Thursday, 21 June 2018

Alat Musik Tanjidor Betawi Lengkap Gambar Dan Penjelasannya

loading...

Cintaindonesia.web.id - Alat Musik Tanjidor berkembang dengan seiring perkembangan kesenian orkes betawi yang mulai marak diabad ke-19. Kesenian Orkes musik Tanjidor ini selalu dimainkan di dalam acara seperti pawai atau karnaval, hajatan pernikahan, dan mengantar atau mengarak mempelai para pengantin. Alat-alat yang dipakai dalam orkes tanjidor adalah gabungan dari kebudayaan lokal dan asing, keberadaan unsur asing bisa dilihat dari pemakaian klarinet, saksofon, dan juga Marching Barito, keberadaan unsur lokal tampak pada pemakaian rebana dan kendhang. Nah berikut ini adalah 15 alat musik tanjidor khas betawi.


1. Alat Musik Klarinet

Alat Musik Klarinet
Alat Musik Klarinet

Klarinet merupakan alat musik yang terbuat dari bahan logam dan mempunyai kemiripan bentuk seperti seruling, tetapi suara yang dihasilkan jauh berbeda. Klarinet adalah alat musik dari luar yang pada akhirnya berbaur dengan unsur lokal serta dipakai dalam pertunjukan Tanjidor. Klarinet ini sendiri merupakan alat musik tiup jenis Woodwind.

2. Alat Musik Rebana Biang

Alat Musik Rebana Biang
Alat Musik Rebana Biang

Penamaan "Rebana Biang" pada alat musik ini merujuk kepada ukurannya yang sangat besar sehingga disebut dengan "Biang". Cara memainkan alat musik ini yaitu dengan ditabuh memakai bagian tangan. Mempunyai ukuran yang besar menjadi daya tarik tersediri untuk siapa saja yang melintas dan melihat pertunjukan Orkes Tanjidor ini.

3. Alat Musik Saksofon

Alat Musik Saksofon
Alat Musik Saksofon

Saksofon adalah alat musik tiup yang terbuat dari bahan logam serta merupakan bagian dari alat musik Woodwind. Saksofon dipakai dalam pertunjukan Tanjidor sebab mempunyai suara yang sangat khas dan dirasa sangat cocok dengan musik tradisional. Pemakaian Saksofon ini tentunya tidak terlepas dari pembauran kebudayaan asing di dalam bidang musik yang dibawa oleh para orang-orang belanda.

4. Alat Musik Rebana Ngarak

Alat Musik Rebana Ngarak
Alat Musik Rebana Ngarak

Rebana Ngarak adalah rebana yang berbeda dengan alat musik rebana Biang, terutama di dalam hal ukurannya, Rebana ngarak bentuknya jauh lebih kecil dibandingkan dengan alat musik rebana Biang. Cara memainkan alat musik ini pun tidak jauh berbeda dengan cara memainkan rebana pada umumnya, kulit yang dipakai dalam pembuatan rebana ngarak umumnya terbuat dari kulit sapi atau kerbau.

5. Alat Musik Trombon

Alat Musik Trombon
Alat Musik Trombon

Suara Trombon pada umumnya dihasilkan oleh getaran bibir para pemainnya. Dalam bahasa itali, kata "Trombon" mempunyai makna, terompet besar. Untuk bisa memainkan alat musik ini dengan merdu, maka seorang pemain musik disarankan untuk melatih pernapasannya dengan sangat baik, sebab meniup Trombon ini membutuhkan pernapasan yang kuat dan juga panjang.

6. Alat Musik Tehyan

Alat Musik Tehyan
Alat Musik Tehyan

Tehyan Betawi merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara digesek memakai busur gesek yang terbuat dari tali. Suara yang dihasilkan oleh tehyan ini sangatlah khas dan juga menjadi ciri salah satu di dalam permainan orkes tanjidor.

