Monday, 18 June 2018

Alat Musik Harmonis Tradisional Dan Modern (Gambar + Penjelasannya)

loading...
Inilah 15 Alat Musik Harmonis Tradisional Dan Modern (Gambar + Penjelasannya)

Alat musik Harmonis adalah alat musik yang bisa memainkan bunyi atau nada harmonis, dimana bunyi atau nada tersebut dihasilkan dari cara membunyikan 3 buah nada atau lebih secara berbarengan atau bersamaan. Baik itu alat musik modern ataupun tradisional bisa menghasilkan nada-nada Harmonis. Nah berikut ini merupakan sejumlah contoh dari alat musik Harmonis.

1. Gitar

Gitar
Gitar

Gitar adalah alat musik petik modern yang bisa menghasilkan nada Melodis dan juga nada harmonis, umumnya di dalam sebuah band akan mempunyai 2 orang gitaris dengan pembagiannya yaitu nada Melodis dan Harmonis. Nada-nada harmonis yang dihasilkan oleh alat musik gitar umumnya dipakai untuk pengiring lagu, sedangkan untuk alat musik Gitar bernada melodis biasanya dipakai untuk pengisi lagu. Cara memainkan alat musik gitar untuk menghasilkan nada harmonis yaitu dengan cara menekan disejumlah senar serta menggenjrengnya secara bersamaan, sedangkan untuk memainkan alat Gitar yang dapat menghasilkan nada melodis yaitu dengan cara memetik senarnya satu persatu.

2. Harpa

Harpa
Harpa

Harpa merupakan alat musik modern yang termasuk ke dalam jenis alat musik yang bisa menghasilkan bunyi atau nada harmonis. Alat musik harpa selain dapat dimainkan dengan cara memetik dawainya satu persatu, namun dawai pada Harpa juga bisa dimainkan dengan cara dipertik pada 3 dawai secara bersamaan guna mendapatkan hasil nada Harmonis. Harpa umumnya dimainkan secara solo sebab mempunyai karakteristik suara yang sangat halus dan juga menenangkan, tetapi tidak jarang Harpa juga dipakai sebagai alat musik pengiring di dalam pagelaran musik.

3. Sasando

Sasando
Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional petik yang berasal dari Suku Rote Nusa Tenggara Timur (NTT). Cara memainkan alat tradisional musik ini yaitu dengan cara memetik senar atau dawainya. Nada Harmonis akan muncul saat para pemain memetik 3 dawai atau lebih secara bersamaan guna mengeluarkan bunyi atau nada yang diinginkan. Tidak banyak orang yang mempunyai kemampuan dalam memainkan alat musik sasando dengan baik, hal tersebut dikarenakan mulai berkurangnya generasi muda yang ingin menekuni alat sasando ini.

4. Saksophone

Saksophone
Saksophone

Saksophone adalah alat musik modern yang dimainkan dengan cara ditiup. Alat musik ini merupakan salah satu alat musik Harmonis. Nada-nada harmonis dari alat musik saksopone dihasilkan dari penekanan dibeberapa tuts secara bersamaan memakai jari. Saksophone kerap kali ditampilkan di dalam acara pagelaran musik Jazz.

5. Sampek

Sampek
Sampek

Sampek merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari wilayah kalimantan. Alat musik ini merupakan alat musik khas dari masyarakat suku dayak dan termasuk ke dalam alat musik harmonis, dimana nada-nada harmonis yang dihasilkan dimainkan dengan cara memetik 3 dawai sekaligus. Selain dengan tersebut, alat musik sampek ini juga bisa dimainkan dengan cara melodis, yaitu dengan cara memetik senar atau dawainya satu persatu sesuai dengan bunyi atau nada yang ingin dihasilkan. Sampek kerap kali ditampilkan dalam pagelaran acara musik tradisional.

6. Rebab

Rebab
Rebab

Rebab merupakan alat musik tradisional yang pernah populer di zaman dahulu. Rebab di duga merupakan hasil dari kebudayaan masyarakat Timur Tengah yang sampai ke Indonesia. Alat musik rebab ini juga merupakan alat musik harmonis, dimana alat musik ini dimainkan dengan cara digesek.

