Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Risoles Enak

Kumpulan Resep Makanan - Teman teman mungkin beranggapan bahwa untuk membuat Resep Cemilan ini paling cepat dan praktis adalah dengan cara membeli kulit lumpia atau kulit risoles yang banyak di jual di pasar pasar dekat rumah. Sebenarnya tidak salah sih buat teman teman yang tidak punya banyak waktu luang tetapi tetap ingin membuat jajanan buat keluarga. Tetapi kalau saya pribadi sih lebih menyarankan untuk membuat sendiri kulitnya. Selain lebih higenis, bahan bahan yang digunakan pun dijamin lebih sehat dan tidak mengandung bahan bahan yang berbahaya buat kesehatan tubuh kita.
Kadangkala kita sering melihat atau mendengar bukan banyak penjual kulit risoles ini yang tidak memperhatikan jualannya. Banyak ditemukan kulit yang sudah kadaluwarsa ataupun malah menggunakan bahan berbahaya. Untuk itu memang lebih aman kalau kita bikin kulit risoles sendiri di rumah bukan. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat Resep Risoles enak dibawah beserta cara membuat kulit risoles nya.

Bahan dan Cara Membuat Kulit Risoles

  1. Bahan utama untuk pembuatan kulit risoles adalah tepung terigu sebanyak 500 gram.
  2. Susu cair sebanyak kurang lebih 1 liter supaya hasilnya lebih gurih.
  3. Telur Ayam ukuran sedang besar sebanyak 5 pcs.
  4. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil).
  5. Minyak sayur atau minyak goreng baru secukupnya atau bisa diganti juga dengan mentega yang dicairkan (kurang lebih sebanyak 1 sendok untuk olesan dan 7-8 sendok buat dicampur dengan bahan bahan yang lain).
  6. Langkah pertama untuk pembuatan resep kulit risoles adalah mengocok telurnya.
  7. Kocok telur ayamnya menggunakan mixer dan tambahkan 1 sendok garam.
  8. Tuang susu cair yang sudah disiapkan dan aduk menggunakan spatula atau adukan yang lain sampai semua bahan tercampur rata.
  9. Tuang tepung terigu yang sudah ditimbang sedikit demi sedikit ke dalam adoann di atas sampai habis dan adonan rata dan agak licin. Sebaiknya proses pengadukan menggunakan tangan (di uleni).
  10. Masukkan margarin cair atau minyak yang sudah dipersiapkan di atas. Aduk aduk kembali menggunakan tangan sampai semua bahan tercampur rata dan terasa agak licin.
  11. Diamkan sebentar supaya adonan pulen dan tutupi dengan plastik atau kain bagian atasnya.
  12. Siapkan wajan penggorengan dengan api kecil. Olesi dengan sedikit minyak dan tuang adonan sedikit saja untuk membuat kulit risoles tipis tipis saja. Lakukan sampai semua adonan habis.

Bahan Isian dan Pelengkap Resep Risoles Enak dan Mudah

  1. Wortel merah segar ukuran sedang besar sejumlah 2 pcs. Cuci bersih dan kupas kulitnya. Kemudian rebus sebentar dan potong potong kecil untuk isian dengan bentuk dadu.
  2. Daging ayam yang sudah matang kurang lebih sebanyak 300-350 gram. Bisa juga menggunakan daging ayam goreng. Potong dan suwir suwir tipis untuk isian kue risolesnya.
  3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan potong kecil kecil sekali untuk isian.
  4. Kentang ukuran sedang besar sebanyak 1-2 pcs. Kupas kulitnya dan rebus sebentar. Kemudian potong kecil kecil berbentuk kotak kotak.
  5. Telur ayam ukuran sedang besar 1 butir untuk olesan ke tepung panirnya.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya dan cincang sampai halus untuk bumbu tumisan.
  7. Tepung terigu secukupnya (kurang lebih setengah gelas). Beri air secukupnya dan campur sampai lembek.
  8. Merica halus atau bubuk secukupnya.
  9. Susu cair kurang lebih setengah gelas kecil.
  10. Air matang secukupnya.
  11. Garam dapur, gula pasir putih dan margarin secukupnya (untuk menumis bumbu bumbunya).
  12. Tepun panir atau tepung roti secukupnya (kurang lebih sebanyak 250-300 gram).

Cara Membuat Risoles Ayam

  1. Setelah membuat kulit risoles diatas, sekarang kita akan membuat isiannya.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih yang sudah dicincang halus dengan margarin secukupnya. Aduk aduk sampai tercium bau harum.
  3. Masukkan tepung terigu yang sudah diberi air diatas ke dalam bumbu tumisan. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Masukkan air matang secukupnya (kurang lebih sebanyak 1 cangkir gelas). Aduk aduk sebentar sampai tercampur dengan campuran tepungnya.
  5. Masukkan wortel dan kentang yang sudah direbus sebelumnya dan dipotong potong kecil kecil. Aduk kembali sampai tercampur rata.
  6. Masukkan irisan daging ayamnya dan aduk aduk kembali semua bahan sampai tercampur rata.
  7. Aduk aduk sampai wortel dan kentangnya benar benar matang lalu masukkan garam, merica dan gula secukupnya. Aduk aduk kembali sampai rata.
  8. Masukkan air susunya dan aduk kembali. Tunggu sampai bahan isian mengental dan agak menyusut.
  9. Ambil kulit risolesnya dan isi secukupnya denga bahan isian diatas. Lengkatkan dan bungkus dengan putih telur.
  10. Kocok telur dan masukkan risoles mentah ke dalamnya. Gulung di dalam tepung panir nya dan taburi di atasnya sampai semua bagian tertutupi.
  11. Diamkan dulu sebelum di goreng selama kurang lebih setengah jam.

Post a Comment