Friday, 23 March 2018

Cara Membuat dan Memasak Resep Rolade Ayam

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Ada beberapa macam jenis resep rolade yang saat ini populer di tengah masyarakat, seperti dipanggang, dikukus saja atau dikukus sampai matang kemudian digoreng seperti yang akan kita buat kali ini. Untuk bahan bahan yang digunakannya pun mengalami banyak perkembangan dan disesuaikan dengan lidah masyarakat kita. Banyak beredar versi resep rolade di tengah masyarakat kita, seperti rolade daging, daging asap, udang, ikan tengiri dan ayam. Nah kali ini kita akan mencoba cara membuat rolade ayam yang sederhana tetapi rasanya tidak kalah dengan resep yang lainnya.
Sebenarnya, resep masakan dari Prancis ini asalnya dinikmati bersama dengan saus spesial. Tetapi untuk lebih praktisnya, kita hanya akan belajar membuat resep rolade ayam saja supaya lebih cepat dan praktis. Kali ini, kita tidak menambahkan bahan tambahan seperti sosis, daging giling, seafood, keju ataupun sayuran. Tetapi kalau teman teman mau bisa mengkreasikan sendiri resep dibawah dengan bahan tambahan lain atau menambahkan sayuran seperti wortel, bayam dan lainnya. Untuk yang sudah tidak sabar, langsung aja melihat bahan bahan dan cara praktis membuat rolade dengan daging ayam dibawah ini.

Bahan bahan Untuk Membuat Resep Rolade Ayam Spesial

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging ayam tanpa tulang atau fillet ayam kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja.
  2. Roti tawar putih polos tanpa kulit kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  3. Susu bubuk putih secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja. Bisa diganti dengan susu kental manis tetapi bahan gula dibawah dihilangkan atau dikurang supaya tidak terlalu manis.
  4. Gula pasir sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  5. Pala bubuk sedikit saja atau kurang lebih sebanyak 1/4 sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  7. Kecap inggris secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok makan saja.
  8. Merica halus atau bubuk sedikit saja sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil.
  9. Telur Ayam 1 butir untuk campuran adonan roladenya.
  10. Telur ayam 1-2 butir untuk membuat kulit luar roladenya. Jangan lupa beri sedikit garam secukupnya.
  11. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 1 siung saja. Kupas kulitnya lalu cincang bawangnya sampai halus.
  12. Bawang bombay yang sudah dikupas kulitnya kurang lebih sebanyak 25 gram saja kemudian cincang kasar.
  13. Margarin secukupnya untuk menumis bumbu roladenya dan membuat kulit dadarnya.

 

Cara Membuat Rolade Ayam Yang Enak, Empuk dan Lezat

Cara membuat rolade ayam praktis
Cara membuat rolade ayam yang enak dan lezat
  1. Langkah pertama adalah membuat kulit dadar roladenya.
  2. Siapkan wadah kemudian pecahkan 1-2 butir telur ayam. Aduk aduk sebentar dan beri sedikit garam dapur supaya sedap rasanya.
  3. Siapkan penggorengan dan beri margarin secukupnya kemudian tuang kocokan telur diatas secukupnya untuk membuat kulit dadar yang tipis. Ulangi sampai telurnya habis.
  4. Langkah kedua membuat adonannya.
  5. Haluskan daging ayam fillet yang sudah dipersiapkan dengan roti tawarnya. Sebaiknya menggunakan food processor atau bisa juga menggunakan mixer sampai benar benar halus.
  6. Tumis bawang putih cincang dan bawang bombay cincangnya sampai tercium bau harum khas tumisan.
  7. Ambil satu wadah cukup besar dan masukkan tumisan diatas bersama dengan kecap inggris, gula pasir, merica halus, susu bubuk, gula pasir, 1 butir telur ayam, pala kalau suka dan daging ayam yang sudah dihaluskan bersama dengan rotinya.
  8. Aduk aduk semua bahan diatas sampai benar benar tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan bahan tertentu.
  9. Ambil satu telur yang sudah didadar tipis kemudian masukkan adonan rolade diatas secukupnya dan pipihkan kemudian rapatkan dan gulung sampai rapi (minimal 2 putaran).
  10. Bungkus rolade mentah diatas dengan daun pisang atau plastik yang bersih. Ulangi sampai semua adonan dan kulit dadarnya habis.
  11. Siapkan panci kukusan kemudian kukus sampai matang denga pai sedang atau kurang lebih selama 30 menit saja.

Artikel Terkait