Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Taman Nasional Bantimurung Sulawesi


Taman Nasional Bantimurung atau Bulusaraung memiliki berbagai macam keunikan, yaitu karst,lalu goa-goa dengan stalaknit dan juga stalakmit yang amat indah, dan yang paling dikenal ialah kupu-kupu. Bantimurung oleh Alfred Russel Wallace dijuluki nama sebagai The Kingdom of Butterfly atau kerajaan kupu-kupu. Taman Nasional Bantimurung ini merupakan salah satu tempat tujuan bagi para wisata yang juga menyuguhkan wisata alam yakni berupa lembah bukit kapur yang cukup curam dengan vegetasi tropis,lalu air terjun, dan juga gua yang merupakan habitat beragam macam spesies termasuk kupu-kupu.

Taman Nasional Bantimurung ini memang menonjolkan binatang kupu-kupu sebagai daya tarik yang utama. Di tempat wisata ini sedikitnya ada 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan juga ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah pada No. 7/1999. Beberapa spesies yang unik bahkan hanya terdapat di Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu Troides Helena Linne, lalu Troides Hypolitus Cramer, kemudian Troides Haliphron Boisduval, lalu Papilo Adamantius, dan juga Cethosia Myrana. Antara pada tahun 1856-1857, Alfred Russel Wallace telah menghabiskan sebagian hidupnya di kawasan wisata tersebut untuk meneliti  berbagai macam jenis kupu-kupu.
Taman Nasional Bantimurung

Wallace menyatakan  Taman Nasional Bantimurung ini merupakan The Kingdom of Butterfly atau sebagai kerajaan kupu-kupu. Menurutnya di lokasi wisata ini tersebut terdapat sedikitnya sebanyak 250 spesies kupu-kupu. Lokasi wisata ini pun memeliki dua buah gua yang dapat dimanfaatkan sebagai wisata minat khusus. Kedua gua itu yakni ada Gua Batu dan juga Gua Mimpi.
Taman Nasional Bantimurung

Selain di kawasan Bantimurung ini, Taman Nasional Bantimurung atau Bulusaraung telah memiliki berbagai jenis macam lokasi ekowisata yang cukup menarik. Di wisata sana terdapat lebih dari 80 Gua alam dan juga Gua prasejarah yang telah  tersebar di kawasan karst TN Bantimurung atau Bulusaraung.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment