Tuesday, 29 May 2018

Artikel Fungsi Alat Musik tradisional Bende

loading...
Fungsi Alat Musik tradisional Bende. Alat Musik Bende ini berasal pada daerah Lampung yang memiliki jenis suara yakni Ideofon. Bende atau canang adalah sejenis gong kecil yang dapat ditemukan di hampir seluruh kepulauan Nusantara, dari Sumatera hingga Maluku dan Papua. 

Secara visual alat musik bende sangat mirip dengan alat musik aramba, yang membedakan keduanya hanya pada ukurannya dan warna yang digunakan.

Fungsi Alat Musik Bende

Pada masa lalu, alat musik bende biasanya digunakan untuk memberikan penanda kepada masyarakat untuk berkumpul di alun-alun terkait informasi dari penguasa, untuk menyertai kedatangan raja atau penguasa ke daerah tersebut, atau untuk menandai diadakannya pesta rakyat. Saat ini, bende biasanya digunakan untuk menandakan adanya keramaian seperti topeng monyet atau pesta rakyat yang lain. Bende sudah ada sejak zaman nenek moyang kita terbukti pada relief candi Sukuh pada abad ke 15 yang terlihat dengan jelas bentuk atau wujud bende tersebut.
 

Cara memainkan Alat Musik Bende

Untuk memainkan alat ini juga sama yakni dengan cara dipukul. Pada bagian pusat alat ini terdapat tonjolan bulat yang menjadi tempat untuk dipukul. Alat untuk memukulnya juga dibuat khusus sehingga tidak sampai merusak alat musik bende.

Artikel Terkait