Saturday, 12 May 2018

Resep Membuat Brownies Kukus Coklat Lembut

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Resep brownies kukus coklat ini memang populer sekali. Bahkan diantara resep kue brownies lainnya, versi kukus dengan rasa coklat ini yang paling banyak dicari. Tekstur khas kue brownies yang lembut dengan aroma dan rasa coklat memang membuat ketagihan. Tetapi rata rata memang harga jual brownies coklat di pasaran lebih mahal. Oleh karena itu tentu akan jauh lebih hemat kalau kita bisa mengetahui cara membuat rbownies kukus coklat yang enak dan lembut bukan.
Saya pun kemudian mengumpulkan beberapa informasi yang diperlukan untuk membuat sendiri Resep Brownies Kukus coklat nya dan alat alat apa yang di butuhkan. Ternyata dugaan saya benar, bahan baku salah satu variasi resep kukus ini tetap menggunakan tepung terigu, beberapa gram baking powder, telur dan dark coklat. Kali ini saya tidak menggunakan keju, tetapi anda bisa menambahkan sekitar 100 gram sampai 150 gram parutan keju di atas hasil akhir kue nya.

Bahan bahan Resep Brownies Kukus Coklat

  1. 6 butir sampai 7 butir telur ayam.
  2. 125 gram Tepung terigu untuk membuat roti. Biasanya yang mempunya kadar protein sedang.
  3. Setengah Sendok kecil atau sendok teh cake emulsifier sp untuk menjadikan hasil akhir lebih lembut dan mengembang (opsional, bisa dipakai atau tidak).
  4. 225 gram Gula pasir putih (Jangan memakai gula pasir kuning).
  5. 50 gram Coklat bubuk. Merek tergantung selera.
  6. 150 gram margarin. Dipanaskan sampai cair untuk di campur dengan dark coklat. Bisa juga menggunakan 175 ml minyak sayur.
  7. 100 gram Dark Cooking coklat. Dipotong potong kecil supaya mudah dicampurkan dengan margarin nya.
  8. Setengah sendok kecil coklat pasta (kalau tidak ada juga tidak terlalu berpengaruh, hanya untuk campuran dark coklat dan margarin di atas.
  9. 80 mililiter Susu kental manis. merek bisa disesuaikan dengan selera. Tetapi lebih baik kalau memakai yang biasanya di pakai oleh penjual Es Buah.
  10. Garam dan vanila secukupnya.
  11. 100 gram sampai 150 gram parutan keju.

Cara membuat Brownies Kukus

  1. Ambil wadah ukuran sedang. Pecahkan dan masukkan 5 butir telur ayam ukuran besar. Lalu masukkan 250 gram gula pasir dan setengah sendok kecil cake emulsifer (kalau ingin menggunakan). Campur dan mixer kedua bahan tadi sampai mengembang.
  2. Masukkan 125 gram tepung terigu, garam, vanili dan 55 gram coklat bubuknya. Aduk dan campur kedua bahan tadi di adonan di atas sampai rata. Proses pencampuran cukup menggunakan spatula sampai benar benar tercampur dengan sempurna dan tidak ada gumpalan.
  3. Ambil wadah lain yang ukurannya lebih kecil. Masukkan 100 gram darking coklat dan 150 gram margarin cair. Rebus sebentar untuk memudahkan proses pencampurang kedua bahan tadi.
  4. Campur ke dalam adonan utama dan aduk kembali menggunakan spatula sampai semua bahan tercampur dengan rata dan sempurna.
  5. Ambil satu wadah lagi. Pisahkan 1/3 adonan kue brownies kukus di atas. Tambahkan 80 ml susu kental manis putihnya dan coklat pasta (kalau perlu). campur dan aduk lagi sampai semua bahan tercampur rata.
  6. Masukkan setengah adonan tanpa susu manis ke dalam wadah untuk lapisan pertama dan kukus selama kurang lebih 10 menit dengan api sedang agak kecil sampai matang.
  7. Masukkan 1/3 adonan brownies cokat yang sudah dicampur dengan susu kental manis. Masak lagi kurang lebih 11 menit.
  8. Terakhir, masukkan sisa adonan tanpa Susu kental manisnya. Masak lagi sampai matang.

Artikel Terkait