Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Gamelan, Alat Musik Tradisional Asli Indonesia

Gamelan, Alat Musik Tradisional Asli Indonesia

Cintaindonesia.web.id Gamelan adalah sebuah alat musik tradisional perpaduan dari beberapa alat musik seperti gambang, gendang, dan gong yang menjadikan suatu suara yang indah pada saat dimainkan secara bersama. Nama gamelan sendiri berasal dari kata Gamel, yang dalam bahasa jawa artinya memukul atau menabuh atau memainkan.

Gamelan ini sendiri berasal dari adaptasi budaya hindu-budha dan seni asli dari Indonesia pada zaman dahulu yang dikembangkan sampai bentuk yang saat ini. Asal mula dari gamelan sendiri telah digambarkan di relief candi Borobudur yang terdapat di Magelang, Provinsi Jawa tengah. Disana digambarkan beberapa alat musik seperti suling bambu, lonceng, kendhang dengan berbagai macam ukuran, kecapi, alat musik berdawai yang digesek dan juga dipetik. Namun, hanya sedikit ditemukan elemen dari alat musik logamnya. Gambaran pada relief tersebut menunjukkan bahwa alat musik gamelan telah ada sejak dahulu kala.

Gamelan, Alat Musik Tradisional Asli Indonesia
Alat Musik Gamelan

Gamelan ini menggunakan 4 (empat) cara penalaan, yaitu sléndro, pélog, degung dan juga madenda. Musik Gamelan saat ini merupakan gabungan dari pengaruh kesenian luar negeri yang beraneka ragam, seperti instrumen musik Asia Tenggara, nada dari Cina, drum band dan gerakan musik India, bowed string dari daerah Timur Tengah, bahkan gaya militer Eropa. Semua itu dikemas menjadi satu kesatuan instrumen dan dimainkan menjadi nada-nada yang indah dan enak untuk didengar.

Dalam fungsinya sendiri, gamelan dapat digunakan untuk mengiringi berbagai macam kesenian seperti seni tari, wayang, bahkan acara-acara adat. Dalam perkembangannya alat musik gamelan juga digunakan sebagai grup musik untuk mengiringi restoran bergaya tradisional. Sehingga nuansa dalam restoran atau hotel yang menggunakan grup musik tersebut menjadi kental akan nuansa tradisional Indonesia.


Patut Kamu Baca:

Post a Comment