Tuesday, 17 April 2018

Resep Cara Memasak Combro Renyah Pedas

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tentu saja, kalau dibandingkan dengan kue tradisional yang dijual di penjual gorengan pinggir jalan, Combro Renyah ala restauran atau mal-mal di jual dengan harga yang lebih mahal. Tetapi kalau masalah kebersihan, biasanya mereka mempunya standar yang cukup bagus untuk menjamin kualitas dan kebersihan dari combro yang dijual. Selain itu, bahan bahan yang digunakannya pun bisa dipertanggung jawabkan kualitasnya dan tidak ditambah dengan bahan bahan lain yang berbahaya buat kesehatan. Memang tidak semua penjual gorengan combro di pinggir jalan menambahkan bahan bahan berbahaya, tetapi dengan banyak laporan yang bisa kita lihat di Televisi, memang seharusnya kita sedikit waspada terhadap makanan yang kita beli.
Mungkin hampir sebagian besar teman teman sudah pernah mencicipi dan merasakan kue satu ini, tetapi apakah teman teman tahu cara membuat Combro yang benar dan bahan bahan apa saja yang dibutuhkan? Seperti juga Resep Misro, cara bikin Resep Combro juga sangat sederhana seekali dan juga menggunakan bahan baku utama parutan singkong. Untuk adonannya hampir sama, yang membuat perbedaan mungkin hanya di isian saja sesuai nama nya (Oncom di Jero/Combro) yang berati menggunakan oncom untuk bahan isiannya. Karena menggunakan bahan baku utama dari singkong, maka pemilihan singkong ini sangat penting sekali. Gunakan singkong segar yang masih baru dipetik supaya hasilnya lebih enak dan renyah saat di goreng nantinya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep dari Bandung ini di bawah ya.

Bahan bahan Resep Combro Enak Renyah dan Isinya

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah singkong kualitas bagus kurang lebih sebanyak satu kilogram. Cuci dulu sampai bersih lalu parut singkong dengan parutan biasa hingga halus dan kemudian peras dahulu airnya dan diambil endapannya saja supaya saat digoreng nanti lebih renyah dan enak.
  2. Buah kelapa yang tidak terlalu tua kurang lebih sebanyak 100 gram. Parut kelapa juga sampai halus sebelum di campur dengan bahan adonan lain.
  3. Garam dapur secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja. Gunakan garam yang mempunyai kandungan yodium supaya menyehatkan.
  4. Tepung Kanji atau disebut juga tepung sagu kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
  5. Minyak goreng baru kualitas bagus secukupnya untuk menggoreng dan menumis combronya nanti.

Bahan Isian Kue Combro Enak Pedas

  1. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak kurang lebih 2 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan.
  2. Oncom merah yang terbuat dari fermentasi jamur kurang lebih sebanyak 250 gram saja. Potong kecil kecil lalu tumbuk/hancurkan oncom sampai halus sebelum dicampur dengan bahan lain.
  3. Bawang putih lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan untuk bumbu.
  4. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak satu sendok kecil saja.
  5. Daun bawang segar sebanyak 1 pcs saja. Cuci bersih lalu potong potong kecil atau dirajang.
  6. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera.
  7. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera.
  8. Buah cabai merah segar secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 4 pcs.

Cara Membuat Oncom Renyah Sederhana

  • Ambil satu wadah cukup besar untuk tempat adonan Combronya.
  • Ambil singkong yang sudah diparut halus dan diperas airnya lalu campur dengan parutan buah kelapanya. Aduk aduk dengan menggunakan tangan atau disebut juga diuleni sampai kedua bahan benar benar tercampur rata.
  • Masukkan tepung kanji atau tepung sagu dan garam yang sudah dipersiapkan ke dalam wadah diatas. Aduk aduk supaya bahan tercampur rata.
  • Masukkan daun bawang yang sudah diiris sebelumnya ke dalamnya dan aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  • Tiriskan kembali adonanan diatas karena dan buang tirisan airnya karena biasanya masih ada sisa airnya.
  • Ambil satu tempat lagi untuk membuat bahan isian kue combro pedas nya.
  • Haluskan bahan untuk membuat isiannya seperti bawang merah, 2 siung bawang putih dan cabai merahnya sampai halus.
  • Panaskan wajan penggorengan dan beri sedikit minyak untuk menumis. Masukkan bumbu diatas dan tumis sampai tercium bau harum. Jangan lupa sesekali diaduk supaya tidak gosong.
  • Masukkan oncom yang sudah dihaluskan ke dalam penggorengan lalu aduk aduk lagi supaya tercampur rata.
  • Masukkan merica halus, gula pasir putih, daun bawang yang sudah diiris dan tambahkan garam dapur beryodium. Aduk aduk lagi supaya tidak gosong dan tumis semua bahan tersebut sampai matang. Angkat isian oncomnya dan diamkan sebentar.
  • Ambil adonan combro singkongnya secukupnya atau kurang lebih sekepalan tangan.
  • Bentuk dan pipihkan adonan tadi lalu ambil isian combro diatas secukupnya.
  • Masukkan ke dalam combro yang sudah dipipihkan diatas lalu tutup dan bentuk adonan sesuai yang diinginkan atau biasanya berbentuk agak lonjong.
  • Siapkan penggorengan dengan api sedang dan beri minyak goreng baru secukupnya.
  • Masukkan adonan combro ke dalamnya satu persatu dan goreng sampai matang dan berwarna kecoklatan. Ulangi sampai semua bahan habis.

Artikel Terkait