Tuesday, 8 May 2018

Resep Membuat Kue Satu Kacang Hijau Enak dan Renyah

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tidak ada yang tahu persis kenapa kue kering imut dan lembut ini di namakan kue satu. Tapi berdasarkan beberapa gurauan teman, Kue Satu mempunyai nama begitu karena untuk memakannya harus mengambil satu satu. Memang biasanya penjual Kue Koyah ini dengan gampang di jumpai. Dengan harga yang relatif sangat murah, bisanya kita lebih memilih untuk membelinya daripada mencoba untuk membuat Resep Kue Satu sendiri di rumah.
Sebenarnya, kalau teman teman tahu bagaimana caranya membuat dan bahan bahan apa saja yang diperlukan untuk membuat kue ini, saya yakin pasti akan membuat sendiri daripada membelinya. Ya, bahan bahan pembuat kue Satu ini sangat sedikit dan gampang sekali di jumpai di toko toko terdekat. kalau di total, kue kering berbahan dasar kacang hijau ini hanya membutuhkan sekitar 3 bahan baku. Dan tidak seperti kue kering lainnya yang menggunakan tepung sagu atau tepung terigu, Kue koyah tidak memerlukan tepung sedikitpun. Penasarankan? Silahkan mempraktekan dan membaca detail resep dan bahan bahannya di bawah.

Bahan bahan Resep Kue Satu Kacang Hijau

  1. Bahan utama untuk membuat kue yang berbentuk putih ini adalah Kacanh Hijau sebanyak 200 gram.
  2. Perasa Vanila atau vanila essence sedikit atau kuang lebih sekitar seperempat sendok teh.
  3. Gula pasir putih halus atau gula pasir bubuk sebanyak 175 gram.
  4. Air matang atau juga bisa menggunakan air mineral secukupnya.

Cara membuat Kue Satu yang mudah dan cepat

  1. Pertama tama sangrai 200 gram kacang hijaunya. Kupas kulitnya sampai bersih dan tumbuk sedikit demi sedikit sampai halus. Bisa juga enggunakan blender untuk menghaluskan kacang hijau sangrainya.
  2. Saring hasil tumbukan atau blenderan kacang hijaunya untuk memastikan benar benar halus.
  3. Masukkan 175 gram gula bubuk dan sedikit vanila essence nya. Campur semua bahan sampai benar benar rata.
  4. Masukkan air sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil tetap di aduk dengan rata sampai terbentuk adonan yang pulen. Kalau perlu memakai tangan untuk mencampurnya (biasa di sebut dengan meng-uleni).
  5. Siapkan oven dengan api sedang cenderung kecil sampai mencapai suhu 145-160 derajat celcius.
  6. Sambil menunggu oven panas masukkan adonan kue satu ke dalam cetakan kue yang agan di gunakan. Tekan sampai padat.
  7. Masukkan cetakan kue dalam oven dan panggang sebentar sampai matang dan kering. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu di suhu ruangan sebelum di masukkan ke dalam toples.

Artikel Terkait