Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Memasak Ikan Asam Manis Pedas Bawal, Nila dan Ikan Lainnya

Kumpulan Resep Makanan - Dengan banyaknya keanekaragaman jenis ikan yang ada di negara kita, Resep Ikan Asam Manis ini bisa kita kreasikan dengan berbagai jenis ikan yang ada. Teman teman bisa dengan mudah membuat dan mengkreasikan resep bumbu asam manis dengan ikan nila, ikan gurame, ikan kakap, resep ikan bawal asam manis dan lainnya. Tentu saja, seperti cara membuat resep masakan ikan yang lain, sebelum mengolah ikannya harus dibersihkan terlebih dahulu bagian dalamnya sampai benar benar bersih. Supaya bumbunya meresap sampai ke dalam daging, sebaiknya daging ikan bagian luar di iris tipis tipis atau dikerat. Teman teman bisa menggoreng ikannya sebentar kalau suka atau tidap perlu, jadi langsung dicampur dan direbus bersama bumbu asam manis pedasnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat resep ikan bumbu asam manis dan bahan bahan yang diperlukan di bawah ya.

Bahan bahan Resep Ikan Asam Manis Pedas

  1. Ikan segar ukuran sedang yang masih segar dengan ciri warna kulit yang masih terang dan daging terasa keras saat di tekan kurang lebih sebanyak 1 kilogram saja (sekiat 1-3 ekor tergantung ukurannya). Bisa memakai ikan bawal, ikan nila, ikan gurame atau jenis ikan yang lain yang disukai.
  2. 2 pcs bawang putih ukuran sedang besar lalu haluskan untuk dilumuri di bagian ikan yang akan digunakan.
  3. Garam dapur dan merica halus atau merica bubuk secukupnya.
  4. Saus tomat botol atau sachet kualitas bagus kurang lebih sebanyak 4 sendok sampai 5 sendok makan saja. Bisa memakai merek belibis, abc, delmonte atau merek lain yang kualitasnya terjamin.
  5. Bawang bombay kualitas bagus sebanyak 1 buah saja. Pilih bawang yang kondisinya masih bagus dan ukurannya tidak terlalu besar lalu iris kecil kecil untuk ditumis dengan bumbu lain.
  6. 2 pcs bawang putih ukuran besar untuk membuat saus asam manisnya. Kupas kulitnya lalu pukul pukul atau memarkan kasar untuk ditumis bersama bumbu lain.
  7. 1-2 batang daun bawang yang kondisinya bagus dan segar. Cuci bersih lalu iris tipis tipis /kecil kecil untuk campuran kuah sausnya.
  8. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 4-5 pcs atau sesuai selera. Jangan lupa dicuci dulu lalu iris kecil kecil.
  9. Kurang lebih 2 cm jahe ukuran sedang besar. Jangan lupa cuci bersih dan kupas dulu kulitnya sebelum digunakan lalu memarkan supaya mudah meresap dan keluar aromanya.
  10. 5 sendok atau 4 sendok makan tepung maizena atau sebagian orang mengenalnya dengan sebutan tepung pati jagung untuk mengentalkan bumbu asam manisnya.
  11. Air bersih matang untuk dicampurkan dengan tepung maizenanya kurang lebih sebanyak 150 cc.
  12. Air cuka kurang lebih 1/2 sendok teh atau bisa dihilangkan kalau memang tidak suka.
  13. Berbagai macam sayuran segar untuk campuran dan isi saus asam manisnya, seperti wortel, ketimun, buah paprika atau tergantung selera.
  14. Minyak goreng yang masih baru secukupnya untuk menggoreng ikan yang akan digunakan.
  15. Margarin atau mentega secukupnya untuk menumis bumbu saus asam manisnya nanti.

Cara Membuat Ikan Asam Manis

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah cuci bersih ikan yang akan digunakan, Buang sisik luarnya dan keluarkan bagiam dalam ikan supaya tidak bau lalu bilas kembali sampai benar benar bersih dari kotoran yang ada.
  2. Iris jarang jarang bagian badannya agak menyerong supaya bumbu lebih meresap ke dalam daging ikannya.
  3. Ambil 2 siung bawang putih lalu haluskan lalu campur dengan garam dapur beryodium dan sedikit merica bubuk yang sudah disiapkan diatas.
  4. Olesi di atas ikan yang sudah dibersihkan sampai rata ke semua bagian. Tunggu beberapa saat supaya lebih meresap ke dalam dagingya.
  5. Ambil sedikit tepung maizena lalu olesi bagian luar badan ikan dengan tepung tersebut supaya lebih renyah.
  6. Ambil wajan dan beri minyak cukup banyak supaya semua bagian ikan nanti terendam semua saat digoreng dan matangnya merata.
  7. Hidupkan dengan api kecil sedang sampai minyak goreng benar benar panas, lalu masukkan pelan pelan ikan nila, ikan bawal, ikan gurame atau ikan lain yang digunakan supaya minyak tidak mengenai tangan atau bagian tubuh yang lain. Balik ikan sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan lalu angkat.
  8. Siapkan penggorengan lagi atau yang lain untuk membuat bumbu asam manisnya dan beri sedikit mentega untuk menumis bumbu.
  9. Masukkan bawang putih yang sudah dipersiapkan untuk membuat sausnya ke dalam penggorengan diatas beserta bawang bombay yang sudah diiris kecil kecil.
  10. Aduk aduk kedua bumbu diatas sampai tercium bau harum tumisan bawangnya.
  11. Masukkan daun bawang yang sudah dipotong potong kecil dan jahe yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk sebentar supaya tercampur dengan bumbu lain.
  12. Masukkan merica bubuk, cuka kalau suka, saus tomat dan garam beryodium sesuai selera lalu aduk aduk sebentar supaya tercampur dengan bumbu asam manis yang lain.
  13. Masukkan sayuran yang akan digunakan. Jangan lupa cuci bersih dan potong potong kecil sebelumnya. Aduk aduk lagi sampai sayur setengah matang.
  14. Ambil satu wadah kecil dan campurkan tepung maizena dan air bersih matang yang sudah dipersiapkan diatas sampai mengental dan tercampur rata lalu masukkan ke wajan berisi adonan saus diatas.
  15. Aduk aduk kembali sampai saus asam manisnya agak mengental dan sayurannya agak matang.
  16. Masukkan ikan diatas ke dalam kuah sausnya lalu masak sebentar sambil diaduk pelan pelan supaya bumbu meresap ke dalam daging ikan lalu angkat dan sajikan diatas piring sajian.

Post a Comment