Sunday, 13 May 2018

Resep Cara Membuat Martabak Manis Keju Coklat

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Sebelum memulai proses membuat martabak nya, sebaiknya terlebih dahulu disiapkan alat alat masaknya dan bahan pembuat Kue Martabak Manisnya, seperti tepung terigu, wajan teflon, wadah untuk mencampur adonannya, tepung terigu, margarin, telur dan yang lainnya. Salah satu kunci penting untuk membuat panganan satu ini adalah ukuran ragi instant dan baking powernya. Jangan lupa loyang cetakan kulit martabak nya ya. Oke sekarang saya akan memberikan beberapa tips cara membuat Resep Martabak Manis dan bahan bahan yang digunakan.

Bahan bahan Resep Martabak Manis Keju :

  1. Bahan utama yang diperlukan adalah 500 gram Tepung Terigu. Gunakan tepung yang biasanya untuk membuat kue basah, bukan yang untuk membuat gorengan.
  2. 3 butir telur ayam ukuran kecil atau 2 butir telur ayam ukuran besar di kocok terlebih dahulu.
  3. 1 sendok besar atau sendok makan margarin. Panas dan lelehkan sampai mencair.
  4. 125 gram gula pasir warna putih.
  5. 600 mililiter Air masak atau air mineral kemasan.
  6. Setengah sendok kecil garam dan ragi instant.
  7. Satu sendok kecil atau sendok teh baking powder.
  8. Seperempat sendok kecil atau secukupnya pasta vanili.
  9. Bahan tambahan yang dibutuhkan sesuai selera, seperti susu kental manis, keju, coklat butir, kacang, sedikit wijen, gula pasir dan sedikit margarin buat olesan.

Cara membuat Martabak Manis :

  1. Pertama kali kita harus membuat adonan yang akan digunakan untuk membuat kue martabaknya.
  2. Ambil satu wadah ukuran sedang, masukkan 1/2 kg tepung terigu yang sudah dipersiapkan dan campur dengan 125 gram gula pasir, setengah sendok kecil garam dan ragi instant. Aduk dan campur semua bahan tersebut sampai tercampur dengan sempurna.
  3. Masukkan 3 butir telur ayam ukuran kecil atau 2 butir ukuran besar ke dalam adonan di atas. Aduk kembali sampai tercampur sempurna.
  4. Masukkan 1/4 sendok teh pasta vanili dan margarin cair.
  5. Sedikit demi sedikit air masak diatas sambil tetap diaduk pelan pelan. Pastikan tidak ada gumpalan yang tertinggal.
  6. Mixer adonan di atas untuk memastikan semua bahan tercampur menjadi satu. Gunakan level kecepatan sedang sekitar 5 menit sampai 7 menit.
  7. Masukkan satu sendok teh baking powder nya. Aduk pelan pelan menggunakan spatula sampai rata. Diamkan adonan tadi kurang lebih sekitar 35 menit sampai 40 menit. Tutup adonan tersebut supaya hasil martabak manis kejunya nanti tidak bantet dan bisa mengembang.

Cara memasak Martabak manis resep yang benar ;

  1. Pertama tama siapkan wajan teflon anti lengket berbentuk lingkaran dan panaskan dengan api sedang. olesi sedikit margarin di atas wajan untuk memastikan hasil jadi martabaknya nanti tidak lengket.
  2. Ambil adonan tadi yang sudah didiamkan sekitar 40 menit. Ambil secukupnya (sekitar 125-135 gram) dan tuang kedalam wajan teflon tadi. Ratakan adonan ke dalam teflonnya, tutup wajan tadi begitu adonan sudah mengeluarkan gelembung gelembung kecil di tengahnya.
  3. Sekitar 12 menit sampai 15 menit cek apakah martabaknya sudah matang.
  4. Angkat martabak tadi pelan pelan jangan sampai pecah atau sobek. Taruh di atas piring yang cukup besar.
  5. Olesi kulit dalamnya dengan sedikit margarin untuk membantu bahan isi yang lain bisa lengket ke dalam kue nya.
  6. Taburi dengan sedikit gula, kacang, parutan keju, potongan pisang atah bahan tambahan lain sesuai selera. Kalau anda suka manis, bisa ditambahkan sedikit susu kental manis di atas bahan bahan isi tersebut.
  7. Lipat martabak nya menjadi bentuk setengah lingkaran. Olesi kembali kulit luarnya menggunakan margarin supaya rasa nya tambah gurih.

Artikel Terkait