Adat Pernikahan Jawa peningsetan, Prosesi Dan Seserahan Pernikahan

Isi Seserahan Pernikahan Yang Perlu Kamu Siapkan



Dalam pernikahan adat Jawa, ada beberapa upacara adat yang diselenggarakan, seperti lamaran, peningsetan hingga akad nikah. Di dalam beberapa prosesi tersebut, kerap terkandung peningsetan yang secara tampilan terlihat menarik, dan tentunya mengandung makna filosofi yang dalam.
Peningsetan atau yang lazim disebut seserahan sudah menjadi bagian yang umum dalam rangkaian pernikahan di Indonesia. Seserahan yang dulu tidak wajib hukumnya, kini sudah mengakar budaya dan menjadi bagian dari prosesi pernikahan.
Peningset atau serah-serahan adalah pemberian dari pihak mempelai pria. Berasal dari kata singset yang artinya ”mengikat”, peningset berarti hadiah yang menjadi pengikat hati antara dua keluarga.

Lantas siapa yang di ikat? Tentunya pihak dari pengantin mempelai wanita agar tidak di dekati oleh pemuda lain lagi. Upacara peningsetan juga bisa di artikan sebagai suatu upacara penyerahan sebagai pengikat dari orang tua pihak pengantin mempelai pria kepada pihak calon pengantin mempelai wanita.Menurut tradisi, peningsetanbiasanya menyerahkan beberapa hal yang dibutuhkan sepertikain batik, bahan kebaya, semekan, perhiasan emas, yang yang lazim disebut tukon, jodang (berisi jadah, wajik, rengginang, dll) serta sepasang jodoh ayam hidup.

Meskipun mahar dan peningset menjadi tanggung jawab mempelai pria, bukan berarti hal ini tidak bisa didiskusikan berdua. Bicarakan apa yang menjadi ganjalan, sebisa mungkin cari solusi yang tidak memberatkan calon suami. Kalau terlalu merepotkan, ada baiknya jumlah dan jenis peningset dikurangi. Sesuaikan dengan kemampuan, agar tidak menjadi masalah. 

Peningset tidak sama dengan mahar karena mahar adalah pemberian suami atas permintaan istrinya, dan merupakan syarat sah pernikahan. Sementara peningset pernikahan yang sesungguhnya mengandung makna sangat mendalam dan tidak sekadar mengukur materialnya. Kesungguhan mempelai pria dalam memberikan peningset, sesuai kemampuannya, menyiratkan penghargaan yang tinggi kepada calon mempelai wanita dan juga kedua orang tuanya.
Orang tua mempelai wanita juga akan mendapatkan kesan mendalam, betapa calon mantunya berupaya memberikan penghargaan yang tinggi terhadap anaknya, dalam ketulusan dan wujud terbaik yang bisa diusahakan calon menantunya. Kesan pertama untuk mendapat kepercayaan bahwa anak gadisnya nanti akan diperlakukan dengan baik.




Adat istiadat Jawa Timur upacara peningsetan biasanya diawali dengan kedatangan rombongan keluarga pria ke rumah calon pengantin wanita. Kemudian pihak keluarga pria mengutarakan tujuan kedatangan untuk melakukan peningsetan. adat istiadat suku jawa upacara kelahiran bayi kembar bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.Setelah itu dari pihak pengantin wanita akan memberikan sambutan penerimaan sebagai tanda bahwa pihak keluarga wanita menyambut baik rencana lamaran dari pihak pengantin pria.Penyerahan secara simbolis hantaran lamaran dari ibu sang pria kepada ibu sang wanita. Selain itu sebagai tanda berapa besar cinta kasih keluarga sangat wanitakepada sang pria, maka diserahkan pula tanda cinta kasih balasan kepada sang pria berupa seperangkat pakaian pria yang sudah di sepakati bersama.



Filosofi Peningsetan Pada Pernikahan Jawa Via: Ilmuips.my.id

Barang Yang Ada di Seserahan Pernikahan


  • Perlengkapan Makeup
Nah untuk perlengkapan yang satu ini biasanya sang wanita sangat concern, jadi biarkan para wanita yang memilihnya. Karena selain itemnya lumayan banyak dan belum tentu pria paham, biasanya para wanita memiliki brand khusus yang berbeda – beda untuk setiap produk kosmetik yang digunakan. Jadi para pria sebaiknya kalian duduk manis saja untuk menyiapkan yang satu ini.

  • Perhiasan
Seserahan pernikahan berupa perhiasan ini memiliki makna bersinar dan penuh harapan. Akan tetapi untuk perhiasan menjadi seserahan yang bisa disepakati bersama sesuai dengan bujet kalian. Jika sang wanita menginginkan, dan pihak pria menyanggupi maka hantaran perhiasan bisa menjadi isi seserahan pernikahan yang akan diberikan.

  • Perlengkapan Mandi
Biasanya untuk perlengkapan mandi ini dimulai dari sabun, shampo, handuk, shower puff, produk perawatan tubuh, dan wewangian.

  • Pakaian Dalam
Pakaian dalam juga menjadi isi seserahan pernikahan yang perlu disiapkan. Untuk isinya mulai dari satu set underwear, lingerie dan juga baju tidur. Tetapi untuk urusan membelinya biasanya sang wanita sudah memilihkan barang–barangnya dan diserahkan kepada sang pria untuk dihias ke dalam kotak seserahan agar lebih cantik.

  • Perlengkapan Pesta
Perlengkapan pesta ini bermacam–macam isinya. Mulai dari kebaya dan kain, heels, tas, dress, hingga jam tangan.

  • Makanan & Buah-buahan
Sebagai bentuk hantaran ngga lengkap rasanya tanpa ada makanan dan buah – buahan. Untuk beberapa tradisi budaya misalnya Betawi wajib menyiapkan roti buaya dan juga ada beberapa tradisi yang membawa makanan manis agar garapan kehidupan calon pengantin kelak selalu manis. (SW)




Pada perkembangannya, peningset ditata, dibentuk, dan dikemas dengan cantik dan spesial karena pesta perkawinan kini merupakan pagelaran yang dirancang secara apik dan merupakan pertunjukan bagi para hadirin undangan, termasuk juga didalamnya peningset yang akan diarak dan ditonton oleh para tamu undangan.



Penelusuran yang terkait dengan Upacara Peningsetan