Tahu Kupat, Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Tahu Kupat, Makanan Khas Solo Jawa Tengah

Cintaindonesia.web.id - Nama makanan tradisonal yang satu ini adalah tahu kupat. Melihat dari namanya, bisa ditebak jika tahu dan kupat yang diambil dari kata ketupat merupakan bahan dasar dalam pembuatan salah satu kuliner khas Solo ini. Walaupun ada beberapa para pedagang yang mengganti kupat dengan lontong. Bagi masyarakat di Semarang dan sekitarnya, melihat makanan yang satu ini akan mengingatkan kepada satu kuliner lainnya, yaitu tahu gimbal.

Selain tahu dan kupat, bahan lain yang disajikan didalam makanan ini adalah bakwan, mie kuning, taoge, dan juga kol. Semua bahan tersebut diletakkan diatas sebuah piring kemudian disiram kuah khusus. Kuah tersebut terbuat dari bawang putih, gula merah, kecap manis, garam, gula pasir, dan daun jeruk. Kuah ini menjadikan tahu kupat mempunyai rasa yang didominasi oleh manis. Sebagai pelengkap, diatas bahan-bahan tersebut diberi taburan dari daun seledri dan kacang goreng.

Proses pembuatan Tahu Kupat

Ketika disajikan, tahu kupat biasanya akan dilengkapi dengan cabai rawit. Ini merupakan pilihan bagi para pecinta rasa pedas. Anda tinggal menggerus cabai tersebut dengan sendok kemudian mendapatkan rasa pedas diantara manisnya kuah tahu kupat.

Tidak sulit untuk menemukan penjual tahu kupat di Kota Solo, Jawa Tengah. Di berbagai penjuru kota, akan dengan mudah menemui para penjaja kuliner yang satu ini. Satu porsi tahu kupat umumnya dijajakan dengan kisaran harga antara Rp5.000 hingga Rp10.000.





Patut Kamu Baca:
Resep Masakan

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense

0 Response to "Tahu Kupat, Makanan Khas Solo Jawa Tengah"

Post a Comment

Catatan Untuk Para Jejaker
  • Mohon Tinggalkan jejak sesuai dengan judul artikel.
  • Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • Dilarang mencantumkan link aktif di komentar.
  • Komentar dengan link aktif akan otomatis dihapus
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian Anda tercemin saat berkomentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

loading...

Iklan Bawah Artikel