Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Website dan Bagaimana cara Membuat Blog ataupun Website Bagi Pemula

Website Merupakan suatu kumpulan halaman yang memperlihatkan bermacam-macam macam info teks, data, gambar diam ataupun bergerak, data animasi, bunyi, video ataupun gabungan dari semuanya, bagus itu yang bersifat statis ataupun yang dinamis, dimana membentuk satu rangkaian bangunan yang saling berhubungan dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan halaman atau hyperlink.
Definisi secara Mudahnya, Situs yaitu sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di dunia online  yang dijadikan dengan tujuan tertentu dan saling terkait serta bisa diakses secara luas via halaman depan (home page) memakai sebuah browser memakai URL laman..


Pengertian Website Menurut Para Ahli

  •  Situs yakni fasilitas dunia maya penghubung dokumen dalam lingkup lokal ataupun jarak jauh. Dokumen pada web disebut dengan website page sementara tautan dalam web memungkinkan pengguna dapat bermigrasi dari satu page ke page lain (hyper text), bagus diantara page yang disimpan dalam server yang sama ataupun server diseluruh dunia. Pages diakses dan dibaca melewati browser seperti Netscape Navigator, Dunia Explorer, Mozila Firefox, Google Chrome dan aplikasi browser lainnya (pengertian web dari Hakim Lukmanul, 2004)
  • Situs yakni kumpulan halaman website yang saling terhubung dan file-filenya saling berkaitan satu sama lain. Laman terdiri dari page/halaman, dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Homepage berada pada posisi teratas, dengan halaman-halaman berkaitan yang berada di bawahnya. Lazimnya tiap halaman di bawah homepage disebut child page, yang berisi hyperlink ke halaman lain dalam website (pengertian web dari Gregorius, 2000)
  • Situs yakni suatu sistem untuk memperlihatkan berita pada dunia maya, bagus berupa teks, gambar, bunyi atau video yang interaktif dan memiliki kelebihan untuk mengaitkan (tautan) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext), bisa diakses via sebuah browser (pengertian web dari Yuhefizar, 1998)


Setelah Tau  akan Pengertiannya, Terus apakah Website dan Blog sama? Untuk Lebih Jelasnya Bisa dibaca Penjelasan di Bawah:

Perbedaan Website dan Blog

  • Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Isi / Kontennya
Pada lazimnya blog berisi berjenis-jenis aneka konten. Topik yang bisa dibahas dapat perihal teknologi, fashion, olahraga, travel etc. Blog umumnya berfungsi seperti layaknya majalah komputerisasi yang memberi tahu berjenis-jenis info tiap-tiap harinya. Sedangkan Website umumnya lebih konsentrasi pada konten berupa suatu produk / jasa atau bisa diistilahkan situs ini mempunyai isi dengan genre serupa.
  • Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Interaksi Pengguna

Blog lazimnya lebih interaktif bila dibandingi dengan web. Sebuah blog lazimnya mempunyai form komentar dimana tiap-tiap pembaca bisa berinteraksi dengan admin / pemilik blog itu sendiri. Beda halnya dengan web, lazimnya web profesional menonaktifkan form komentar sehingga pengunjung web cuma bisa membaca dan mengexplore isi web, apabila ngin berkomunikasi dengan pemilik web biasaya telah ada form “Contact Us” atau melaui live chat.
  • Perbedaan Website dan Blog Berdasarkan Homepage
Homepage website Selalu Menampilkan rangkuman dari situs web itu sendiri, ini menunjukkan kepada pengunjung tentang jenis produk / jasa yang ditawarkan oleh suatu website contoh dari website ini bisa di lihat seperti www.sribu.com website ini fokus di niche Jasa Desain Berkualitas. Sedangkan Homepage pada Blog umumnya langsung menyajikan kumpulan postingan atau artikel Begitu Banyak di bagian Homepage contoh Blog bisa di lihat seperti Cintaindonesia.web.id .


Bagaimana cara Membuat Blog ataupun Website?

