Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tari Mahambak Tarian Tradisional Dari Sulawesi Utara

Cintaindonesia.web.id - Tarian satu ini merupakan salah satu tarian tradisional yang khas dari Suku Bantik di Daerah Sulawesi Utara. Namanya adalah Tari Mahambak.

Apakah Tari Mahambak itu?

Tari Mahambak adalah salah satu tarian tradisional dari anak Suku Bantik di Daerah Sulawesi Utara. Tarian ini tergolong tarian yang bersifat masal atau komunal yang dilakukan oleh para penari pria dan wanita. Dalam tarian tersebut penari menari dengan gerakan yang khas dan diiringi dengan nyanyian adat yang bertemakan persatuan dan kerukunan masyarakat Suku Bantik. Tari Mahambak ini merupakan salah satu tarian yang cukup terkenal di Sulawesi Utara dan sering ditampilkan di beberapa acara seperti upacara adat, panen raya, perayaan, penyambutan dan berbagai acara budaya lainnya.

Sejarah Tari Mahambak

Menurut sejarahnya, masyarakat Suku Bantik dulunya terpencar ke beberapa daerah di Sulawesi Utara seperti di daerah Malalayang, Molas, Ongkau, Boyong dan lain-lain. Sulitnya media komunikasi pada masa itu membuat pertemuan diantara mereka menjadi sesuatu yang sangat berharga. Untuk merayakan pertemuan tersebut mereka lakukan dengan menari Tari Mahambak ini.

Tarian tersebut mereka lakukan secara bersama-sama dengan penuh rasa gembira dan bahagia sambil menyanyikan syair yang bertemakan semangat kebersamaan dan persatuan masyarakat Suku Bantik. Walaupun terpencar di berbagai daerah, rasa persatuan dan kerukunan menjadi nilai-nilai yang sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat Suku Bantik dari generasi ke generasi seterusnya.

Makna Tari Mahambak

Nama Tari Mahambak sendiri secara harfiah memiliki arti bergembira dan bersuka cita. Sehingga Tari Mahambak dapat diartikan tarian yang menggambarkan kegembiraan dan suka cita masyarakat, khususnya masyarakat Suku Bantik. Nilai-nilai persatuan dan kebersamaan sangat terlihat pada tarian ini, hal tersebut bisa dilihat dari gerakan atau syair-syair yang dibawakan untuk mengiringi tarian ini.

Pertunjukan Tari Mahambak

Tarian mahambak biasanya ditampilkan secara berpasangan oleh para penari pria dan penari wanita. jumlah penari biasanya terdiri dari 10 pasang penari atau lebih dan dipimpin oleh seorang penari wanita yang biasa disebut dengan kapel. Dalam pertunjukan Tari Mahambak ini biasanya penari menari dengan menggunakan pakaian adat dan sapu tangan sebagai atribut menarinya.

Dalam pertunjukannya, tarian diawali dengan penari menari memasuki arena dengan berbaris secara berpasangan dan dipimpin oleh kapel. Kemudian setelah memasuki arena mereka menari secara berpasangan dan membentuk beberapa barisan sambil menyanyikan lagu adat. Kadang mereka juga membuat formasi melingkar sambil berpegangan tangan mengelilingi pemimpin tari. setelah tarian selesai kemudian diakhiri dengan keluar arena dengan barisan dan gerakan yang sama saat memasuki arena.

Tari Mahambak ini terbagi menjadi dua jenis yaitu Tari Mahambak Tradisional dan Tari Mahambak Imbasan. Tari Mahambak Tradisional biasanya gerakan utamanya lebih didominasi menghentakan kaki dan menari tanpa diiringi tambur. Sedangkan Tari Mahambak Imbasan, gerakan dan formasinya lebih bervariasi. Selain itu nyanyiannya juga lebih banyak dan diiringi dengan tambur.

Pengiring Tari Mahambak

Dalam pertunjukan Tari Mahambak biasanya diiringi oleh alat musik tradisional seperti tambur. Untuk irama yang dimainkan biasanya disesuaikan dengan lagu dan gerakan tarinya. Sedangkan untuk lagu yang dinyanyikan biasanya merupakan lagu adat masyarakat Suku Bantik yang bertemakan persatuan dan kerukunan masyarakat seperti lagu Mahambak bantik, Kayu dondodan lain-lain.

Kostum Tari Mahambak

Kostum yang digunakan dalam pertunjukan Tari Mahambak biasanya merupakan pakaian adat. Untuk penari wanita biasanya menggunakan baju lengan panjang atau kebaya dan kain panjang khas Sulawesi Utara. Sedangkan untuk penari pria biasanya menggunakan baju lengan panjang, celana panjang dan penutup kepala khas Sulawesi Utara. Selain itu para penari juga membawa sapu tangan yang digunakan untuk menari.

Perkembangan Tari Mahambak

Dalam perkembangannya, Tari Mahambak masih terus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat di sana. Berbagai kreasi atau variasi dalam segi kostum, gerak maupun formasi juga sering ditambahkan dalam setiap pertunjukannya agar terlihat menarik. Tari Mahambak ini masih sering ditampilkan di berbagai acara seperti upacara adat, penyambutan, perayaan, pertunjukan seni dan festival budaya. 





Patut Kamu Baca:

Post a Comment