7. Cemplung dan Siter

Cemplung dan Siter
Cemplung dan Siter

Cemplung dan Siter adalah alat musik tradisional yang selalu dimainkan bersamaan dalam kesenian gamelan jawa. Bentuk dari alat musik ini yaitu hampir sama dengan alat musik kecapi, tetapi siter dan juga cemplung mempunyai senar yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan alat musik kecapi. Cemplung dan Siter bisa menghasilkan nada-nada melodis ataupun nada Harmonis, dimana semua itu tergantung dari cara bermain di para pemain musik.

8. Piano

Piano
Piano

Piano merupakan alat musik yang termasuk ke dalam alat musik Harmonis dan juga melodis Modern. Jika tuts di piano dimainkan satu per satu maka alat musik piano ini dapat menghasilkan bunyi atau nada yang melodis, tetapi bila tuts pada piano dimainkan dengan cara menekan 3 buah nada tertentu secara bersama-sama, maka alat musik piano ini akan mengeluarkan nada-nada Harmonis. Alat musik ini selalu dimainkan untuk membawakan musik bergenre klasik atau sebagai musik pengiring pada lagu pop.

9. Pianika

Pianika
Pianika

Meskipun mempunyai kesamaan bentuk dengan alat musik piano, tetapi Pianika membutuhkan bantuan dorongan udara melalui tiupan dari para pemain melalui pipa dibagian ujung Pianika. Di saat bersamaan dengan para pemain meniup udara, para pemain juga harus menekan tuts pianika supaya dapat menghasilkan bunyi atau nada Harmonis yang diinginkan. Tentunta dibutuhkan pengaturan napas secara khusus guna mendapatkan nada dan juga panjang nada yang enak untuk didengar. Pianika merupakan alat musik yang masuk ke dalam alat musik modern.

10. Biola

Biola
Biola

Biola merupakan salah satu alat musik modern berdawai yang dapat dimainkan dengan cara harmonis ataupun melodis. Pada umumnya nada-nada harmonis yang ada pada alat musik biola dipakai dalam pagelaran kesenian musik Jazz dan juga pagelaran musik klasik.

11. Harmonika

Harmonika
Harmonika

Harmonika adalah salah satu alat musik tiup modern yang bisa menghasilkan nada-nada Harmonis. Keunikan dari alat musik Harmonika ini yaitu dapat dimainkan dengan cara dihisap ataupun tiup dibagian rongga-rongga dibadan harmonika.

12. Viola

Viola
Viola

Viola merupakan alat musik modern yang masih 1 keluarga dengan alat musik bernama biola. Alat musik ini merupakan alat musik harmonis dan juga melodis. Viola bisa mengeluarkan nada-nada Harmonis saat para pemain Viola menekan beberapa senar atau dawai pada di Viola dan kemudian menggeseknya dengan senar seperti busur.

13. Bonang

Bonang
Bonang

Bonang merupakan alat musik pukul tradisional yang banyak berkembang di Pulau Bali dan Jawa. Alat musik ini kerap dipakai secara bersamaan di dalam gamelan. Nada harmonis pada alat musik bonang ini dihasilkan dengan cara memukul 3 nada yang berbeda dan dilakukan secara bersamaan. Setiap nada tersebut dihasilkan dari gong-gong kecil yang tersusun dan diletakan di dalam rak. Para pemain Bonang pada umumnya akan memukul gong-gong tersebut dengan bantuan berupa alat pemukul yang berbalutkan kain atau karet.

14. Violoncello

Violoncello
Violoncello

Violoncello merupakan alat musik gesek modern yang masih satu keluarga dari alat musik Biola dan dapat menghasilkan nada-nada harmonis. Cara memainkan alat Violoncello ini yaitu sama seperti halnya memainkan alat musik biola maupun Viola.

15. Kecapi

Kecapi
Kecapi

Kecapi merupakan alat musik petik tradisional yang berasal dari sunda. Alat musik ini biasanya menjadi pengiring utama didalam beberapa tembang tradisional khas sunda. Kecapi bisa menghasilkan nada-nada harmonis, dimana dimainkan dengan cara memetik 3 dawainya atau lebih secara bersamaan.



Patut Kamu Baca:

Artikel Terkait