Tuesday, 29 May 2018

Artikel Fungsi Alat Musik Tradisional Doll

loading...
Fungsi Alat Musik Tradisional Doll. Musik doll merupakan kesenian tradisional masyarakat Bengkulu, sebagai instrument yang dapat dikembangkan sesuai kebutuhan senimannya, serta sebagai instrumen yang digunakan pada setiap acara ceremonial di Kota Bengkulu, seperti acara penyambutan tamu - tamu penting dan sebagainya.

Bentuk Alat Musik Doll

Doll adalah alat musik sejenis beduk yang terbuat dari bongkol tempat akar kelapa yang ditutupi kulit lembu atau kerbau, dan dibunyikan dengan memakai alat pukul yang terbuat dari kayu yang dilapisi kain. Selain itu Doll dapat dibuat juga dari batang pohon rambutan atau cempedak.

Cara Pembuatan Alat Musik Doll

Cara pembuatan doll adalah dengan menggunakan bongkol tempat akar kelapa atau batang pohon rambutan dan cempedak kemudian dilubangi bagian dalamnya. Setelah itu diamplas agar terlihat halus, lalu dicat warna warni. Sedangkan penutupnya menggunakan kulit sapi. Bedanya proses pengikatan kulit sapi pada bongol kelapa besar ini harus kencang dengan menggunakan rotan. Tali rotan dililit satu persatu ke arah vertikal dan horizontal agar ikatan kuat.
Bentuknya seperti tempayan besar, dengan bagian atas dipotong rata dan bagian bawahnya tidak berlubang. Doll termasuk dalam instrumen klasifikasi membranophone yang getaran suara atau bunyinya berasal dari kulit.
 
 

Fungsi Alat Musik Doll

Alat musik doll digunakan sebagai musik pendukung dalam upacara oleh masyarakat bengkulu. Doll disajikan pada upacara arak sorban, menjara, tabot besanding dan tabot tebuang. Dalam hal ini, doll merupakan bagian dari prosesi upacara yang sangat penting yang tak terpisahkan dari upacara tabot, selain memenuhi kebutuhannya dalam mengiringi rangkaian upacara agar rangkaian upacara tersebut menjadi lengkap. Berikut adalah fungsi alat Musik Doll yang antara lain adalah :

  1. Fungsi dol dalam upacara tabot adalah mengiringi proses kegiatan mengarak sorban. 
  2. Mengiringi kegiatan upacara menjara. 
  3. Sebagai musik hiburan dalam upacara tabot besanding . 
  4. mengiringi upacara tabot tebuang . 
Musik doll digunakan dalam bentuk arak - arakan oleh masing - masing kelompok tabot. Mereka mengarak tabot dengan diiringi motif – motif dol menuju tempat pembuangan tabot. Selain fungsinya untuk mengiring upacara, musik dol juga berfungsi menghibur masyarakat kota Bengkulu yang mengikuti proses tabot tebuang.

Artikel Terkait