Tuesday, 29 May 2018

Artikel Fungsi Alat Musik Tradisional Tehyan

loading...
Fungsi Alat Musik Tradisional Tehyan. Alat musik ini berasal dari Jakarta yang memiliki jenis suara Kordofon. Tehyan merupakan salah satu diantara banyak alat musik khas Jakarta. saat ini Tehyan mulai jarang dijumpai karena langkanya alat musik Tehyan digunakan oleh masyarakat. 

Cara Memainkan Alat Musik Tehyan

Tehyan merupakan alat musik gesek berbentuk panjang dengan bagian bawah yang agak melebar. cara memainkannya digesek dengan alat khusus pada bagian senarnya dawainya seperti memainkan biola. Tangga nada untuk alat musik ini adalah diatonis, ketika memainkannya seseorang membutuhkan feeling dan teknik yang tinggi. Secara umum alat musik ini membawakan melodi sebuah lagu. 

Alat musik Tehyan biasanya memainkan lagu-lagu asal Betawi yang berirama cepat dan ceria. Saat ini alat musik ini dapat kita temui di acara-acara pangung gambang kromong.

Cara Membuat Alat Musik Tehyan

Membuat alat musik tradisional betawi yang berasal dari negeri cina ini sangatlah mudah, siapkan papan dengan tebal 2,5cm, gergaji kayu, bor, parang, batok kelapa gading, senar pancing, dan bambu. kemudian potong papan membentuk huruf L dengan panjang sekitar 1m lalu diserut dengan menggunakan parang atau alat lain hingga bulat seperti gagang sapu, setelah sudah terbentuk lubangi bagian atas nya dengan jarak kurang lebih 4 jari untuk jalu senar, pasang batok kelapa yang sudah dilubangi dengan ditutup triplek tipis . Maka steam senar gitar pada tehyan dengan menggunakan senar 1 dan 2 bakar siongka agar senar pancing menjadi kesat tidak licin.
 

Fungsi Alat Musik Tehyan

Biasanya Alat Musik ini dimainkan disetiap acara kebudayaan betawi seperti pertunjukan gambang kromong, ondel-ondel maupun lenong betawi. Saat ini penggunaan Tehyan sangat langka kita dengar, Mungkin karena penggunaanya yang begitu sulit, tanpa mengenal not yang hanya mengandalkan perasaan si pemain, sehingga orang mulai kurang tertarik memainkannya selain alat musik modern yang lebih mudah digunakan dan berdaya jual ekonomis.

Artikel Terkait