Tuesday, 29 May 2018

Artikel Fungsi Alat musik Tradisional Akordeon

loading...
Fungsi Alat musik Tradisional Akordeon.  Alat musik ini merupakan alat musik yang berasal dari sumatera selatan. Akordeon merupakan alat musik sejenis organ.

Jenis-jenis Akordeon

Berikut adalah jenis-jenis:
  1. Akorden berwarna, 
  2. Akordeon concertinas,
  3. Akordeon diatonis, 
  4. Akordeon piano.

Cara Memainkan Alat Musik akordeon

Bentuk Alat musik ini relatif kecil, dan dimainkan dengan cara digantungkan di leher. Pemusik memainkan tombol-tombol akord dengan jari-jari tangan kirinya, sedangkan tangan kanannya memainkan melodi lagu yang dibawakan. adapun cara penggunaannya dengan memakai kedua tangan kita, pada tangan yang satu difungsikan sebagai pengatur alunan suara, sedangkan pada tangan yang kedua digunakan untuk mengatur nada. Pada saat dimainkan, akordeon didorong dan ditarik untuk menggerakkan udara di dalamnya. Pergerakan udara ini disalurkan ke lidah akordeon sehingga menimbulkan bunyi.

Untuk memainkan alat musik akordeon yang berasal dari Sumatera Selatan ini membutuhkan posisi tubuh yang benar, tidak boleh membungkuk ketika memengang alat musik Akordeon, sebaliknya berdirilah dengan tegak atau atur beban tumpuan pada dada anda ketika memainkannya.
 

Konstruksi Alat Musik Akordeon

Komponen yang ada dalam sebuah akordeon adalah bagian kotak kayu, bellow, dan palet. Di dalam kotak kayu itu ada sebuah rongga tempat dimana suara akordeon dihasilkan. Sedangkan palet yang berbentuk seperti katup yang mengontrol keluar masuknya udara ke dalam akordeon tersebut. Sedangkan bellow adalah komponen yang dominan yang menciptakan kevakuman dan tekanan udara yang digetarkan sehingga menghasilkan suara.

Fungsi Alat Musik akordeon

Fungsi Alat musik ini seringkali digunakan untuk mengiringi musik-musik religi dan musik modern lainnya.

Artikel Terkait