Tuesday, 24 April 2018

Resep Tiramisu Cake Enak Mudah

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Mungkin teman teman beranggapan bahwa cara membuat tiramisu cake sangatlah sulit. Mengingat bentuknya yang bagus sekali dan harganya biasanya cukup mahal kalau kita beli saat lagi nongkrong di cafe, hotel atau restauran. Tetapi sebenarnya, kalau teman teman tahu dengan benar langkah langkan cara membuat tiramisu, sebenarnya cukup mudah lho. Ada tiga macam langkah yang nanti akan kita buat, yaitu membuat cake nya terlebih dahulu, membuat cream tiramisu untuk melapisinya dan me. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan bahan Resep Tiramis dan cara sederhana membuatnya di bawah ya.

Bahan bahan Resep Tiramisu Cake Enak

Seperti resep kue yang lain, kue tiramisu juga menggunakan tepung terigu yang mempunyai kadar protein sedang. Siapkan tepung halus sebanyak 150 gram. Ayak terlebih dahulu supaya benar benar lembut.
Gula pasir putih kurang lebih sebanyak 160 gram. 120 gram digunakan untuk membuat cake nya dan sisanya untuk membuat cream tiramisu nya.
Telur ayam ukurang sedang besar sebanyak 6 butir.
Emulsifier atau bisa dikenal juga dengan ovalet untuk membantu melembutkan kue sebanyak kurang lebih sebanyak 2 sendok makan saja.
Susu cair kurang lebih sebanyak kurang lebih setengah liter.
Margarin kualitas bagus sebanyak kurang lebih 60 gram. Untuk merek, silahkan gunakan merek favorit anda. Lelehkan terlebih dahulu supaya mudah memakainya.
Keju cheddar kurang lebih sebanyak 100 gram. Parut keju terlebih dahulu supaya mudah dicampur dengan bahan lain.
Krim bubuk sebanyak kurang lebih 250 gram. Bisa dibeli di tolo kue sekitar rumah. 100 gram untuk membuat vla krimnya dan sisanya untuk melapisi bagian atas kue (toping).
Kopi instan yang terbuat dari bubuk kopi kualitas bagus supaya lebih terasa aroma kopinya sebanyak kurang lebih 1 sendok makan dicampur dengan kurang lebih 200 ml air panas dan gula pasir secukupnya. Komposisi kopi dan gula bisa dirubah sesuai selera mau terasa kuat kopinya atau tidak.
Coklat halus atau bubuk kualitas bagus secukupnya. Taburkan di atas kue supaya tampilannya lebih cantik.
Tepung maizena kurang lebih sebanyak 40 gram. Beri sedikit air dan campur untuk mengentalkan creamnya nantinya.
Air bersih matang dingin secukupnya (kurang lebih sekitar setengah liter, 200 ml untuk membuat vla krim dan sisanya untuk membuat bahan toppingnya) untuk membuat vla dan membuat topingnya.

Cara Membuat Tiramisu Sederhana

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuat cake nya terlebih dahulu.
Ambil satu wadah cukup besar. Masukkan 6 butir telur ayamnya, emulsifer dan gula pasir yang sduah disiapkan. Kocok menggunakan mixer sampai ketiga bahan tersebut tercampur rata dan mengembang sempurna.
Masukkan tepung terigu yang sudah diayak sebelumnya ke dalam adonan di atas. Aduk aduk lagi sampai semua bahan tercampur sempurna.
Masukkan 60 gram margarin yang sudah dicairkan sebelumnya ke dalam adonan. Aduk aduk lagi sampai semua bahan benar benar tercampur rata.
Siapkan loyang untuk memanggang rotinya. Olesi permukaan loyang dengan margarin supaya tidak lengket dan beri alas kertas roti supaya mudah untuk mengangkatnya.
Tuang adonan cake diatas ke dalam loyang dan masukkan ke dalam oven. Setting sushu oven di kisaran 185 – 195 deraat celsius dan panggang kurang lebih sekitar 19-22 menit. Tusukan lidi ke dalam cake untuk mengetahui apakah cake sudah matang atau belum.
Sambil menunggu cake matang, ke lanjut ke langkan kedua yaitu membuat vla krim untuk resep kue tiramisu.
Ambil satu wadah lagi. Masukkan 100 gram krim bubuk yang sudah dipersiapkan dan campur dengan air dingin dingin sebanyak kurang lebih 200 ml. Kocok kedua bahan sampai benar benar mengembang dan kemudian masukkan ke dalam kulkas supaya dingin.
Ambil satu panci ukuran sedang dan letakkan di atas kompor dengan api kecil sedang. Tuang susu cair yang sudah dipersiapkan dan masukkangula pasirnya. Aduk aduk kedua bahan tersebut sampai mendidih.
Masukkan keju yang sudah diparut sebelumnya, kemudian aduk aduk lagi sampai benar benar tercampur rata.
Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan sebelumnya dngan air ke dalam panci supaya vla krim lebih kental. Aduk aduk lagi sampai mendidih (meletup meletup adonannya).
Masukkan sedikit demi sedikit dan campur adonan tepung maizena dan bahan bahan lain di panci ke dalam krim kocok yang sudah didinginkan di langkah ke dua sambil di kocok pelan pelan sampai tercampur rata. Taburi dengan sedikit coklat bubuk supaya tampilan cream lebih menarik.
Kita siapkan langkah ke tiga, yaitu menghiasi dan melapisi cake dengan cream tiramisunya.
Ambil cake yang sudah matang dan dingin. Potong di tengah dan belah menjadi 2 bagian sama besar.
Ambil satu bagian cake dan siram bagian atas cake dengan larutan kopi instan yang sudah dibuat sampai rata.
Tuang vla cream di atasnya sampai semua bagian terlapisi sempurna.
Ambil cake yang satu lagi dan letakkan di atasnya. Beri kopi instan lagi di bagian atasnya.
Ambil satu wadah untuk membuat topingnya. Masukkan 150 gram bubuk dan 300 ml air. Kocok kedua bahan tersebut dan semprotkan bahan toping di atas lapisan cake yang terakhir.
Terakhir taburkan coklat bubuk di bagian paling atas untuk mempercantik tampilan.

Artikel Terkait