Banyak Sekali yang Bertanya Bagaimana sih membuat Website atau Blog ! Pasti susah kan, karna Memikirkan coding . Apa Harus Kuliah atau Pelatihan dulu Baru Bisa Membuat Website? . Sebenarnya Sudah banyak sekali di Google yang membahas ini, dari yang Belajar secara Otodidak maupun Yang udah Mastah pun sudah dijelaskan semua. Jika Tidak ingin Ribet Membuatnya kita juga bisa menggunakan Jasa Website  Karna Kita tidak repot -repot memikirkan yang namanya coding dan SEO .

1 .Cara Membuat Website

disini Saya Hanya menjelaskan sedikit dan hanya pengenalan dalam membuat Website apa - apa saja yang di perlukan dan apa saya yang harus kita ketahui. dalam pembutan website Langkah Pertama Kita Tentukan Tujuan Pembuatan Website Itu apa , Untuk Jualan kah atau untuk lainnya, yang ke 2 Tentukan Platform Website, Register Hosting dan Nama Domain, Instalasi dan Pengaturan Website, Instal Sertifikat SSL, Instal WordPress, Pengaturan Website . Untuk lebih Lengkapnya Bisa dilihat penjelasan di bawah ini :
  • Langkah 1: Tentukan Tujuan Pembuatan Website

Silakan tentukan tujuan web-mu Dahulu. Tujuan ini nantinya Berdampak besar dikemudian hari dalam menentukan kesuksesan website tersebut. Sesuaikan Apa yang ingin kamu Buat sesuai Niche Website Contoh Seperti Membuat web untuk pribadi (portfolio), web bisnis, web kios online, dsb.
  • Langkah 2: Tentukan Platform Website

Platform atau lebih tepatnya disebut CMS (Content Management System). Dengan adanya CMS kamu bisa membuat dan merubah konten website kamu tanpa harus mengerti bahasa pemrograman. Banyak sekali Platform CMS yang bisa kamu pilih sesuai kegunaannya seperti WordPress, Joomla, Drupal, WooCommerce, BigCommerce, Shopify, Magento dan etc.Dengan CMS ini membuat website akan jauh lebih mudah. Kali ini saya kasih Contoh dalam membuat website menggunakan Wordpress karna saat ini Wordpress sangat banyak di gunakan.
  • Langkah 3: Register Hosting dan Nama Domain
selanjutnya dalam cara membuat website, Yaitu memilih hosting Untuk menyimpan data - data kita di website agar dapat diakses di internet Jika kamu masih bingung atau ingin tahu lebih lanjut mengenai pengertian hosting, silakan baca artikel Hosting itu apa di Google dan dimana Penyedia Hosting yang bagus untuk kamu pilih untuk Website Kamu.
  • Langkah 4: Instalasi dan Pengaturan Website
Instal Sertifikat SSL

Sebelum menginstal aplikasi untuk website, kamu wajib menginstal sertifikat Secure Socket Layer (SSL) terlebih dulu. Selain untuk mengamankan website, menginstal SSL di awal pengelolaan website juga membantu kamu agar tidak perlu melakukan dua kali kerja.

Instal WordPress

Usai menginstal sertifikat SSL, kamu bisa segera menginstal cPanel melalui halaman registrasi Penyedia Hosting kamu dan  pilihan CMS WordPress pada halaman registrasi Setelah itu ikuti Intruksi penginstallannya. setelah selesai aturlah website kamu sepeti Theme yang harus kamu gunakan agar lebih menarik. yang harus di ingat pemilihan Tema/Theme harus juga disesuaikan Topik apa yang website kita buat.

  2.Cara Membuat Website Blog

Bagi kamu yang banyak waktu atau Seorang Web freelancer , Membuat Blog ini menjadi pilihan tepat, Selain tidak memakan waktu banyak membuat blog ini juga sangat mudah Terkhusus bagi pemula sekali pun. disini saya hanya sedikit menjelaskan cara membuat blog gratis seperti Blospot.
  • Langkah 1: Tentukan Tujuan Pembuatan Blog

sama halnya pembuatan Website, Blog pun sama kita harus menentukan Pembuatan Blog itu tujuannya apa dan niche apa yang harus di bahas dalam blog itu agar tidak melenceng dari awal pembuatan.
  • Langkah 2: Tentukan Platform Blog

