Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Artikel Fungsi Ganda Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah

Fungsi Ganda Alat Musik Tradisional Sulawesi Tengah. Dan bicara soal kebudayaan dan kesenian, sebenarnya banyak juga kebudayaan yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah. Beberapa diantaranya juga terus dilestarikan turun temurun, baik berupa musik-musik tradisional, tari-tarian, dan tidak ketinggalan juga alat musik tradisionalnya. 



Berikut adalah penjelasan tentang alat musik tradisional ganda. 

Alat musik tradisional Ganda atau biasa juga disebut dengan kanda adalah nama alat musik yang memainkannya dengan cara dipukul dan biasa kita kenal dengan gendang yang memiliki dua buah kulit menutupi kedua sisinya. 

Secara Umum Alat musik tradisional Ganda merupakan gendang kecil seperti Marwas yang terbuat dari bahan dasar kayu dan kulit sapi sebagai membrannya. Gamda biasanya dimainkan dengan cara ditepuk dengan tangan dan akan menghasilkan nada ritmis. Ganda biasanya dimainkan bersama dengan iringan alat musik tradisional yang lainnya.
 
 

Alat musik ini merupakan jenis alat musik pukul seperti gendang namun berukuran lebih kecil dan lebih ramping dibanding dengan Gendang Jawa. Ganda ini juga memiliki bunyi yang hampir sama dengan gendang kecil yang berasal dari provinsi lainnya. Tidak sulit untuk memainkan alat ini, cukup dengan memukul bagian kulit di ujung kayunya saja.

Post a Comment