Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Andun Tarian Tradisional Dari Bengkulu

Cintaindonesia.web.id - Tarian tradisional satu ini merupakan jenis tarian rakyat yang berasal dari daerah Bengkulu. Namanya adalah Tari Andun.

Apakah Tari Andun itu?

Tari Andun adalah salah satu tarian tradisional yang berasal dari daerah Bengkulu. Tarian ini termasuk jenis tarian pergaulan yang biasanya ditampilkan oleh para penari pria dan penari wanita. Tari Andun merupakan tarian tradisional yang cukup terkenal di Bengkulu, terutama di daerah Bengkulu  Selatan. Tarian ini biasanya sering ditampilkan di berbagai acara seperti acara adat, penyambutan, maupun acara budaya yang diselenggarakan di sana.

Sejarah Tari Andun

Menurut sejarahnya, Tari Andun dulunya merupakan salah satu tarian tradisi masyarakat Bengkulu yang sering ditampilkan pada acara adat, terutama pada pesta panen raya. Tarian ini dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat akan hasil panen yang mereka dapatkan. Dalam acara tersebut biasanya diikuti oleh semua masyarakat, terutama para pemuda pemudi. Konon selain menjadi tarian pergaulan, tarian ini juga menjadi media mencari jodoh atau pasangan hidup bagi para kaum muda.

Seiring dengan berjalannya waktu, tarian ini mulai berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas. Dalam perkembangannya, Tari Andun tidak hanya ditampilkan pada acara panen raya saja, namun juga sering ditampilkan untuk memeriahkan berbagai acara, seperti pernikahan adat, penyambutan, dan acara besar lainnya.

Fungsi Dan Makna Tari Andun

Tari Andun awalnya merupakan tarian yang bersifat hiburan dan difungsikan untuk memeriahkan suatu acara. Namun seiring dengan berjalannya waktu, tarian ini mulai berkembang menjadi tarian pertunjukan. Tari Andun ini dimaknai sebagai ungkapan rasa syukur dan kebahagiaan masyarakat atas berkat yang mereka dapatkan. Selain itu tarian ini juga menggambarkan jiwa sosial masyarakat, dimana semangat kebersamaan di antara mereka sangat dijunjung tinggi.

Pertunjukan Tari Andun

Tari Andun biasanya ditampilkan oleh para penari pria dan penari wanita. Jumlah para penari biasanya disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan. Untuk upacara adat, siapa saja diperbolehkan untuk ikut menari, namun harus menyesuaikan dengan tempat atau arena menari. Sedangkan untuk pertunjukan tari, biasanya jumlah penari disesuaikan dengan kelompok tari atau sanggar yang akan menampilkannya.

Dalam pertunjukan Tari Andun, biasanya para penari menari dengan diiringi musik pengiring. Gerakan dalam Tari Andun ini pada dasarnya cukup sederhana, mengingat bahwa tarian ini merupakan tarian yang bersifat sosial sehingga para pemula pun bisa melakukan dan ikut menari besama. Walaupun gerakannya cukup sederhana, namun setiap gerakan dalam tarian ini tentu memiliki makna khusus di dalamnya.

Pengiring Tari Andun

Dalam pertunjukan Tari Andun  biasanya diiringi oleh alunan musik tradisional seperti gong, gendang dan musik kolintang khas Bengkulu. Untuk irama yang dimainkan dalam mengiringi Tari Andun biasanya merupakan irama bertempo cepat. Alat musik pengiring tersebut dimainkan secara apik dan padu oleh kelompok pengiring, sehingga menghasilkan alunan musik yang khas.

Kostum Tari Andun

Untuk kostum Tari Andun ini biasanya disesuaikan juga dengan kebutuhan atau acara. Untuk acara adat biasanya para penari menggunakan busana bebas namun tetap sopan. Sedangkan untuk acara pertunjukan tari, biasanya para penari menggunakan busana tradisional khas Bengkulu.

Perkembangan Tari Andun

Dalam perkembangannya, Tari Andun masih terus dilestarikan dan dikembangkan hingga sekarang. Tarian ini masih sering ditampilkan di berbagai acara seperti pernikahan adat, penyambutan tamu penting, pesta rakyat dan acara adat lainnya. Selain itu tarian ini juga sering ditampilkan di berbagai acara budaya seperti pertunjukan seni, festival budaya, bahkan promosi pariwisata. Tari Andun kini juga tidak hanya dikenal oleh masyarakat Bengkulu saja, tarian ini juga mulai dikenal oleh masyarakat luas, khususnya di Indonesia.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment