Tuesday, 8 May 2018

Resep Donat Kentang yang Empuk

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Seperti Resep Donat Madu yang sudah pernah kami bawakan beberapa minggu lalu, Resep Donat Kentang Empuk ini juga di goreng dan menggunakan bahan baku Tepung terigu dan Telur (disamping kentang kukus). Selain itu beberapa tips untuk membuat donat supaya hasilnya sempurna dan empuk yang harus diperhatikan adalah saat proses pencampuran dengan air nya. Usahan mencampur air sedikit demi sedkit sambil tetap uleni sampai hasil jadinya pulen. Kalau terlalu banyak air hasil jadi adonan kue donatnya nanti akan encer atau kalau tidak pas nanti bisa bantat dan susah mengembang. Oke untuk lebih jelasnya silahkan menuju ke bawah.

Bahan bahan Resep Donat Kentang yang Empuk

  1. Beli kentang yang mutunya bagus. Kukus dan haluskan sebanyak 200 gram.
  2. 50 Gram Gula Pasir Putih yang bersih. Usahan untuk tidak memakai gula pasir kuning karena akan mengakibatkan rasanya sedikit berbeda.
  3. 500 Gram Tepung Terigu yang biasanya untuk bahan pembuat donat dan mempunya kadar protein tinggi. Jangan gunakan Tepung dengan kadar protein sedang atau rendah.
  4. Susu bubuk (merek sesuai selera) sebanyak 1 sendok besar atau sendok makan. Bisa juga menggunakan susu sachet kental manis kalau tidak ada susu bubuknya.
  5. Garam dapur yang beryodium sebanyak satu sendok kecil.
  6. 500 gram Margarin kualitas bagus.
  7. Pengembang kue atau biasa dikenal juga dengan nama Fermipan sebanyak 11 gram.
  8. Telur Ayam sebanyak 1 butir. Pecahkan dan ambil kuning telurnya saja.
  9. Air matang secukupnya.

Cara mudah membuat Resep Kue Donat Kentang Spesial

  1. Masukkan dan campurkan 500 gram Tepung Terigu dan susu bubuknya. Ayak sampai halus.
  2. Ambil wadah yang cukup besar. Masukkan 200 gram kentang kukusnya, 50 gram gula pasir, sedikit garam dapur beryodium dan fermipannya. Campur dan aduk semua bahan sampai tercampur sempurna.
  3. Masukkan campuran tepung dan susu bubuk yang sudah di ayak di atas ke dalam wadak besar tadi. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Tuang air sedikit demi sedikit ke dalam adonan tadi sambil tetap di aduk supaya tidak ada adonan yang mengumpal. Ulangi sampai adonan pulen.
  5. Masukkan mentega dan aduk lagi menggunakan tangan (di uleni) sampai rata.
  6. Masukkan kuning telurnya dan aduk kembali sampai semua bahan tercampur sempurna dan kalis. Tutupi wadah adonan dengan kain bersih selama kurang lebih 30 menit.
  7. Ambil sedikit adonan yang sudah mengembang tadi. Bentuk adonan menjadi bundar dengan lubang di tengahnya seperti bentuk ban menggunakan jari. Ulangi sampai semua bahan habis. Diamkan lagi selama kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  8. Goreng adonan dengan minyak yang banyak dan panas. Goreng sebentar sampai warna kulit luarnya kuning kecoklatan. Gunakan supit dan putar di tengah adonan tadi supaya hasilnya benar benar bundar seperti ban.
  9. Setelah dingin, anda bisa memberi gula bubuk untuk lebih praktisnya atau mengolesi resep donat kentang ini dengan selai kacang coklat atau selai strawbery. Sebelum di olesi lamuri dulu dengan mentega atau margarin bagian atas donatnya supaya bahan hiasan donat melekat di kulit luarnya.

Artikel Terkait