Thursday, 8 March 2018

Artikel Fungsi Alat Musik Gendang Panjang

loading...
Fungsi Alat Musik Gendang Panjang. Alat Musik ini merupakan salah satu alat musik tradisional indonesia yang berasal dari kepulauan. Gendang Panjang termasuk alat musik Membranofon. Cara memaikannya ditepuk dengan telapak tangan pada area yang lunak. Alat musik tradisional ini Biasanya di India disebut dengan " Dhol ".

Gendang panjang merupakan salah satu instrument yang dibunyikan atau dimainkan dengan menggunakan telapak tangan yang berfungsi mengatur irama. Alat musik tradisional dari daerah kepulauan Riau ini kedua sisinya ditutupi dengan kulit yang terbuat dari kulit binatang, rotan, ataupun kayu. 
 

Alat musik ini berbentuk silinder, kedua sisinya ada yang disebut ” induk” karena sisinya besar, sedangkan yang kecil di sebut “anak”. Gendang panjang selalu dimainkan 2 buah, yaitu induk untuk gendang dengan ukuran besar yang bermembran kulit kerbau dan anak untuk gendang yang berukuran lebih kecil dan bermembran kulit kambing. Kedua membran dalam gendang panjang diikat dengan tali dari rotan. Ukuran gendang panjang rata-rata sekitar 21 inci dan terbuat dari kayu marbau yang keras dan tahan lama.

Cara memainkan gendang dengan menggunakan tangan untuk memukul atau dengan menggunakan alat pemukul gendang.

Di setiap pentas gendang ini digunakan untuk meramaikan suasana, atau sebagai pengiring tarian atau pada pencak silat. Di samping itu, alat musik ini dimainkan untuk mengiringi penyambutan tamu dan pada upacara bimbang gandang di pernikahan adat.

Artikel Terkait