Sunday, 27 May 2018

Artikel Fungsi Ceng-Ceng Sebagai Alat Musik Tradisional Bali

loading...
Fungsi Ceng-Ceng Sebagai Alat Musik Tradisional. Bali sendiri memiliki alat musik tradisional yang dinamakan cengceng. Cara penggunaan alat musik tersebut yaitu dengan menempatkan gengceng pada kedua sisi telapak tangan, lalu cengceng dibenturkan satu sama lainnya sehingga dapat mengeluarkan suara nada Ideofon. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan tentang fungsi alat musik tradisional ceng-ceng.


Fungsi Alat Musik Ceng Ceng

Di Bali sendiri, alat musik Ceng Ceng  merupakan alat musik tradisional yang cukup terkenal. Alat musik ini merupakan unsur terpenting di dalam seperangkat gamelan Bali. Selain itu alat musik Ceng Ceng juga sering dipergunakan bersama dengan gong gede, semar pegulingan, barungan gamelan gong kebyar, pelegongan, barongan, dan lain sebagainya. Alat musik ini biasanya dimainkan pada saat acara-acara keagamaan. 
 

Bentuk Alat Musik Ceng-Ceng

Alat musik ini terbuat dari kayu nangka dan tembaga. Alat ini terdiri atas enam buah logam bundar di bagian bawahnya dan ada dua buah logam bundar di bagian atasnya. Di bagian atas perunggu Ceng Ceng terdapat tali untuk memegang Ceng Ceng. Tali tersebut berwarna merah yang dibuat sedemikian rupa. Tali ini disebut Bungan Ceng Ceng. Nah, dengan demikian, alat ini nampak seperti simbal.

Ceng ceng Bali dibuat berbentuk kura-kura. Pengukirannya terinspirasi dari tokoh legenda Bali yakni kura-kura mistis. Di Bali, terkenal dengan sebuah legenda tentang kura-kura mistis yang memiliki nilai magis yaitu menyeimbangkan dunia di atas punggungnya. Kura-kura tersebut merupakan simbol sumbu bumi bersama naga menjadi dasar pura yang berkedudukan tinggi.

Cara Memainkan Alat Musik Ceng-Ceng

Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara tembaga bagian atasnya dipukulkan ke bagian tembaga bundar bagian bawah. Dengan demikian akan menimbulkan suara “ceng ceng.” Pemain akan memegang kedua bagian atas dengan menggunakan kedua telapak tangannya. Ketika kedua logam itu saling beradu, akan terdengar suaranya yang nyaring, keras, dan khas suara simbal Bali.

Artikel Terkait