Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

5 Situs Sakral di Pertapaan Mandalasari Dieng

Cintaindonesia.web.id - Di Dataran Tinggi Dieng, terdapat beberapa tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat sekitar. Salah satunya adalah Pertapaan Mandalasari. Berada di antara Telaga Warna dan Telaga Pengilon, di kawasan pertapaan ini ada 5 (lima) tempat yang biasa dijadikan tujuan untuk ziarah.

1. Batu Tulis

Batu Tulis

Dari samping, batu besar ini akan terlihat menyerupai tokoh Punakawan dalam cerita wayang, yaitu Semar. Menurut sejarah yang beredar di kalangan masyarakat sekitar, Batu Tulis ini merupakan tempat Eyang Purba Wasesa, yaitu leluhur masyarakat Dieng untuk mendapatkan pencerahan. Batu Tulis ini sering menjadi tempat ziarah orangtua atau para pelajar yang sedang mengalami kesulitan dalam studi.

2. Gua Semar

Gua Semar

Gua ini merupakan gua yang paling sering dikunjungi oleh para peziarah. Banyak orang yang datang kesini untuk bersemedi di gua ini. Gua ini dinamakan gua semar dikarenakan orang yang bermeditasi disini akan mendapatkan wahyu kasampurnaning jati, yaitu ilmu yang bisa membedakan antara yang baik dan yang buruk. Menurut legenda, wahyu ini diturunkan di Mandalasari, yaitu tempat tertinggi di khayangan. Yang pertama mendapatkan wahyu ini adalah Dewa Ismaya yang kemudian mengubah wujudnya menjadi sosok Semar.

3. Gua Pengantin

Gua Pengantin

Dari 4 (empat) gua yang ada di kawasan ini, inilah gua yang paling muda. Nama “pengantin” sendiri yang diberikan pada gua ini merupakan usulan dari pihak Departemen Pariwisata dan Budaya Wonosobo ditahun 2005. Nama ini diberikan karena banyaknya laporan pasangan yang datang ke gua ini kemudian melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan.

4. Gua Sumur

Gua Sumur

Di dalam gua ini, ada sebuah sumber mata air yang disebut Sendang Kamulyaan. Pada sendang ini mengeluarkan tirta perwitasari atau tirta amerta atau tirta nimala. Sumber air ini dianggap suci oleh pemeluk Agama Hindu. Sebelum diadakannya upacara Nyepi atau Melasti, umat Hindu dari Bali akan datang ke sumber mata air ini serta mengambil air suci untuk keperluan upacara.

5. Gua Jaran

Gua Jaran

Dalam bahasa Jawa, kata "jaran" artinya kuda. Gua ini dipercaya dijaga oleh seorang resi atau orang sakti yang bernama Kendali Seto (yang bisa  diartikan sebagai penunggang kuda putih). Terdapat sebuah legenda mengenai gua ini. Suatu ketika, ada seekor kuda betina berwarna putih yang masuk ke dalam gua ini. Saat keluar dari gua ini pada keesokan harinya, kuda putih tersebut telah dalam keadaan mengandung. Gua ini juga sering menjadi tempat tujuan ziarah para pasangan yang kesulitan mempunyai keturunan.

Kecuali Gua Pengantin, gua-gua yang ada disini dibatasi dengan gerbang yang dikunci dengan sebuah gembok. Untuk bisa masuk ke dalam gua, haruslah meminta izin kepada pemangku adat setempat.

Terletak di dalam Kawasan Wisata Alam Telaga Warna, harga tiket masuk ke kawasan ini adalah Rp6.000. Kawasan wisata ini buka setiap hari dari jam 06.00 WIB hingga jam 18.00 WIB.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment