Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Wisata Pulau Tidung di Kepulauan Seribu Jakarta


Cintaindonesia.web.id - Mungkin inilah salah satu pulau yang terkenal di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung ini menjadi alternatif wisata bagi para wisatawan lokal maupun asing yang ingin berlibur. Berada di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi Jakarta, pulau ini terdiri dari 2 (dua) bagian, Pulau Tidung besar yang padat penduduk serta Pulau Tidung kecil yang tidak berpenghuni.

Kedua pulau ini dihubungkan dengan sebuah jembatan kayu yang sangat indah. Oleh masyarakat setempat, jembatan penghubung kedua pulau ini disebut dengan jembatan cinta. Jembatan dengan panjang sekitar 800 m tersebut memang menjadi lokasi favorit bagi para pengunjung (terutama yang berpasangan) yang ingin melihat sunset.

Suasana di Pulau Tidung

Nama Pulau Tidung ini diambil dari Kerajaan tidung di Utara Provinsi kalimantan Timur yang didominasi oleh Suku Tidung. Para leluhur Suku Tidung ini melakukan perjalanan mengarungi samudra Indonesia sampai menemukan sebuah pulau yang saat ini sudah menjadi bagian dari wilayah Provinsi Jakarta. Untuk menghargai jasa para leluhurnya, masyarkat setempat kemudian menamai pulau ini dengan sebutan Pulau Tidung.

Pulau Tidung dapat ditempuh dengan memakai kapal motor cepat atau perahu nelayan. Perjalanan menuju pulau ini bisa menempuh waktu  mencapai 2 sampai 3 jam perjalanan laut dengan memakai perahu nelayan, tergantung seberapa besar ombak ketika melintasi Laut Jawa.

Berbagai macam olahraga air juga dapat kita nikmati di Pulau Tidung seperti diving, speed boat, dan snorkeling. Dengan luas hingga mencapai 106,9 H, kita bisa mengelilingi pulau ini dengan memakai sepeda yang bisa disewa di sekitar pulau ini.

Menjelajahi Pulau Tidung ini dengan memakai sepeda memberikan keunikan sendiri saat berwisata di Pulau Tidung, melihat warga setempat dengan kebiasaan dan juga budaya akan memberikan pengalaman yang menarik ketika berwisata di pulau ini.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment