Monday, 14 May 2018

Resep Membuat Kue Lumpur Kentang yang Mudah

loading...
Kumpulan Resep Makanan - Tidak ada yang tahu pasti darimana sebenar nya asal jajanan satu ini. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa kenapa kue satu ini dinamakan lumpur karena tekstur nya yang sangat lembuh dan agak basah di bagian atas nya. Apapun namanya, kue lumpur tetap menjadi primadona sebagian besar keluarga di indonesia, termasuk penulis sendiri. Tidak bisa di pungkiri bahwa kue satu ini hampir selalu ada di hidangan jamuan jamuan di masyarakat.
Pada prinsipnya, seperti juga Kue Pie Susu atau kue lain nya, resep lumpur bisa di kreasikan dengan berbagai macam bahan bahan lain yang sudah terkenal kelezatan nya. Di beberapa daerah, penulis menemukan beberapa variasi jajanan satu ini ini, seperti Kue Lumpur Kentang Pandan, Kue Lumpur Susu, Kue Lumpur Keju, Lumpur Coklat atau variasi yang lain nya. Untuk yang hobi masak dan tertarik untuk membuat Kue lumpur sendiri dirumah, kami sudah merangkum berbagai macam resep Kue Lumpur, bahan bahan dan cara membuat nya di bawah.

Bahan bahan Resep Kue Lumpur Kentang (bisa disesuaikan dengan kebutuhan)

  1. Siapkan 250 gram kentang yang kualitas bagus dan dikukus. Haluskan sampai benar benar halus dan lembut.
  2. 200 gram gula pasir putih lokal ( atau bisa dikurangi untuk yang tidak suka manis).
  3. 200 gram Tepung terigu yang biasa untuk membuat kue.
  4. 750 ml – 850 ml santan kental dari buah kelapa. Atau bisa diganti dengan santan instan yang banyak di jual di toko.
  5. Tiga butir sampai 5 butir telur ayam (3 butir untuk yang ukuran besar atau 5 butir untuk ukuran kecil).
  6. 1/4 kg margarin yang sudah dipanskan sampai cair.
  7. Setengah sendok kecil atau sesuai selera vanila dan garam dapur.
  8. Parutan kelapa secukup nya (atau bisa diganti dengan parutan keju atau coklat untuk variasi rasa).
  9. Kismis secukup nya untuk taburan di tengah kue lumpur.

Cara membuat Kue Lumpur yang cepat dan mudah

  1. Ambil satu wadah dengan ukurang yang cukup besar untuk tempat adonan. Masukkan telur yang sudah dipecahkan, 200 gram gula pasir putih dan vanila secukup nya.
  2. Aduk dengan perlahan dan kocok sampai benar benar tercampur dengan sempurna semua bahan bahan di atas.
  3. Masukkan 250 gram kentang yang sudah di kukus di dalah adonan tadi. Aduk lagi sedikit demi sedikit secara perlahan sampai kentang tercampur dengan sempurna dengan adonan di atas. Jangan masukkan kentang secara bersamaan karena hasil jadi nya pasti tidak lembut.
  4. Masukkan garam secukup nya ke dalam adonan kentangkemudian santan sedikit demi sedikit sambil diaduk secara perlahan sampai merata.
  5. Setelah itu masukkan 250 gram margarin cair, aduk kembali dan pastikan semua bahan tercampur dengan sempurna.
  6. Langkah berikut nya siapkan cetakan nya. Biasanya memakai cetakan kue apem atau bisa diganti juga dengan cetakan kue cupcake. Panaskan cetakan kue lumpur kentang nya dan di lamuri atau di olesi dengan sedikit margarin untuk menghindari kue lengket di cetakan.
  7. Masukkan adonan di atas ke dalam cetakan. Jangan terlalu penuh karena kue akan mengembang. Supaya hasil nya sempurna, sebaik nya adonan di saring kembali untuk memastikan tidak ada gumpalan tepung yang belum tercampur dengan sempurna.
  8. Gunakan api kecil dan masak kurang lebih 2 menit. Kemudian masukkan parutan kelapa yang sudah di siapkan di atas atau parutan keju untuk yang mau membuat Resep Kue Lumpur Keju. Jangan lupa kismis kecil tepat ditengah cetakan supaya hasil nya kelihatan lebih cantik.
  9. Masak kembali kue nya sampai kurang lebih 3 menit sampai 4 menit dengan api kecil sampai matang sampai kedalam. Untuk mengecek tingkat kematangan nya bisa menggunakn lidi atau tusuk gigi.

Artikel Terkait