Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Resep Cara Membuat Kue Wingko Babat Asli Enak

Kumpulan Resep Makanan - Kue asli Indonesia yang berasal dari campuran tepung ketan, tepung kanji dan parutan kelapa ini memang enak dan mempunya cita rasa yang khas sehingga banyak penggemarnya. Dengan bentuk yang lumayan kecil dan rasa yang legit, Wingko Babat merupakan salah satu oleh oleh yang cukup terkenal di kota Semarang. Rasanya kurang pas kalau berkunjung atau melewati ibukota Propinsi Jawa Tengah tanpa mencicipi kue ini. Oleh karena itu, buat teman teman yang kangen dengan kue ini, kami ajak untuk membuat resep Wingko Babat Semarang sendiri di rumah.

Bahan bahan Resep Wingko Babat Asli Semarang

  1. 500 gram Tepung Ketan yang sudah di ayak halus.
  2. 350 gram Gula Pasir Putih, jangan gunakan gula pasir yang berwarna kekuningan karena jenis gula ini masih memiliki aroma tebu yang cukup kuat.
  3. Tepung Kanji atau tepung tapioka sebanyak 50 gram.
  4. Satu butir Kelapa yang cukup tua diparut dan diambil santan kentalnya sekitar seperempat liter.
  5. parutan kelapa muda sebanyak kurang lebih 350 gram.
  6. 1 pcs daun pandan segar (dibentuk simpul waktu memasaknya nanti).
  7. 1 sendok besar atau sendok makan margarin.
  8. Setengah sendok kecil atau sendok teh garam dapur halus beryodium.
  9. Setengah sendok teh vanili (bisa memakai yang model bubuk atau pasta)
  10. Bahan untuk olesan berupa 1-2 butir kuning telur di campur dengan setengah sendok makan margarin.
  11. Kertas minyak atau daun pisang untuk alasnya nanti.

Cara membuat Resep Wingko Babat Enak

  1. Ambil satu panci untuk merebus 250 ml santan kental, setengah garam dapur dan 350 gram gula pasirnya. Aduk semua bahan sampai mendidih.
  2. Masukkan daun pandannya. Aduk lagi sampai semua bahan sedikit emngumpal dan agak kental.
  3. Ambil satu wadah yang ukurannya cukup besar untuk adonan utama. Masukkan 500 gram tepung ketan, tepung kanji, bubuk vanili, margarin dan 350 gram kelapa parutnya. Campur semua bahan sampai rata.
  4. Masukkan sedikit demi sedikit santan dari langkah pertama sambil tetap di aduk. Ulangi sampai santan habis dan adonan sedikit berminyak dan kalis.
  5. Ambil loyang yang akan dipakai untuk cetakan Kue Wingko Kelapanya. Alasi terlebih dahulu dengan daun pisang atau kertas minyak yang sudah disiapkan. Ratakan adonan supaya hasilnya nanti bagus.
  6. Panaskan oven sampa mencapai suhu 160-170 derajat. Masukkan loyang adonan kedalamnya sampai setengah matang. Olesi kue setengah matang dengan bahan olesannya dan panggang lagi sampai matang dan berwarna kuning kecoklatan.

Post a Comment