Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Gudeg Cakar Margoyudan, Makanan Khas Solo Jawa Tengah


Cintaindonesia.web.id - Gudeg memang sudah terkenal sebagai kuliner yang berasal dari D.I. Yogyakarta. Tapi begitu, bukan berarti hanya di Yogyakarta kita dapat menikmati gudeg yang lezat. Di Solo, Jawa Tengah, ada penjual gudeg yang telah terkenal dengan kelezatan menu yang disajikan, Gudeg Cakar Morgoyudan namanya. Penjual gudeg ini ada di Jalan Monginsidi, Solo.

Melihat sekilas, tidak ada perbedaan diantara gudeg yang dijajakan di warung ini dengan gudeg yang lainnya. Buah nangka yang dimasak dengan menggunakan gula Jawa sampai berwarna kecokelatan. Lalu, disajikan bersama sambal krecek. Tapi disini, tidak hanya itu saja yang disajikan. Seporsi gudeg akan dilengkapi dengan ceker (cakar) yang direbus bersama gula Jawa sampai menghasilkan rasa yang manis. Karenanya, salah satu makanan yang popular di Solo ini dinamakan gudeg cakar.

Warung gudeg yang saat ini dikelola oleh Bu Kasno ini telah ada sejak tahun 1960-an. Pada awalnya, gudeg yang dijajakan sama halnya dengan gudeg lain. Saat itu, usaha gudeg ini masih dipegang oleh Mbah Karto (orangtua dari Bu Kasno). Barulah saat usaha ini dipegang oleh Bu Kasno, sekitar pada tahun 1980-an, tambahan cakar sebagai menu pendamping kenikmatan gudeg ditambahkan.

Tambahan ceker (cakar)

Ide awal Bu Kasno menambahkan cakar didalam gudeg yang dijajakannya, dikarenakan melihat banyaknya cakar yang dibuang oleh para penjual ayam. Cakar-cakar yang pada awalnya dianggap tidak berharga itu pun kemdian diolah oleh Bu Kasno menjadi menu yang sangat lezat. Cakar yang disajikan pun malah menjadi favorit para pembeli yang datang ke warung ini. Nama Gudeg Cakar Margoyudan pun kemudian menjadi semakin terkenal di Kota Solo dan juga sekitarnya.

Warung Gudeg Cakar Margoyudan ini baru buka pada jam 01.30 WIB hingga sekitar jam 04.00 WIB. Satu porsi gudeg cakar dihargai Rp.12.000, harga yang sepadan dengan kenikmatan rasa yang ditawarkan. Satu porsi gudeg, akan dilengkapi 4 atau 5 potong cakar. Bila belum merasa puas menikmati sajian yang kaya akan Omega 3 dan 6 ini, Anda dapat memesan satu porsi cakar dengan harga Rp6.000.

Warung yang beroperasional lewat tengah malam memang menjadi kendala tersendiri bagi para pecinta kuliner yang tidak suka begadang. Namun, ada solusinya. Anak-anak Bu Kasno juga membuka warung gudeg di tempat lain, seperti di kawasan Solo Baru dan juga Galabo. Jam operasional warung gudeg disini lebih awal, yaitu mulai dari jam 19.00 WIB hingga sekitar jam 23.00 WIB. Soal rasa, tak perlu khawatir. Gudeg cakar yang ditawarkan juga memakai resep yang sama dengan yang dijajakan di warung Gudeg Cakar Margoyudan Bu Kasno.




Patut Kamu Baca:

Post a Comment