Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Gong Waning Musik Tradisional Dari Sikka, NTT

Cintaindonesia.web.id - Satu ini merupakan alat musik tradisional yang sering ditampilkan sebagai pengiring tarian di Daerah Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Namanya adalah Gong Waning.

Apakah Gong Waning itu?

Gong Waning adalah salah satu alat musik tradisional masyarakat Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Alat musik satu ini merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh (dipukul). Gong Waning terdiri dari beberapa jenis instrument seperti waning(gendang), gong dan peli anak (saur). Waning sendiri merupakan alat musik sejenis gendang yang terbuat dari kayu kelapa dan hanya memiliki satu membran. Alat musik ini biasanya dimainkan sebagai pengiring tarian baik dalam acara adat maupun pertunjukan tari.

Sejarah Gong Waning

Gong Waning ini merupakan salah satu alat musik trasional yang keberadaannya sudah cukup lama di kalangan masyarakat Sikka, NTT. Menurut beberapa sumber sejarah yang ada, alat musik ini sudah ada sekitar tahun 1920-an. Adanya Gong Waning ini merupakan dampak dari masuknya pedangan dari Cina, Jawa, dan Bugis yang pada saat itu membawa alat musik gong untuk ditukar dengan barang kerajinan atau hasil bumi masyarakat di sana.

Sebelum adanya gong di daerah Sikka, masyarakat di sana terlebih dahulu menggunakan alat musik lettor. Lettor sendiri merupakan alat musik yang terbuat dari kayu berbentuk bilahan yang disusun seperti gambang pada alat musik Jawa. Namun setelah mengenal alat musik gong, mereka mengganti lettor dengan alat musik tersebut, hal ini dilakukan karena suara yang dihasilkan mirip dengan lettor. Sejak saat itulah masyarakat di sana menggunakan gong sebagai pendamping alat musik waning dan menyebutnya dengan Gong Waning. Alat musik ini dulunya digunakan masyarakat untuk mengiringi prosesi dan tarian pada upacara adat masyarakat Sikka.

Alat Musik Gong Waning

Alat musik Gong Waning ini terdiri dari tiga jenis instrument utama, yaitu waning, gong dan peli anak/saur. Waning sendiri merupakan alat musik sejenis gendang yang terbuat dari batang kelapa dan kulit sapi/kambing yang sudah dikeringkan. Gendang yang satu ini memiliki bentuk yang berbeda dengan gendang pada umumnya dan hanya memiliki satu membran. Waning yang digunakan biasanya terdiri dari dua jenis, yaitu gendang besar dan dodor (gendang kecil).

Pada perangkat gong yang digunakan memiliki nada yang berbeda-beda, dari nada rendah sampai nada tinggi. Gong tersebut diantaranya gong Ina wa'a, gong Ina depo, gong lepe, gong Higo-hagong, dan gong Udong. Untuk gong higo-hagong biasanya terdiri dari dua gong yang berbeda namun dimainkan secara bersamaan, apabila salah satunya tidak ada maka musik yang dihasilkan akan terdengar rancu. Sedangkan untuk peli anak atau saur, merupakan potongan bambu sepanjang kurang lebih 1 meter. Peli anak ini biasanya digunakan untuk menstabilkan irama pukulan Gong Waning.

Cara Memainkan Gong Waning

Seperti halnya dengan alat musik tradisional lainnya, Gong Waning ini juga dimainkan secara bersamaan dan diselaraskan hingga menghasilkan satu irama yang pas enak didengar. Pada dasarnya musik Gong Waning ini hanya digunakan untuk mengiringi pertunjukan tari saja, dan tidak bisa ditampilkan secara orkestra seperti gamelan. Sehingga irama yang dimainkan juga disesuaikan dengan gerakan tari. Irama pada permainan Gong Waning terdiri dari irama todu, irama bedu blabat, irama glebak, dan irama lake. Setiap irama bisanya mewakili satu tempo yang berbeda beda, dari yang paling cepat sampai yang paling lambat.

Pertunjukan Gong Waning

Pada awalnya Gong Waning ini ditampilkan oleh masyarakat di sana sebagai pengiring tarian rakyat pada upacara atau ritual adat. Untuk mengiringi tarian tersebut biasanya irama yang dimainkan lebih bebas, karena merupakan tarian rakyat sehingga gerak tarian cenderung mengikuti irama musik Gong Waning. Namun hal ini terlihat berbeda apabila mengiringi tari pertunjukan. Dalam tari pertunjukan biasanya  Irama yang dimainkan justru mengikuti gerakan tari dan harus diselaraskan. Karena tari pertunjukan lebih mengutamakan keindahan gerak yang dipadukan dengan musik pengiring, sehingga keselarasan tersebut harus diperhatikan.

Perkembangan Gong Waning

Dalam perkembangannya, Gong Waning ini masih terus dilestarikan dan dijaga keberadaannya. Salah satu bentuk pelestarian tersebut terlihat dari penggunaan atau fungsinya. Kini Gong Waning tidak hanya digunakan sebagai pengiring upacara adat saja, namun juga sering ditampilkan sebagai pengiring seni tari di berbagai acara seperti festival budaya maupun pertunjukan seni daerah. Selain itu berbagai kreasi dan variasi juga sering dilakukan, namun tetap disesuaikan dengan gerakan tari ditampilkan.





Patut Kamu Baca:

Post a Comment