7. Alat Musik Simbal

Alat Musik Simbal
Alat Musik Simbal

Simbal merupakan alat musik yang dapat menghasilkan suara tinggi dan dapat mengisi celah kosong pada nada tinggi nyaring di dalam sajian musik yang dibawakan oleh orkes Tanjidor. Alat musik simbal juga berfungsi mengimbangi beberapa alat musik tiup lainnya yang pada umumnya menghasilkan nada-nada rendah. Simbal yang dipakai biasanya berukuran sangat besar sehingga satu pemain musik hanya akan menggenggam sepasang Simbal saja. Seorang para pemain simbal disamping dituntut untuk piawai di dalam bermain musik, tetapi juga dituntut mempunyai kekuatan otot tangan sangat baik, hal tersebut karena simbal mempunyai berat yang tidak ringan.

8. Alat Musik Kendhang

Alat Musik Kendhang
Alat Musik Kendhang

Kendhang merupakan alat musik yang berfungsi untuk mengatur tempo dan juga menjaga irama lagu yang sedang dimainkan didalam orkes Tanjidor. Irama dan juga ketepatan tempo biasanya bergantung pada keluwesan dari para pemain kendhang di dalam menggerakkan tangan. Sesekali pada pertunjukan orkes tanjidor, para pemain kendhang akan menunjukkan keahliannya di dalam menabuh kendhang.

9. Alat Musik Tamborin

Alat Musik Tamborin
Alat Musik Tamborin

Tamborin merupakan alat musik pukul dan ritmis yang dimainkan dengan cara dipukul memakai bagian dalam telapak tangan atau buku-buku jari. Bagian tubuh alat musik Tamborin umumnya terbuat dari kayu pohon, sedangkan pada bagian permukaan tabuhnya terbuat dari kulit hewan atapun plastik.

10. Alat Musik Bass Drum

Alat Musik Bass Drum
Alat Musik Bass Drum

Bass Drum merupakan alat musik yang akan menghasilkan suara rendah. Cara memainkan alat bass Drum kurang ini kurang lebih sama seperti memainkan alat musik drum kebanyakan, yaitu ditabuh memakai stik penabuh. Suara bass Drum yang sangat riuh juga akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak untuk mendekat dan juga melihat pertunjukan kesenian orkes Tanjidor.

11. Alat Musik Ketipung

Alat Musik Ketipung
Alat Musik Ketipung

Ketipung mempunyai bentuk yang sangat mirip dengan alat musik kendhang, tetapi suara yang dihasilkan dari membrannya sangatlah berbeda jauh dari alat musik Kendhang pada umumnya. Ukuran diameternya pun jauh lebih kecil dibandingkan kendhang.

12. Alat Musik Timpani

Alat Musik Timpani
Alat Musik Timpani

Timpani merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipukul memakai stik tabuh. Ukuran pada alat musik Timpani sangat besar dan juga akan merepotkan bila dipindah-pindah, sehingga Timpani hanya di ikut sertakan jika orkes tanjidor bermain di dalam panggung yang tidak memerlukan mobilitas ataupun perpindahan yang sangat tinggi. Umumnya bila Orkes tanjidor sedang ikut pawai ataupun karnaval, alat musik Timpani ini tidak diikut sertakan.

13. Alat Musik Terompet

Alat Musik Terompet
Alat Musik Terompet

Terompet hanya mempunyai 3 buah lubang nada. Pernapasan para pemain musik menjadi faktor dalam menentukan merdu atau tidaknya suara yang dihasilkan. Panjang dan pendeknya nada tentunya juga bergantung kepada panjang pendeknya pernapasan para pemain Terompet.

14. Alat Musik Marching Baritone

Alat Musik Marching Baritone
Alat Musik Marching Baritone

Alat musik tiup satu ini merupakan alat musik khusus yang dibuat untuk kebutuhan orkes jalanan (marching band), sehingga bisa dengan tetap dimainkan dengan stabil meskipun para pemainnya sedang berjalan. Cara memainkannya yaitu dengan cara ditiup. Umumnya di dalam sebuah orkes Tanjidor terdapat 2 orang para pemain yang memainkan marching baritone ini.

15. Alat Musik Snare Drum

Alat Musik Snare Drum
Alat Musik Snare Drum

Snare Drum merupakan Drum yang diberi tali, sehingga pada saat dibunyikan atau ditabuh akan mengeluarkan suara tambahan seperti halnya suara gemericik. Efek dari suara gemericik ini berasal dari tali tersebut. Suara pada alat musik ini juga menjadi daya tarik tersendiri di dalam orkes Tanjidor.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait