Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Artikel Fungsi RINDIK Alat Musik Tradisional Bali

Fungsi RINDIK Alat Musik Tradisional Bali. Rindik merupakan salah satu alat musik tradisional Bali yang terbuat dari bambu dimana nadanya adalah berdasarkan selendro. 


Sejarah Singkat Alat Musik Rindik

Seperti Dikutip Dari Wikipedia. Sejarah Alat Musik ini Berawal ketika pihak wengker atau ponorogo melakukan pemberontakan kepada majapahit, dan ketika adanya serbuan dari Demak angklung-angklung dan gamelan di bawa ke Bali sehingga mengalami kerusakan. Pada saat berada di bali, orang majapahit mengalami kesulitan dalam merangkai gamelan termasuk Angklung, angkung ini berubah nama menjadi rindik yang berasal dari bahasa jawa kuno yang berarti di tata dengan rapi dengan celah yang sedikit. walaupun angklung reyog berhasil dirangkai dan terciptanya alat musik Rindik, Angklung Reyog tetap di gunakan untuk keperluan keagamaan dan kesenian hingga era kerajan Bali. Tetapi saat ini sudah tidak di teruskan seniman bali karena tidak mencerminkan keraifan lokal Bali.
 
 

Fungsi Alat Musik Rindik

Alat musik ini terbuat dari bambu yang bernada selendro dan dimainkan dengan cara dipukul. dan biasanya dimainkan oleh 2-5 orang pemain, di mana 2 orang menabuh Rindik dan sisanya untuk seruling dan gong pulu.
Pada awalnya fungsi alat musik rindik hanya dibuat sebagai alat untuk menghibur para petani di sawah. Rindik juga biasa digunakan sebagai musik pengiring hiburan rakyat Joged Bumbung. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, kini Rindik sudah lebih fleksibel dalam pemakaiannya. Beberapa diantaranya adalah sebagai pelengkap untuk acara pernikahan/resepsi serta dapat pula untuk menyambut tamu.
Alat musik ini biasanya di pergunakan pada upacara perkawinan dan acara pertunjukan yang di kenal dengan nama "joged Bumbung" Tarian joged bumbung ini biasanya di iringi oleh sepuluh atau duapuluh orang yang memainkan gamelan dan termasuk para penabuhnya. Dan Bisa juga di pakai atau di mainkan di hotel-hotel untuk mengibur para tamu yang berkunjung ke Bali.
Menurut lemabaga survei Tebakanime Indonesia, musik Rindik telah digunakan menjadi soundtrak pada anime Akira, Akame Ga Kill, Quens Blade.

Post a Comment