Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Memasak Tongseng Sapi Enak Dengan Bumbu Spesial

Kumpulan Resep Makanan - Seperti juga resep masakan daging sapi yang lain, resep tongseng sapi ini juga mempunyai banyak kandungan gizi dan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita. Sebut saja zat besi untuk mencegah anemia dan meningkatkan kekebalan tubuh, lemak, vitamin B kompleks, Zinc, selenium dan protein hewani yang dibutuhkan oleh anak anak di masa pertumbuhan dan orang dewasa untuk perkembangan dan kebutuhan ototnya. Tentu saja untuk memperoleh manfaat dari kandungan daging sapi yang digunakan untuk membuat resep tongseng daging sapinya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan supaya kandungan gizinya tidak terbuang. Salah satu yang paling penting adalah proses pengolahan daging yang akan digunakan. Daging sapi yang dipergunakan untuk membuat resep tongseng sapi nya sebaiknya tidak perlu dicuci dengan air. Cukup di rebus dan dibuang kotoran yang keluar. Selain berguna untuk mempertahankan tekstur dagingnya dan membuat daging tidak lembek, hal ini juga berguna untuk mencegah kontaminasi dan masuknya bakteri yang banyak terdapat di air.

Kalau melihat dari tampilannya, resep tongseng sapi ini memang mirip dan identik sekali dengan resep gulai sapi atau kambing pada umumnya. Ya bumbu yang digunakan kedua macam resep masakan daging tersebut memang hampir sama. Bahkan kalau kita melihat penjual masakan tongseng biasanya menggunakan kuah gulai ditambah dengan beberapa bumbu untuk membuat tongseng pesanan pelanggan. Perbedaannya adalah resep tongseng sapi ini lebih banyak menggunakan sayuran, seperti kol, tomat dan yang lainnya sehingga rasanya lebih segar dan vitaminnya lebih lengkap dibandingkan dengan resep gulai sapi. Untuk cara membuat tongseng sapi ini juga hampir mirip dengan resep gulai. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail resep tongseng daging sapi dan bumbu apa saja yang diperlukan untuk membuat tongseng yang enak dan lezat.

 

Bahan bahan Resep Tongseng Sapi Enak

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi yang sedikit berlemak kurang lebih sebanyak 400 gram saja. Sebaiknya menggunakan daging sapi sengkel atau bagian atas kaki sapi depan. Daging tidak perlu dicuci untuk menghindari kontaminasi bakteri dan tekstur dagingnya lembek.
  2. Garam dapur beryodium sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3.5 sendok kecil saja.
  3. Bawang merah lokal ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulit luar bawangnya lalu iris iris tipis.
  4. Merica halus atau bubuk sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  5. Gula pasir putih secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  6. Santan yang berasal dari parutan 1 butir kelapa kurang lebih sebanyak 1.5 liter supaya rasanya lebih gurih dan enak.
  7. Daun salam kurang lebih sebanyak 2-3 lembar saja.
  8. Lengkuas yang sudah dimemarkan ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 1 cm saja.
  9. Buah cabai rawit kurang lebih sebanyak 4-7 pcs. Cuci bersih lalu iris iris kecil. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  10. Kol segar ukuran sedang kurang lebih sebanyak 1/4 bagian utuh. Cuci bersih kol, buang lapisan luarnya lalu potong potong sedang.
  11. Kecap manis kental sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 3 sendok makan saja.
  12. Batang serai ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  13. Buah tomat merah atau hijau untuk bahan taburan ukuran sedang besar sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 pcs. Cuci bersih lalu potong potong.
  14. Daun bawang segar untuk taburan kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu iris iris kecil.
  15. Air bersih secukupnya.
  16. Minyak sayur atau margarin secukupnya untuk menumis bumbu halusnya.

 

Bumbu Tongseng Sapi Spesial

  1. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 siung. Kupas kulitnya lalu potong potong supaya mudah saat akan diuleg nantinya.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulit luar bawangnya lalu potong potong.
  3. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 cm saja. Bakar sebentar sebelum dihaluskan dengan bumbu lain.
  4. Kemiri yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 4 pcs saja.
  5. Ketumbar yang sudah disangrai sebelumnya kurang lebih sebanyak 1 sendok kecil saja.
  6. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 3 cm saja.

 

Cara Membuat Tongseng Daging Sapi Sederhana

  1. Langkah pertama ambil panci rebusan dan beri air secukupnya sampai semua bagian terendam air.
  2. Masak sampai air mendidih lalu masukkan daging sapi yang akan digunakan untuk membuat tongseng sapinya.
  3. Buang kotoran dan busa dari rebusan dagingnya lalu masak lagi sampai daging empuk.
  4. Angkat daging sapi yang sudah empuk diatas lalu potong potong bentuk kotak sesuai selera.
  5. Haluskan berbagai macam bumbu tongseng diatas sampai benar benar halus. Sebaiknya dihalukan dengan cara manual, yaitu diuleg supaya sari bumbunya keluar dan hasilnya lebih terasa.
  6. Siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil dan beri minyak secukupnya (kurang lebih sebanyak 2 sendok makan).
  7. Masukkan bumbu tongseng yang sudah dihaluskan diatas ke dalam penggorengan lalu aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan bumbu.
  8. Masukkan daun salam, batang serai dan lengkuasnya lalu aduk aduk kembali sampai tercium bau harum tumisan.
  9. Masukkan potongan daging sapi yang sudah direbus sebelumnya lalu aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  10. Masukkan santannya lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata.
  11. Masukkan garam dapur beryodium, gula pasir, merica halus dan kecap manisnya lalu aduk aduk kembali sampai santannya mendidih. Ingat jangan sampai santannya pecah karena rasanya nanti akan berubah.
  12. Masukkan potongan kol, potongan tomat, potongan daun bawang dab beberapa cabai rawitnya lalu aduk aduk kembali sampai semua bahan tercampur rata dan daging sapi tongsengnya benar benar empuk.
  13. Sebelum diangkat cicipi dulu dan tambahkan garam dapur, kecap dan gula kalau diperlukan lalu angkat dan hidangkan dengan ditaburi bawang goreng dan potongan daun bawang diatasnya.

Post a Comment