Sudah kita ketahui banyak sekali Platform blog Gratis yang bisa kita Gunakan seperti:Wordpres.com, Blogger, Medium, Tumblr. Sebelum kita menggunakannya Pastikan juga platform blog yang dilirik benar-benar memiliki fitur yang sesuai dengan konsep dan tujuan blogging kita kedepan .disini saya saya menggunkan Blogger dalam membuat Blog.
  • Langkah 3: Membuat Blog dengan Blogger.com

Untuk membuat blogspot melalui PC ataupun Henpone, Kalian harus menyiapkan Gmail Terlebih dahulu. Berikut ini cara membuat blogspot menggunakan PC ataupun Henpone yang mudah untuk di praktikan bagi Pemula.
  1. Buka halaman browser. Langkah pertam ialah kamu perlu untuk membuka halaman browser pada PC atau Henpone kalian kemudian ketikan alamat blogger.com Pada Browser kalian.
  2. Klik create your blog atau Daftar. Setelah muncul halaman blogger.com kamu bisa mengklik pada tombol create your blog untuk memulai membuat blog baru.
  3. Buat akun dengan email. Selanjutnya kamu bisa menuliskan alamat email dan juga password untuk membuat akun baru pada blogspotmu. Meskipun kamu membuat akun baru, tapi kamu tak perlu untuk mendaftar. Karena blogspot pun langsung menghubungkan dengan data yang ada pada akum gmail kamu.
  4. Lengkapi profil. Sesudah masuk pada akun blogger.com Kalian akan diberi arahan untuk mengisi profil pada blog . untuk Profile kalian bisa lain waktu dalam mengsisinya
  5. Settingan dasar pada dashboard. Pada halaman profil, Kalian bisa langsung menuju dashboard untuk mengatur tampilan awal pada blog yang akan di buat. Pada dashboard ini Kalian bisa untuk menuliskan judul serta Asal blog dan juga tema yang ada.Berikutnya klik create blog. Jika Kalian ditawari untuk membeli sebuah domain, Kalian bisa menolaknya  dengan mengklik No Thanks yang ada pada layar.
  6. Pengendalian post blog. Langkah selanjutnya kau akan menuju dashboard untuk mengatur blog dan juga menuliskan isi blog milik Kalian. Kemudian Kalian bisa mengklik publish seandainya sudah selesai menulis isi blog sesuai yang diinginkan. jikalau dalam penulisan Artikel kalian bingun kita bisa menggunakan Jasa website dalam pembuatan Artikel Yang Berkwalitas.
  7. Lihat hasil postingan. Terakhir seandainya Kalian ingin mengamati bagaimana tampilan postingan artikel Kalian pada blog, Kalian bisa mengklik visit blog . Jika di rasa Template kalian Gunakan dalam blog Tidak Menarik kalian bisa cari Tema blog yang bagus di Google dari yang free mapun Premium.


Apa yang Jadi Faktor Kegagalan Blog?

Ada banyak faktor yang menyebabkan suatu blog gagal.
  • Kurangnya Minat. Tidak ada alasan lagi untuk blogging bisa jadi karna malas ataupun Sibuk.
  • Salah memilih niche. Ketika kita salah Memilih Niche Manajemen blog akan semakin sulit karna ruang lingkup yang di bahas dalam membuat Artikel sangat Kecil.
  • Hanya berfokus pada tulis-menulis tanpa  menerapkan praktik SEO. Dan Perduli apakah konten mampu mengarahkan lebih banyak trafik yang Original atau tidak.
  • Membuat konten yang kurang berkualitas. Informasi yang disampaikan sama sekali tidak berguna dan tidak bernilai. Jadi, untuk apa pembaca kembali ke blog Anda?
  • Mempromosikan konten dengan metode yang salah. Bisa jadi target audiens yang tidak tepat atau konten tidak dibuat untuk pembaca blog saat ini.
  • Blog tidak mobile-friendly. Sebanyak 51.98% trafik internet berasal dari pengguna perangkat mobile.


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Website dan Bagaimana cara Membuat Blog ataupun Website Bagi Pemula. Semoga Bermanfaat

Post a comment for "Pengertian Website dan Bagaimana cara Membuat Blog ataupun Website Bagi Pemula"

Loading...
loading...