Wednesday, 9 May 2018

Resep CaraMembuat Kueh Kuping Gajah dan Tipsnya

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Seperti resep resep kue kering lebaran lainnya, Kuping gajah juga menggunakan bahan baku tepung terigu sebagai bahan utamanya. Selain itu mentega, gula halus dan telur juga haris dipersiapkan. Mungkin yang agak berbeda adalah santan asli yang harus dipersiapkan untuk membuat kue ini terasa manis dan gurih. Untuk cara membuatnya juga toak terlalu sulit. Mungkin tips yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya adalah proses pemasukan adonan ke dalam lemari pendingn selama beberapa saat sebelum di giling dan dibentuk. Selain itu, untuk menghindari lapisan coklat dan lapisan putihnya terlepas saat menggoreng, teman teman harus menekan kuat saat menggulung adoanannya. Selain itu gulungannya harus dilapisi air sedikit. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail bahan bahan Resep Kue Kuping Gajah dan proses pembuatannya di bawah.

Bahan bahan Resep Kuping Gajah Enak

  1. Bahan utama yang harus dieprsiapkan adalah Tepung terigu protein sedang sebanyak 300 gram. Ayak terlebih dahulu supaya halus.
  2. Gula pasi Bubuk atau gula halus sebanyak 80 gram.
  3. Santan Asli dari buah kelapa sebanyak 75-80 ml. Masak santan terlebih dahulu sampai matang. Diaduk terus selama proses pemasakan supaya Santan tidak pecah.
  4. Telur Ayam ukuran besar sejumlah 1 butir.
  5. Garam dapur beryodium sebanyak setengah sendok teh kecil dan vanila secukupnya (atau kurang lebih seperempat sendok kecil).
  6. Mentega sebanyak 2 sendok besar atau sendok makan.
  7. Satu sampai satu setengah sendok makan coklat bubuk atau coklat pasta.
  8. Air matang kalau diperlukan.
  9. Minyak Goreng secukupnya untuk menggoreng.

Cara membuat Resep Kue Kuping Gajah

  1. Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan tepung terigu yang sudah di ayak, garam dapur, vanila dan 2 sendok mentega. Campur semua bahan sampai rata.
  2. Masukkan Telur Ayam nya. Aduk kembali sampai rata.
  3. Masukkan santan sedikit demi sedikit sampai habis ke dalam adonan sambil tetap diaduk terus sampai rata. Pastikan semua bahan tercampur sempurna dan kalis. Kalu perlu, bisa ditambahkan sedikit air matang.
  4. Ambil seperempat adonan yang sudah kalis diatas dan masukkan coklat pasta atau coklat bubuknya. Aduk sampai adonan berwarna coklat.
  5. Gilas, giling dan pipihkan adonan tanpa coklat (3/4 adonan) terlebih dahulu. Lakukan langkah yang sama dengan adonan coklat nya.
  6. Taruh adonan coklat di atas adonan biasanya. Tekan dan gulung sampai melekat dan padat dan adonan berbentuk seperti silender untuk memudahkan proses pembetukannya nanti.
  7. Simpan adonan silinder yang sudah tercampur di atas ke dalam kulkas atau lemari pendingin (kurang lebih 1 1/2 sampai 2 jam).
  8. Potong adonan tipis tipis dan giling lagi sampai pipih dan tipis.
  9. Panaskan wajan dengan api sedang dan isi dengan minyak smpai setengahnya. Masukkan adonan Kue Kuping Gajah di atas sedikit demi sedikit. Goreng matang dan warnanya agak kecoklatan.

Artikel Terkait