampur sempurna dan mendidh baru diangkat dan didinginkan.
  12. Langkah berikutnya adalah membuat agar agar siraman nya.
  13. Campur agar agar putih, air dan gula dan aduk aduk sampai mendidih. Angkat dan dinginkan.
  14. Langkah terakhir adalah proses pembentukan resep fruit pie nya. Ambil kulit pie yang sudah didinginkan, beri adonan vlanya secukupnya (sampai bagian agak atas) dan kemudian dinginkan sebentar sampai benar benar dingin vlanya upaya potongan buah yang tenggelam ke dalam vla.
  15. Ambil beberapa potong buah, masukkan dan atur dengan rapi di atas pienya.
  16. Siram dengan sedikit larutan dari agar agar putih supaya lebih cantik dan menarik hasilnya. Selain itu proses penyiraman ini untuk mencegah potongan buah buahan yang sudah diatur dengan rapi tidak berantakan.

Artikel Terkait