Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kueh Pastel Goreng Renyah

Kumpulan Resep Makanan - Buat teman teman yang belum pernah mencoba membuat pastel goreng, mungkin beranggapan bahwa cara membuat kue pastel ini sulit. Tetapi sebenarnya cukup sederhana lho. Ya, seperti membuat pastel mini, resep pastel goreng juga membutuhkan kulit pastel yang berkualitas bagus. Biasanya sih memang ada penjual kulit ini di pasar pasar tradisional, tetapi kalau teman teman ingin membuat kue yang enak dan renyah, saya sarankan untuk membuat kulit pastel sendiri. Selain hasilnya pasti lebih enak dan renyah, kita juga bisa memastikan bahwa bahan bahan yang digunakan benar benar berkualitas dan sehat. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat pastel goreng renyah dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkannya di bawah.

Bahan bahan Resep Pastel Goreng Renyah

  1. Seperti membuat pastel mini, bahan utama yang dibutuhkan untuk membuat kulit pastel adalah tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang. Siapkan sebanyak kurang lebih 250 gram.
  2. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 1 butir.
  3. Air bersih masak untuk menguleni adonan kulit sebanyak kurang lebih 60 ml.
  4. Margarin kualitas bagus sebanyak kurang lebih 3 sendok makan saja.
  5. Garam dapur beryodium sebanyak kurang lebih satu seperempat sendok teh (setengah sendok teh untuk membuat kulit pastel dan 3/4 sendok teh untuk bahan isian pastelnya.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 6 pcs. Kupas kulitnya dan haluskan untuk bumbu tumis.
  7. Bawang merah ukuran besar kurang lebih sebanyak 7 siung. Kupas kulitnya dan haluskan supaya mudah untuk ditumis nantinya.
  8. Bihun kualitas bagus kurang lebih sebanyak 200-250 gram. Rendam bihun sebentar di air panas sampai matang, baru kemudian ditiriskan sampai benar benar tidak ada airnya.
  9. Daging ayam bagian dada yang sudah dibuang tulangnya (fillet) kurang lebih sebanyak 500 gram. Rebus dagingnya sampai matang dan kemudian uraikan atau suwir suwir kecil supaya mudah dimasukkan ke dalam isian pastelnya.
  10. Kentang ukuran sedang secukupnya. Kupas kulitnya dan rebus sebentar lalu potong kecil kecil.
  11. Wortel segar kualitas bagus ukuran sedang besar 1 buah. Kupas kulitnya dan parut kasar kasar untuk isian.
  12. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 butir. Rebus telur sampai matang. Telur bisa dipotong kecil kecil atau dipotong besar untuk isian pastelnya.
  13. Gula pasir putih sebanyak secukupnya (kurang lebih butuh sekitar setengah sendok kecil).
  14. Merica halus atau bubuk sedikit saja (kurang lebih cuma sekitar seperempat sendok kecil). Bisa dihilangkan kalau mau membuat Pastel untuk anak anak.
  15. Minyak goreng atau margarin secukupnya untuk menumis.

Cara Membuat Pastel Goreng Renyah Sederhana

  1. Langkah pertama yang kita lakukan adalah membuat kulit pastel nya terlebih dahulu.
  2. Ambil satu tempat ukuran sedang dan masukkan 1 butir telur ayamnya. Kocok sebentar telurnya.
  3. Masukkan garam dapur dan margarinnya. Aduk sebentar supaya semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan tepung tergu protein sedangnya. Aduk aduk lagi supaya tercampur rata.
  5. Masukkan air masaknya, aduk aduk lagi pakai tangan atau diuleni sampai semua bahan tercampur sempurna dan adonannya rata.
  6. Bentuk adonan diatas tipis tipis. Bisa menggunakan gilingan mie atau bisa memakai gilingan kayu atau botol yang sudah dilapis tepung bagian luarnya supaya tidak lengket. Giling giling sampai didapat tingkat ketipisan yang diinginkan.
  7. Langkah kedua adalah membuat isi kue pastelnya.
  8. Siapkan penggorengan dan beri sedikit minyak atau margarin.
  9. Masukkan bawang merah dan putih yang sudah dihaluskan. Aduk aduk dan bolak balik sebentar sampai tercium bau harum.
  10. Masukkan wortel yang sudah diparut, kentang dan daging ayamnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata dan sayurannya setengah layu.
  11. Masukkan merica bubuk (kalau suka), garam dan gula pasirnya. Aduk aduk kembali semua bahan sampai tercampur rata dengan bahan lainnya.
  12. Terakhir masukkan bihun yang sudah direbus terlebih dahulu dan aduk aduk sampai rata dan tercampur sempurna. Angkat.
  13. Langkah ketiga adalah mengisi kulit pastel dengan isinya.
  14. Ambil satu lembar kulit dan beri isian secukupnya.
  15. Beri potongan telur rebusnya dan lipat kembali kulitnya. Beri hiasan di ujungnya dengan dipilin tepinya.
  16. Siapkan penggorengan dan beri minyak cukup banyak supaya pastel terendam semua saat di goreng.
  17. Goreng pastel dengan minyak yang panas, masukkan pastel kemudian minyak dikecilkan kembali supaya tidak gosong. Aduk dan balik supaya matang rata di semua sisinya. Angkat dan tiriskan sebentar sebelum disajikan.

Post a Comment