Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Muffin Coklat Mudah Sederhana

Kumpulan Resep Makanan - Seperti resep cupcake, resep muffin juga bisa kita kreasikan sendiri dengan gampang dengan bahan bahan lain lho, seperti muffin pisang kismis yang sudah pernah kita ulas di postingan sebelumnya. Untuk kali ini, resep muffin coklat yang akan kita buat juga sangat mudah sekali cara pembuatannya. Bahan bahan yang digunakannya pun bisa dengan mudah kita cari dan beli di toko sekitar rumah. Tentu saja, seperti resep kue yang lain, teman teman juga bisa mengkreasikan sendiri imajinasinya dan menambahkan bahan bahan lain yang disukai, sperti kacang mete, coklat chips atau bahan makanan lain supaya hasil nya nanti lebih enak dan menarik buat semua anggota keluarga. Oke, untuk detail resep muffin coklat mudah silahkan melihat di bawah ya.

Bahan bahan Resep Muffin Coklat Panggang

  1. Seperti resep muffin lainnya, kali ini kita juga membutuhkan tepung terigu sebagai bahan utama sebanyak kurang lebih 175 gram saja. Gunakan tepung serbaguna saja dan sebaiknya tepung di saring atau ayak terlebih dahulu sebelum digunakan.
  2. Baking powder atau dikenal juga dengan sebutan pengembang kue kurang lebih sebanyak 1-2 sendok kecil. Gunakan baking powder yang masih baru dan fresh.
  3. Gula pasir kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram saja.
  4. Telur ayam ukuran sedang besar sebanyak 3 butir.
  5. Coklat powder atau bubuk kurang lebih sebanyak 20 gram saja. Gunakan coklat bubuk kualitas bagus supaya hasilnya lebih enak.
  6. Coklat masak pekat kualitas bagus kurang lebih sebanyak 100 gram. Panaskan coklat sampai meleleh sebelum digunakan.
  7. Susu cair kurang lebih sebanyak 100 ml saja.
  8. Garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak sperempat sendok kecil saja.
  9. Margarin atau mentega kurang lebih sebanyak 50 gram saja. Gunakan merek favorit dan panaskan sampai meleleh sebelum di campur dengan bahan lain.
  10. Chocochips secukupnya atau kurang lebih sebanyak 50-100 gram. Bisa dihilangkan atau diganti dengan kacang mete atau bahan lain sebagai penghias.
  11. Cetakan cake muffin secukupnya.

Cara Membuat Resep Kue Muffin Coklat Mudah

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampur tepung terigu serbaguna, baking powder dan coklat bubuk yang sudah persiapkan sebelumnya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  2. Siapkan satu wadah lagi dan masukkan susu cair yang sudah dipersiapkan, garam dapur beryodium, dan gula pasirnya. Aduk aduk semua bahan sampai tercampur rata dan gula benar benar larut.
  3. Masukkan telur ayam yang sudah dipersiapkan ke dalam nya. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  4. Ambil campuran terigu di langkah pertama dan tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan susu dan telur diatas sampai diaduk aduk supaya tercampur rata. Ulangi sampai campuran tepung habis dan semua bahan tercampur rata.
  5. Tuang mentega atau margarin dan coklat pekat masak yang sudah dicairnya sebelumnya di adonan di atas sedikit demi sedikit sambil di aduk aduk.
  6. Masukkan setengah bagian choco chips, kacang mete atau bahan tambahan lain yang sudah persiapkan ke dalam adonan di atas.
  7. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur rata.
  8. Ambil cetakan cake muffin yang sudah dipersiapkan di atas. Tuang adonan muffin coklat tetapi jangan sampai penuh. Isi kurang lebih sebanyak 2/3 bagian saja karena saat matang kuenya akan mengembang.
  9. Taburkan sisa choco chips ke atas kertas cetakan muffin.
  10. Masukkan kue cake muffin ke dalam oven. Atur dengan suhu sekitar 170 derajat sampai 180 derajat celcius dan pangang sampai matang atau kurang lebih panggang selama 18 sampai 20 menit.
  11. Keluarkan kue muffin coklat panggang dari dalam oven setelah matang.

Post a Comment