Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Kue Kamir, Kue Khas Pemalang Jawa Tengah


Cintaindonesia.web.id - Bila sedang berjalan-jalan ke daerah Pemalang, Jawa Tengah, mungkin anda akan menemukan kue yang satu ini. Kue kamir namanya. Kue khas dari Pemalang ini berasal dari negara Arab Saudi.

Bahan utama dalam pembuatan kue kamir ini adalah adonan terigu yang dicampur dengan mentega dan telur. Namun terkadang, bahan-bahan tersebut dicampur dengan tambahan lain seperti tape dan pisang ambon.

Kue ini berbentuk bundar, pipih, dan juga berwarna agak cokelat. Jika dilihat sekilas, bentuk kue ini seperti kue apem atau serabi, hanya saja ukuran kue kamir ini lebih besar dan tebal.

Kue Kamir

Untuk ukuran, kue ini sangat bervariasi, yaitu mulai dari yang besar sampai ukuran terkecil yang seperti lingkaran mangkok. Ukuran-ukuran tersebut tergantung dari selera para pemesan.

Hadirnya dari kue kamir di Negara Indonesia, berasal dari seorang warga Arab yang tinggal di Kelurahan Mulyoharjo, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa Tengah. Di kelurahan ini, ada pemukiman yang dikenal dengan sebutan Kampung Arab.

Sementara untuk namanya, tidak diketahui dengan secara jelas dari mana nama “kamir” ini berasal. Ada yang menerka jika nama tersebut berasal dari kata “khamer” (bahasa Arab) yang artinya memabukan (karena memakai bahan tape). Ada juga yang menyebut nama “kamir” ini berasal dari nama orang keturunan Arab.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment