Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kue Lumpur Labu Kuning Lembut

Tips Membuat Resep Kue Lumpur Labu Kuning Supaya Lembut

Kumpulan Resep Makanan - Cara membuat kue lumpur sebenarnya tidak terlalu susah. Tinggal mencampur semua bahan resep kue lumpur labu kuning yang sudah dipersiapkan kemudian d kocok dan diaduk hingga menjadi adonan yang siap cetak. Tetapi seperti juga cara membuat bolu atau kue lainnya, tetap saja ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasil jadi kue basah nya sesuai yang kita inginkan. Pertama dan yang paling penting tentu saja jumlah timbangan bahan untuk membuat adonan nya harus pas takarannya. Ada beberapa bahan seperti garam yang mungkin bisa disesuaikan, tetapi bahan utama seperti tepung terigu dan labu kuningnya harus pas takarannya.

Seperti juga resep kue lumpur kentang, labu kuning untuk membuat resep ini harus di kukus dahulu sampai matang. Setelah itu labu kuning nya harus dihaluskan sampai benar benar halus supaya nanti tidak ada butiran butiran adonan saat dimasukkan ke cetakan kue lumpurnya. Oh ya saat memasukkan adonan resep kue lumpur labu kuning ini ke cetakannya jangan sampai penuh ya. Cukup 3/4 bagian saja supaya tidak tumpah karena nanti resep lumpur ini akan mengembang. Untuk komposisi jumlah bahan dan cara membuat kue lumpur labu kuning ini bisa dilihat dibawah ya.

Bahan Kue Lumpur Labu Kuning
  • Bahan utama adalah labu kuning yang matang kurang lebih sebanyak 1/2 kg. Bisa juga diganti dengan labu jepang atau kabocha.
  • Tepung terigu yang sudah diayak halus kurang lebih sebanyak 1/4 kg. Sebaiknya menggunakan tepung serba guna atau tepung yang biasa dipakai untuk membuat kue basah.
  • Parutan 1/2 butir kelapa yang dibuat santan hingga menjadi 450 ml.
  • Gula pasir kurang lebih sebanyak 1/4 kg saja.
  • Margarin kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Panaskan hingga mencair sebelum dicampur dengan bahan lain.
  • Putih telur kurang lebih sebanyak 2 butir.
  • Kuning telur kurang lebih sebanyak 3 butir.
  • Vanili kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil.
  • Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  • Daun pandan supaya aromanya lebih harus kurang lebih sebanyak 2 pcs.

Bahan pelengkap
  • Kismis secukupnya untuk topping resep kue lumpur labu kuning atau bisa diganti juga dengan keju, kurma atau coklat sesuai selera.
  • Margarin atau minyak goreng secukupnya untuk mengolesi cetakan kue lumpur nya.
cara membuat kue lumpur labu kuning
cara membuat kue lumpur mudah
Cara membuat kue lumpur labu kuning
  1. Pertama kukus labu yang sudah dipersiapkan hingga matang kemudian uleg atau haluskan.
  2. Rebus santan dan beri daun pandan yang sudah disimpul kemudian aduk-aduk sampai matang dan sisihkan.
  3. Ambil wadah kemudian masukkan putih telur dan kuning telurnya bersama dengan gula pasirnya kemudian mixer semua bahan hingga mengembang.
  4. Tuang garam dapur beryodium bersama dengan vanilinya kemudian mixer lagi sampai tercampur rata.
  5. Tuang santan yang sudah dingin tadi kedalam wadah adonan sedikit demi sedikit sambil terus dimixer sampai semua bahan tercampur rata. Atur mixer dengan kecepatan rendah saja ya.
  6. Masukkan labu kuning yang sudah dihaluskan bergantian dengan tepung serbagunanya sambil tetapi dimixer dengan kecepatan rendah sampai tercampur rata.
  7. Tuang margarin cairnya kemudian aduk kembali sampai rata.
  8. Siapkan cetakan resep kue lumpur labu kuning nya dan panaskan.
  9. Olesi dengan sedikit margarin kemudian tuang adonan lumpur labu kuning nya. Jangan lupa olesi terlebih dahulu ya dengan margarin atau minyak goreng supaya tidak lengket.
  10. Tutup cetakan lumpurnya dan panggang hingga hampir matang atau kira kira 3/4 matang.
  11. Ambil topping kismis, kurma atau keju dan letakkan di atas kue nya.
  12. Tutup kembali dan masak hingga benar-benar matang.
  13. Ulangi sampai habis.

Post a Comment