Tuesday, 22 May 2018

Artikel Fungsi Tambua & Tansa Alat Musik Dari Minangkabau

loading...
Fungsi Tambua & Tansa Alat Musik Dari Minangkabau. Tambua & Tansa adalah merupakan alat musik gendang tradisional Minang Kabau. Alat ini di tabuh oleh Minimal 4 (empat ) orang penabuh dengan pakaian adat Minangkabau. Selain itu Tambua Tansa biasanya juga di iringi oleh alat musik lain seperti Talempong, pupuik tanduak / sarunai dan juga pupuik batang padi. Dengan alat ini maka bunyi Tambua Tansa akan semakin ramai.


Karakteristik Alat Musik Tambua & Tansa

Tambua yang terbuat dari tabung kayu berukuran besar. Tingginya sekitar 40 – 50 cm dengan garis tengah 35 – 45 cm. Untuk ketebalan kayu dapat divariasi agar tercipta bunyi-bunyian yang berbeda. Namun, biasanya berukuran 1,5 sentimeter sehingga terdengar bunyi nyaring dari kapsul kayu itu. Tabung itu ditutup dengan kulit kambing pada kedua sisi yang dikencangkan lilitan tali.

Sedangkan Tansa berupa bejana berbentuk kuali dengan diameter 14 inch. terbuat bahan alumunium yang permukaannya ditutup kulit tipis, pada awal perkembangan tambua tansa dipakai kulit kijang, namun sesuai dengan perkembangan zaman, kulit kijang sudah mulai tidak pakai lagi, saat ini tansa memakai mika plastic / drum head. Alat ini digunakan sebagai pemandu pukulan pemegang Tambua juga sebagai komando dalam pergantian lagu, mulai dan selesai. "Kalau didengar, perpaduan dua alat musik itu tercipta paduan bunyi yang harmoni ( serasi, seimbang, selaras, senada dan seirama).
 
 

Fungsi Alat Musik Tambua & Tansa

Tambua Tansa berfungsi untuk mengumpulkan orang banyak, biasanya pada acara gorong royong, alek nagari, dalam alek (pesta) perkawinan, tambua tansa begitu penting, sebagai penyemarak suasana. Suasana alek akan terasa hambar tanpa gemuruhnya bunyi tambua tansa.

Kesenian tambua tansa ini digunakan untuk acara
  1. Batagak rumah,
  2. Menyambut tamu pemerintahan,
  3. acara pesta perkawinan.

Sedangkan Bagi sebagian masyarakat Kesenian Tambua Tansa berfungsi sebagai
  1. Menyangkut emosional,
  2. Fungsi komunikasi,
  3. Fungsi hiburan,
  4. Fungsi kebanggaan bagi tuan rumah,
  5. Fungsi ekonomi bagi para pemain musik dan,
  6. Penghargaan kepada tamu pemerintahan yang datang.
  7. Tambua Tansa juga dimanfaatkan untuk menyambut tamu kehormatan. Biasanya dalam kunjungan pejabat ke daerah.

Artikel Terkait