Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Muffin Keju Enak Empuk dan Lembut

Kumpulan Resep Makanan - Kalau teman-teman tahu, sebenarnya cara membuat kue muffin keju, muffin coklat ataupun muffin pisang sangat mudah lho. Resep dasar muffin ini terdiri dari 2 bahan, yaitu bahan basah dan kering. Setelah kedua bahan tersebut selesai dibuat, untuk membuat resep kue muffin yang enak dan empuk tinggal mencampur kedua bahan tersebut menjadi satu. Sangat mudah sekali bukan. Tidak seperti resep kue lainnya yang proses pembuatannya butuh mixer untuk mencampur dan membuat adonannya, resep muffin keju yang kita buat ini tidak perlu mixer lho. Bahan-bahan yang sudah dipersiapkan tinggal diaduk dengan spatula atau alat lain untuk mengaduknya. Malah kalau over mixing, kue muffin yang kita buat nanti tidak bisa mengembang sempurna.

Salah satu masalah yang sering dihadapi saat membuat muffin cake ini biasanya adalah kue tidak mengembang dan bantat. Saat dipanggang di oven atau dikukus, resep muffin keju nya ternyata tidak mengembang sempurna. Hal ini memang sering terjadi. Tips cara membuat muffin keju supaya enak dan lembut sebenarnya terletak pada baking powder atau pengembang kuenya. Baking powder atau BP yang dipakai sangat disarankan untuk menggunakan baking powder double action. Perbedaan baking powder ini dengan BP biasa adalah masa waktu aktif bakingnya lebih lama. Jadi walaupun proses pembuatannya sampai dipanggang atau dikukus agak lama tidak jadi masalah. Kalau menggunakan baking powder biasa kan harus segera langsung dibaking atau dikukus. Padahal untuk membuat resep kue muffin ini, adonannya tidak boleh dimixer dan cukup diaduk saja. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat komposisi bahan membuat muffi cake dibawah ini.

 

Bahan-bahan Resep Muffin Keju Empuk dan Lembut

  1. Seperti resep muffin coklat sebelumnya, bahan utama yang dibutuhkan adalah tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanmyak 260 gram saja. Bisa juga menggunakan tepung serba guna.
  2. Baking powder double acting kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil saja.
  3. Susu cair kurang lebih sebanyak 1/4 liter saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir saja. Kocok telur lepas di tempat lain ya.
  5. Gula pasir kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  6. Vanila essense atau juga bisa menggunakan vanila bubuk kurang lebih sebanyak 0.25 sendok kecil saja.
  7. Susu bubuk kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  8. Keju yang sudah diparut secukupnya atau kurang lebih sebanyak 120 gram saja. 100 gram untuk campuran adonan resep muffin kejunya dan 20 gram untuk bahan taburan di atasnya.
  9. Minyak sayur kurang lebih sebanyak 50 ml saja.
  10. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 0.5 sendok kecil saja.
  11. Margarin / mentega / butter kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Panaskan sampai mencair ya sebelum dicampur dengan bahan lainnya.

 

Cara Membuat Muffin Keju Supaya Lembut dan Empuk

Cara membuat muffin keju
Cara membuat muffin keju spesial
  1. Langkah pertama supaya tidak terlalu lama menunggu nantinya, kita siapkan loyang cetakan muffin nya. Olesi dengan margarin secukupnya seluruh permukaan loyang dan diatasnya ditaburi tepung. Ingat tepung tipis saja ya kemudian miringkan ke kanan dan kekiri supaya rata. Kalau kebanyakkan, loyang bisa dibalik sambil sedikit diketuk supaya tepungnya berguguran kemudian sisihkan. Kalau menggunakan kertas cupcake tidal perlu diberi margarin dan tepung ya.
  2. Langkah kedua kita siapkan ovennya. Setting oven dengan penunjuk suhu 170 derajat celcius dan letakkan loyang nanti di bagian tengah supaya rata panasnya.
  3. Ambil satu wadah ukuran sedang besar kemudian tuang tepung terigu, garam dapur beryodium, susu bubuk, baking powder double action dan gula pasirnya. Aduk semua bahan tadi sampai rata menggunakan spatula atau alat lainnya kemudian sisihkan.
  4. Ambil satu wadah lagi dan tuang vanila bubuknya bersama dengan minyak sayur, telur yang sudah dikocok lepas, mentega cair, vanila dan susu cairnya. Aduk rata semua bahan sampai tercampur rata.
  5. Tuang sedikit demi sedikit adonan basah yang berisi susu diatas ke dalam wadah tempat adonan keringnya sambil diaduk perlahan.
  6. Aduk semua bahan sampai tercampur rata, jangan terlalu cepat ya. Secukupnya saja sampai rata dan ingat jangan over mixing.
  7. Masukkan 100 gram keju parutnya kedalam wadah adonan diatas dan aduk-aduk secukupnya sampai keju larut dan adonan muffin nya kelihatan mengental.
  8. Tuang adonan yang sudah tercampur rata diatas kedalam cetakan muffin nya. Tuang sampai agak penuh supaya nanti kelihatan gendut dan bagus dibagian atasnya.
  9. Ambil sisa keju parutnya kemudian taburkan diatas cetakan kuenya sampai rata.
  10. Masukkan cetakan kue muffinya kedalam oven. Ingat letakkan di bagian tengah ya supaya nanti dapat panasnya merata.
  11. Panggang sampai matang dan mengembang atau kurang lebih selama 20 menit sampai 25 menit (tergantung ovennya). Unuk mengeceknya bagian dalamnya sudah matang atau belum bisa menggunakan lidi yang ditusukkan ke dalam muffinnya.
  12. Setelah matang keluakan dari oven dan biarkan sebentar sampai tidak terlalu panas (kurang lebih selama 5 menit saja).
  13. Kalau menggunakan cetakan cup cake bisa langsung disajikan atau keluarkan dahulu dari cetakannya.

Post a Comment