Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Manasai, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Tengah

Tari Manasai, Tarian Tradisional Dari Provinsi Kalimantan Tengah

Cintaindonesia.web.id Tari Manasai adalah tarian penyambutan para tamu yang datang ke Provinsi Kalimantan Tengah. Tarian ini biasa disebut sebagai tarian selamat datang. Tari Manasai ini melambangkan kegembiraan dari masyarakat dalam menyambut para tamu atau para wisatawan yang datang.

Dalam pertunjukan Tari Manasai ini biasanya dilakukan oleh para penari pria dan wanita, dengan barisan yang berselang seling didalam satu lingkaran. Tarian ini merupakan tarian yang interaktif dengan mengajak para penonton untuk ikut menari. Siapapun boleh bergabung pada tarian tersebut, dari yang muda hingga yang tua boleh bergabung didalam lingkaran tarian tersebut. Dengan bergabungnya para penonton tersebut, maka lingkaran tersebut akan semakin besar. Sehingga para penonton yang ikut menari dalam tarian ini akan hanyut dalam kemeriahan tarian tersebut.

Gerakan dalam Tari Manasai ini sebenarnya sangat sederhana dan juga menyenangkan. Pertama dimulai dengan para penari mengahadap kedalam lingkaran, lalu berputar ke arah kanan sambil melakukan gerak maju yang berlawanan dengan arah jarum jam. Setelah itu para penari menghadap ke luar lingkaran dan kemudian berputar lagi ke arah kiri sambil melakukan gerakan maju yang berlawanan dengan arah jarum jam. Begitu pun seterusnya, para penari menari dengan lemah gemulai sambil mengikuti irama lagu pengiring, yakni lagu manasai, lagu tradisional dari Kalimantan Tengah.

Dalam pertunjukan Tari Manasai ini biasanya dilengkapi dengan baju adat dan juga penutup kepala yang disisipi bulu burung tingang. Selain itu penari juga dilengkapi dengan bahalai atau selendang sebagai atribut dalam menarinya. Dalam pertunjukan Tari Manasai biasanya menggunakan guci sebagai media tambahan yang dikelilingi oleh barisan penari. Guci tersebut biasanya diberi hiasan seperti bambu atau hiasan lain yang d ikat dengan selendang.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment