Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Cara Membuat Resep Kueh Putu Ayu

Kumpulan Resep Makanan - Sama seperti cara membuat resep putu mayang, kue putu atau resep kue basah yang sejenis lainnya, kali ini proses pemasakannya dengan cara di kukus sehingga lebih sehat dan tidak mengandung kolesterol jahat yang biasanya didapat dari gorengan. Selain itu pewarna hijau yang akan digunakan pun sebaiknya menggunakan pewarna alami yang sehat, seperti daun pandan atau daun suji. Tentu saja, sebenarnya kita juga bisa dengan mudah membuat Resep Putu Ayu dengan warna dasar merah, coklat atau lainnya cuma ya tidak biasa sih. Selain lebih menguntungkan, tentu saja kita bisa benar benar memastikan bahwa bahan bahan yang digunakan untuk membuat resep putri ayunya benar benar bahan alami yang tidak mengandung kandungan kimia yang berbahaya. Untuk lebih jelasnya, silahakn melihat bahan dan cara membuatnya dibawah ini.

Bahan Bahan Resep Putu Ayu Enak dan Lembut

  1. Seperti resep kue basah pada umunya, kali ini kita memerlukan tepung terigu yang mempunyai kandungan protein sedang kurang lebih sebanyak 200 gram saja. Ayak tepung sampai halus supaya tidak ada gumpalan gumpalan di hasil jadinya.
  2. Cake emulsifier untuk melembutkan tekstur kue putri ayunya kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja. Bisa menggunakan merek TBM, Ovalet atau SP.
  3. Telur ayam kualitas bagus ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 butir.
  4. Gula pasir yang bersih kurang lebih sebanyak 200-210 gram saja supaya rasa manisnya pas dan tidak bikin eneg.
  5. Pewarna pasta makanan yang berwarna hijau secukupnya. Tetapi kalau bisa menggunakan pewarna hijau alami dari air rebusan daun pandan atau daun suji.
  6. Parutan kelapa yang diambil dari buah kelapa yang tidak terlalu tua secukupnya supaya rasanya lebih gurih dan mudah untuk dipadatkan di kuenya nanti.
  7. Santal kelapa asli dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 200 ml saja.
  8. Garam halus beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak setengah sendok kecil saja.

Cara Membuat Kue Putu Ayu Yang Empuk dan Enak

  1. Langkah pertama adalah membuat adonanannya. Ambil satu wadah cukup besar atau juga bisa menggunakan mangkuk mixer.
  2. Masukkan 2 butir telur ayamnya, gula pasir dan pelembut kue / cake emulsifernya lalu kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi sampai semua bahan tercampur rata dan mengembang sempurna lalu matikan mixer.
  3. Setelah mengembang masukkan tepung terigu protein sedangnya lalu aduk aduk sampai semua bagian tercampur rata dan tidak ada gumpalan gumpalan.
  4. Masukkan santan kentalnya sedikit demi sedikit sambil diaduk aduk sampai rata dan santan kentalnya sudah tercampur sempurna.
  5. Masukkan pewarna makanan atau air daun suji beberapa tetes sambil diaduk aduk sampai rata sampai mendapatkan tingkat warna hijau yang diinginkan.
  6. Ambil satu wadah agak kecil lalu masukkan kelapa parut yang sudah disiapkan sebelumnya dan garam dapur beryodiumnya. Aduk aduk kedua bahan sampai rata.
  7. Ambil adonan kue putu ayunya lalu masukkan parutan kelapa ke dalamnya (di bagian paling bawah) lalu tekan sampai padat supaya hasilnya nanti tidak pecah setelah matang.
  8. Masukkan adoanan kue putri ayunya diatas kelapa parutnya sampai kurang lebih 3/4 cetakan. Ulangi sampai semua adonan dan kelapa parutnya habis.
  9. Siapkan panci kukusan dan masukkan cetakan kuenya kedalamnya lalu masak dengan api sedang jangan terlalu besar sampai matang (kira kira butuh waktu sekitar 20-30 menit saja).
  10. Setelah matang keluarkan dari cetakan dan kue putri ayunya sia disajikan buat keluarga.

Post a Comment